• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Efektif Mencegah Karang Gigi pada Anak

Begini Cara Efektif Mencegah Karang Gigi pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Efektif Mencegah Karang Gigi pada Anak

“Bau mulut dan gigi berlubang bisa muncul karena karang gigi. Oleh karena itu, orangtua perlu tahu cara mencegah karang gigi pada anak. Dengan begini, anak akan memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah gigi yang berpotensi membuatnya merasa tidak nyaman.”

Halodoc, Jakarta – Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras yang memengaruhi hampir 68 persen gigi orang dewasa. Namun, bukan berarti anak-anak terbebas dari masalah ini. Mereka juga memiliki yang sama besarnya sehingga perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan.

Penumpukan karang gigi sebaiknya tidak diabaikan, karena ini bisa menyebabkan bau mulut, radang gusi, dan gigi berlubang. Jika orangtua terus membiarkan karang gigi anak menumpuk di gigi, pada akhirnya anak mungkin perlu mencabut atau menambal gigi. 

Yang terbaik adalah merawat gigi anak dengan baik dan mengunjungi dokter gigi secara teratur sebagai cara mencegah karang gigi pada anak dan penumpukan plak yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut. Namun, untuk menghindari penumpukan karang gigi, sertakan tips dan trik ini ke dalam rutinitas harian anak setiap hari. 

Baca juga: Inilah Komplikasi yang Dapat Disebabkan oleh Karang Gigi

Cara Mencegah Karang Gigi pada Anak

Berikut ini beberapa hal yang perlu orangtua lakukan sebagai cara mencegah karang gigi pada anak:

  1. Temui Dokter Secara Berkala

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk gigi anak adalah mengunjungi dokter gigi secara teratur. Bahkan jika gigi anak benar-benar terlihat sehat, orangtua harus menjadwalkan janji temu setiap enam bulan sehingga dokter gigi dapat menemukan masalah kecil sebelum ia berkembang menjadi masalah serius. Pembersihan gigi profesional atau scaling adalah cara mencegah karang gigi pada anak dan orang dewasa yang paling efektif. 

  1. Sikat Gigi dan Lakukan Flossing

Mungkin terdengar sepele, tetapi menyikat gigi dan flossing adalah hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan, baik sekarang maupun untuk tahun-tahun mendatang. Gunakan pasta gigi anti-plak fluoride untuk hasil terbaik dalam memerangi karang gigi.

Minta anak menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, dan lakukan flossing atau perawatan benang gigi setidaknya sekali sehari. Benang tipis yang masuk ke sela-sela gigi anak dapat membantu menyingkirkan plak yang sulit dilihat yang cenderung menumpuk dengan cepat. Flossing juga membantu menghilangkan partikel makanan yang bisa berbahaya jika kamu membiarkannya menempel di gigi.

Kamu juga bisa bertanya pada dokter gigi di Halodoc mengenai cara menyikat gigi yang benar untuk kemudian diajarkan kepada anak. Kamu bisa menghubungi dokter gigi di Halodoc, kapan dan di mana saja, sehingga lebih praktis.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi 

  1. Gunakan Sikat Gigi Berkualitas

Sikat gigi elektrik dapat membantu mencegah penumpukan plak, tetapi orangtua harus yakin untuk mengganti kepala sikat gigi anak setiap tiga bulan untuk kinerja yang optimal. Jika anak tidak menyukai sikat gigi elektrik, pastikan untuk menemukan sikat gigi manual yang berkualitas dan menggantinya setiap tiga bulan. Jika bulu mulai aus sebelum jangka waktu tersebut, ganti saja, karena tidak akan seefektif membersihkan gigi dan menghilangkan plak.

  1. Gunakan Cairan Pembersih Mulut

Berkumur dengan obat kumur adalah hal yang kerap diabaikan anak-anak dan orang dewasa, padahal cara sederhana ini sangat membantu mengurangi jumlah plak dan mencegah penumpukan karang gigi. Berkumur dengan mouthwash akan membantu membersihkan plak saat ini dan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan pertumbuhan plak baru. Obat kumur juga membuat mulut terasa segar dan bersih setelah menyikat gigi dan flossing.

Baca juga: 6 Cara Sederhana untuk Menghilangkan Bau Mulut 

  1. Hindari Terlalu Banyak Makan Makanan Manis

Mengonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penumpukan plak berlebihan yang pada akhirnya akan menjadi karang gigi. Cobalah untuk menjauhi minuman ringan dan makanan, seperti kue, permen, dan makanan manis lainnya yang tinggi gula. Gula adalah tempat berkembang biaknya bakteri, dan penumpukan di mulut anak dapat menyebabkan plak yang dapat membuat masalah kesehatan mulut yang lebih serius. Pencegahan adalah salah satu kunci untuk tetap bebas karang gigi.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
CT Pediatrics Dentistry. Diakses pada 2021. Are Children at Risk for Tartar?
Kids Health. Diakses pada 2021. Keeping Your Child’s Teeth Healthy.
Parks Children’s Dentistry. Diakses pada 2021. How to Avoid Tartar Buildup.