• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mencegah Terjadinya Vertigo saat Hamil

Begini Cara Mencegah Terjadinya Vertigo saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Apakah ibu hamil pernah merasa pusing seperti ruangan sedang berputar? Atau ibu hamil pernah kehilangan keseimbangan saat berdiri? 

Vertigo memang sering terjadi pada ibu hamil. Meskipun kebanyakan kasus vertigo pada ibu hamil tidak terlalu mengkhawatirkan, tetapi pada beberapa ibu hamil, vertigo yang terjadi bisa sangat parah. Hal ini tidak hanya menyebabkan ibu hamil tidak bisa beraktivitas dengan baik, tetapi dikhawatirkan juga dapat mengganggu kondisi janin. Lantas, bagaimana cara mencegah vertigo saat hamil. Yuk, ketahui pembahasannya di bawah ini.

Baca juga: Sering Vertigo, Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Penyebab Vertigo Saat Hamil

Pusing yang terjadi selama masa kehamilan biasanya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh ibu yang membuat dinding pembuluh darah rileks dan melebar, sehingga tekanan darah menurun. Tekanan darah yang rendah ini dapat mengakibatkan ibu mengalami vertigo, terutama ketika ibu berpindah posisi secara tiba-tiba dari berbaring atau duduk lalu berdiri.

Perubahan kadar gula darah juga dapat menyebabkan pusing atau vertigo selama masa kehamilan. Pada awal kehamilan, beberapa wanita hamil sering mendapati kadar gula darah mereka di bawah kadar normal. Hal ini mungkin dapat terjadi karena tubuh ibu sedang beradaptasi dengan perubahan metabolisme yang terjadi saat hamil. Tidak makan selama beberapa waktu juga bisa menurunkan kadar gula darah ibu.

Ibu juga bisa merasa pusing saat mengalami morning sickness. Pusing mungkin juga dapat memburuk bila ibu mengalami morning sickness yang parah atau hiperemesis gravidarum. 

Seiring perkembangan kehamilan, rahim yang semakin besar juga dapat menghimpit beberapa organ dalam tubuh. Kondisi inilah yang juga dapat menyebabkan beberapa wanita mengalami pusing atau vertigo. 

Karena itu, saat kehamilan sudah memasuki trimester kedua atau ketiga, ibu hamil dianjurkan untuk tidak berbaring telentang. Hal ini karena berbaring telentang dapat menyebabkan berat janin menekan vena cava ibu (vena besar yang membawa darah dari tubuh bagian bawah ke jantung).

Baca juga: Posisi Tidur yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

Cara Mencegah Vertigo Selama Masa Kehamilan

Jangan khawatir, ibu hamil dapat mencegah vertigo dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Berdiri secara perlahan. Bila ibu ingin berdiri dari posisi duduk atau berbaring, lakukanlah secara perlahan-lahan.

  • Selain itu, hindari berdiri dalam waktu lama. Bila ibu harus berdiri dalam waktu yang lama, pastikan kaki ibu tetap bergerak untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah.

  • Makan camilan sepanjang hari. Hindari perut dalam kondisi yang kosong untuk waktu yang lama di antara jeda waktu makan. Sebaiknya ibu mengonsumsi camilan sehat yang kaya akan protein dan nutrisi lainnya pada jeda waktu tersebut.

  • Berolahraga dengan hati-hati. Walaupun olahraga adalah kunci untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, khususnya jantung selama kehamilan, penting untuk berolahraga secara perlahan dan meningkatkan intensitas hanya dengan persetujuan dokter.

  • Minum banyak air. Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak air, terutama saat cuaca panas. Dengan begitu, kamu juga bisa terhindar dari pusing atau vertigo.

  • Singkirkan rasa stres dan cemas. Menjaga kesehatan mental dengan sering berkomunikasi dengan orang-orang terkasih atau melakukan latihan pernapasan juga dapat membantu ibu terhindar dari vertigo saat hamil.

  • Berbaring di sisi kiri tubuh. Berbaring di sisi kiri dapat mencegah rahim yang sudah membesar menekan organ hati serta meningkatkan aliran darah ke bayi yang sedang berkembang.

Baca juga: Vertigo saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Itulah cara-cara yang bisa ibu lakukan untuk mencegah vertigo saat hamil. Ibu juga bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan selama masa kehamilan. Dokter asli dan terpercaya dari Halodoc siap membantu ibu kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What is the link between dizziness and pregnancy?