27 February 2018

Cara Perawatan Wajah yang Tepat Atasi Masalah Pori-Pori

Cara Perawatan Wajah yang Tepat Atasi Masalah Pori-Pori

Halodoc, Jakarta – Wajah memang sewajarnya memiliki pori-pori. Selayaknya pada bagian kulit lainnya, pori-pori pada wajah memiliki fungsi yang sama untuk tempat keluarnya keringat dan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Masalah timbul ketika pori-pori membesar dan komedo yang meradang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harris Poll untuk L'Oreal Paris, menemukan fakta bahwa 45 persen wanita sangat perhatian pada topik kecantikan mengatasi masalah pori-pori wajah. Bahkan perhatian ini melebihi ketakutan akan timbulnya keriput. Sekitar 19 persen wanita menggunakan aplikasi filter untuk tujuan menyamarkan pori-pori wajah dan 13 persen menghindari selfie untuk menghindari exposure pada wajah. Fakta terakhir yang cukup mengejutkan adalah 73 persen wanita belum menemukan produk kecantikan yang bisa mengatasi masalah pori-pori sesuai dengan harapan.

Mengatasi masalah pori-pori sebenarnya bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan asalkan kamu telaten, menjaga pola makan dan menggunakan produk kecantikan sesuai pada tempatnya. Jangan pernah menggunakan body lotion ke wajah. Area kulit tangan, kaki dan badan berbeda dengan wajah dimana kulit wajah lebih tipis.  (Baca juga Yang Perlu Diketahui Soal pH Kulit Wanita)

Gunakan juga produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jangan lupa menghindari konsumsi makanan berminyak, kolesterol dan lemak yang tinggi dapat mempengaruhi pori-pori wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat dan meradang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk mengatasi masalah pori-pori wajah.

  • Jangan memencet jerawat memang sih, jerawat mengering bikin penasaran dan sangat menggoda untuk dipencet dan dikeluarkan. Tapi, hobi ini hanya bikin trauma pada kulit dan bikin kulit merenggang, infeksi dan pori-pori bertambah besar. Biarkan jerawat yang kering keluar dengan sendirinya, saat scrubbing ataupun kamu mencuci wajah.
  • Terlalu sering memegang wajah memudahkan perpindahan bakteri karena kamu tidak pernah sadar sudah pernah memegang apa saja, bisa debu, minyak pada gorengan, handphone, kloset kamar mandi dan terlalu sering memegang wajah akan mempercepat perpindahan bakteri.
  • Mengompres muka dengan air hangat adalah salah satu cara untuk membersihkan wajah secara alami dan tidak keluar biaya. Caranya? Rendam handuk kecil di baskom yang sudah diisi air hangat lalu kompreskan ke wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Kompres 3-5 menit baru kemudian basuh dengan air dingin untuk menutup pori-pori kembali.
  • Masker putih telur adalah salah satu masker natural yang berguna untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Tinggal dioleskan merata keseluruh kulit wajah, diamkan 3-5 menit baru cuci sampai bersih.
  • Gunakan masker wajah saat berpergian dilakukan bukan untuk menghindari debu polusi yang dapat mengganggu pernapasan tetapi juga menempel pada wajah yang bisa jadi cikal bakal jerawat baru. Makanya, jangan malas lagi ya menggunakan masker wajah, terutama kalau naik ojek.
  • Pertambahan usia juga bisa menyebabkan pori-pori melebar ketika kulit mulai kehilangan kolagen alaminya sehingga elasitasnya semakin menurun dan membuat pori-pori merenggang dan tidak menutup di ukuran yang seharusnya. Mengatasi masalah pori-pori wajah dalam situasi seperti ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan masker wajah secara rutin.
  • Foundation makeup memang paling oke untuk menutupi pori-pori yang besar tapi jangan lupa membersihkan makeup setelah berpergian supaya tidak menjadi jerawat baru.

Wajah memang area sensitif yang perlu perhatian khusus untuk merawatnya. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar kulit wajah tanyakan saja langsung ke layanan dokter yang ada di fitur Contac Doctor di Halodoc. Dokter-dokter yang berpengalaman di bidangnya siap membantu mendiskusikan masalah kesehatan yang sedang kamu alami. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.