Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di Rumah

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Januari 2020
Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di RumahBegini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di Rumah

Halodoc, Jakarta – Pori-pori wajah yang besar bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri, karena dianggap bisa mengganggu penampilan. Alhasil, banyak orang yang akan melakukan apa saja untuk membuat pori-pori mengecil. Tak hanya untuk meningkatkan rasa percaya diri, pori-pori wajah yang kecil juga disebut bisa membuat make up terlihat lebih sempurna.

Sayangnya, pori-pori wajah tidak bisa dihilangkan, tetapi kamu bisa membuatnya terlihat lebih kecil. Memilih produk perawatan wajah yang sesuai adalah salah satu cara untuk mengecilkan pori-pori. Ketika pori-pori tersumbat, ukurannya mengembang yang dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Biar lebih jelas, simak beberapa tips yang bisa membuat pori-pori wajah terlihat lebih kecil berikut!

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Besar dan Cara Mengatasinya

Tips Menyamarkan Pori-Pori Besar

Faktor genetika menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki pori-pori wajah besar. Selain itu, pori-pori besar juga bisa terjadi karena kondisi wajah yang berminyak. Sebab, kelebihan minyak yang berada di sekitar pori-pori bisa membuat bagian tersebut tampak membesar. Nah, salah satu cara untuk menyamarkan hal ini adalah menggunakan produk kecantikan yang bebas minyak.

Selain itu, ada tips yang bisa dicoba agar pori-pori wajah terlihat lebih kecil, di antaranya:

  1. Memilih Produk yang Tepat

Masalah pori-pori besar bisa menjadi lebih buruk akibat salah memilih dan menggunakan produk perawatan. Kamu bisa memilih produk perawatan wajah yang mengandung zink dan magnesium. Kedua kandungan tersebut bisa membantu mengatur keseimbangan minyak pada kulit wajah, sehingga bisa membuat pori-pori terlihat lebih kecil.

  1. Gunakan Pelindung Wajah

Saat beraktivitas, terutama di luar ruangan, selalu gunakan pelindung wajah, misalnya sun block. Pasalnya, pori-pori kulit bisa menjadi lebih buruk karena kulit rusak dan menebal akibat paparan sinar matahari. Hal ini juga bisa terjadi karena penuaan yang menyebabkan sel-sel menumpuk di sekitar lubang pori.

  1. Bersihkan Make-up

Penggunaan make up sebenarnya dapat menyebabkan pori-pori tampak membesar, terutama ketika itu tidak dibersihkan dengan benar. Sisa make up bisa menetap di dalam dan di sekitar pori-pori menjadi magnet bagi kotoran dan minyak, sehingga menyebabkan pori-pori jadi lebih besar. Komedo mungkin tidak menyebabkan pori-pori besar, tetapi ini terjadi akibat kotoran mengendap di pori-pori besar.

  1. Cuci Muka dengan Benar

Bersihkan kulit tanpa memperparahnya dengan pencucian yang berlebihan. Ini dilakukan agar pori-pori tetap kencang dengan menggunakan pembersih lembut yang sesuai untuk jenis kulit. Penggunaan toner dapat mengencangkan kulit dan efektif mencegah pori-pori besar terlihat jelas. Exfoliator juga efektif mengaktifkan dan mengelupaskan sel-sel kulit mati yang dapat mengencangkan kulit dan mencegah munculnya pori-pori besar. 

Baca juga: Cara Perawatan Wajah yang Tepat Atasi Masalah Pori-pori

Seperti yang sudah disarankan sebelumnya penggunaan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit sangat dibutuhkan. Ini dikarenakan pelembap dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Perlu diketahui sinar matahari yang berlebihan dapat merusak dan membuat kulit mulai kehilangan kekencangannya serta pori-pori terlihat lebih jelas.

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kekencangannya dan mulai mengendur. Pori-pori terlihat lebih besar dan kulit jadi melorot. Selain penggunaan pelembap yang sesuai, kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit wajah dengan cara menerapkan pola tidur yang cukup.

Kalau kamu butuh informasi lebih jelas mengenai hal ini, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
TruthinAging. Diakses pada 2020. Large Pores: What Causes Large Pores and How to Get Rid of Large Pores.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. What can I treat large pore?

WebMD. Diakses pada 2020. How to Minimize Your Pores.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan