12 September 2018

5 Kebiasaan yang Bikin Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya

pori-pori besar

Halodoc, Jakarta – Pori-pori besar memang bisa menurunkan rasa percaya diri. Sebab, wajah terlihat seperti penuh lubang sehingga membuat kamu harus mengaplikasikan makeup tebal-tebal supaya pori-pori besar tertutupi. Kendalanya tidak sampai di situ saja, proses membersihkan make up juga menjadi sulit karena harus ekstra bersih jangan sampai ada sisa makeup yang tertinggal di wajah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh L’Oreal Paris, sekira 45 persen wanita di dunia punya permasalahan di pori-pori wajah. Sebagian besar mengeluh memiliki pori-pori yang besar seperti kulit jeruk. Penggunaan krim wajah ataupun lotion tidak bisa mengecilkan pori-pori wajah. Kalau kamu tidak mengubah kebiasaan sederhana tersebut bisa membuat pori-pori wajah menjadi besar. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaannya:

  1. Mencuci Wajah dengan Air Hangat

Apakah kamu termasuk orang yang senang mencuci wajah dengan air hangat atau mengompres wajah dengan handuk hangat? Tentunya kebiasaan ini memang bikin wajah segar dan diyakini dapat mengeluarkan kotoran yang tersumbat di pori-pori wajah. Memang, cara ini cukup efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran, bahkan mengurangi peradangan.

Namun, kalau kamu tidak kembali menutup pori-pori yang terbuka akibat paparan air bersuhu hangat maka bisa-bisa kotoran dari luar menempel kembali. Karenanya, ada baiknya kamu membilas wajah dengan air dingin atau bersuhu normal sembari memberikan tepukan-tepukan ringan di wajah.

  1. Tidak Menutup Wajah saat Mengendarai Motor

Buat kamu pengguna setia motor, paparan polusi ke wajah bisa memberikan efek yang negatif pada kesehatan kulit wajah. Apalagi kalau kamu tidak menggunakan penutup wajah. Debu serta polusi bisa melesak masuk ke pori-pori wajah dan membuat pori-porimu semakin besar.   

Belum lagi ketika kamu menggaruk wajah karena gatal, gesekan tangan dan kulit akan melebarkan ukuran pori-pori, serta garukan tangan akan meningkatkan peradangan di kulit wajah. Ada baiknya kamu menggunakan masker wajah tiap kali mengendarai sepeda motor. Tujuannya  untuk melindungi wajah dan menghambat masuknya kotoran ke pori-pori wajah.

  1. Mengonsumsi Gorengan

Kebiasaan makan gorengan juga bisa membuat pori-pori wajah melebar. Kandungan minyaknya yang kerap kali tidak sehat karena penggorengan berulang serta kalori dan lemak yang terdapat di gorengan bisa memicu masalah pori-pori wajah. Cara paling baik memang dengan mengurangi makan gorengan. Pilihlah camilan sehat supaya bisa memberikan nutrisi di wajah, seperti apel hijau, jeruk di mana jeruk memiliki kandungan vitamin C sehingga bisa membuat kulit tampak cerah dan merona.

  1. Tidak Membersihkan Makeup

Tidak membersihkan makeup sebelum tidur bisa membuat kulit wajah menjadi kusam dan menyimpan kotoran lebih lama. Penumpukan kotoran inilah yang membuat pori-pori wajah kian melebar karena kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah akan memaksa lubang pori-pori untuk membesar. Jangan pernah lupa untuk membersihkan makeup sebelum tidur untuk menghindari penimbunan kotoran di wajah.

  1. Malas Cuci Wajah

Punya kebiasaan langsung tidur atau tidak bersih-bersih dulu sehabis beraktivitas di luar? Ini bisa jadi salah satu kebiasaan yang membuat pori-pori besar. Kotoran dari luar, debu, polusi yang menempel di kulit wajah akan menciptakan peradangan. Sebaiknya, cuci wajah untuk menyelamatkan kulit wajah dari bahaya peradangan dan pori-pori membesar.

Ada banyak tips seputar kecantikan dan kesehatan yang bisa kamu temukan di Halodoc. Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai kebiasaan yang bisa membuat pori-pori wajah membesar, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: