• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mengobati Migrain pada Si Kecil

Begini Cara Mengobati Migrain pada Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bagi orang dewasa saja, migrain merupakan jenis sakit kepala yang terasa menyiksa dan dapat menghambat aktivitas. Hal ini karena migrain bukan hanya menimbulkan rasa sakit yang hebat di kepala, tetapi kadang-kadang juga disertai oleh gejala lainnya, seperti mual dan muntah. Nah, bayangkan bila kondisi tersebut terjadi pada Si Kecil. Karena itu, yuk ketahui cara mengobati migrain pada anak di bawah ini.

Migrain sering disebut juga “sakit kepala sebelah”. Ini karena, jenis sakit kepala ini menyebabkan rasa sakit berdenyut yang parah, biasanya hanya di satu sisi kepala. Kondisi tersebut seringkali juga disertai dengan gejala lain berupa mual, muntah, serta sensitivitas ekstrem terhadap cahaya dan suara. Serangan migrain dapat berlangsung selama berjam-jam hingga berhari-hari dan rasa sakitnya bisa sangat parah, hingga mengganggu aktivitas sehari-hari pengidapnya.

Migrain tentunya adalah kondisi yang berat bila harus dialami seorang anak. Bayangkan bila Si Kecil harus mengalami migrain sebulan sekali, mingguan, atau bahkan setiap hari. Selain mengalami gejala fisik seperti yang tadi disebutkan, beberapa anak juga dapat mengembangkan kecemasan, bahkan stres akibat rasa sakit kepala yang mengganggu tersebut. Karena itu, mengetahui cara mengobati migrain pada anak sangat penting bagi orangtua, agar dapat membantu meredakan gejala sakit kepala yang dialami Si Kecil.

Baca juga: 4 Jenis Migrain yang Perlu Diketahui

Pengobatan Migrain pada Anak

Tindakan pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi migrain pada anak, tergantung pada tingkat keparahan gejala yang dialaminya.

  • Cara Mengobati Migrain Ringan sampai Sedang

ila Si Kecil hanya mengalami sakit kepala ringan dan gejala lainnya yang muncul juga ringan, maka pengobatannya semudah membiarkan anak beristirahat sampai gejalanya berlalu. Menciptakan lingkungan yang tenang, sejuk, dan aman sambil menenangkan anak selama migrain dapat memberikan kenyamanan yang luar biasa yang diperlukannya untuk melalui gejala migrain yang menyiksa. 

Namun, bila serangan migrain yang dialami anak menyebabkan sakit kepala yang sedang sampai berat, yang berlangsung selama 2–6 jam, maka sebaiknya Si Kecil tidak bersekolah dulu untuk sementara. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk mengurangi atau menghentikan migrain. Obat-obatan ini biasanya paling efektif bila diberikan pada awal gejala, ketika rasa sakit kepala masih ringan.

  • Cara Mengobati Migrain Parah

Dua obat-obatan yang paling efektif untuk mengobati migrain akut pada anak adalah:

    • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), contohnya ibuprofen dan naproxen sodium. Obat-obatan ini dapat mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit.

    • Triptan atau ergot. Obat-obatan ini dapat meringankan migrain dalam waktu 1–2 jam, serta meredakan gejala lain yang menyertai migrain, seperti mual dan muntah, serta sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Triptan tersedia dalam bentuk tablet maupun semprotan hidung dan suntikan.

Ingat, anak-anak dan remaja harus membatasi konsumsi obat pereda nyeri akut hanya 2 hari saja dalam seminggu. Bila anak sering membutuhkan obat pereda nyeri, sebaiknya beritahu dokter. 

Sama halnya seperti orang dewasa, migrain pada anak juga bisa berkembang dari sakit kepala harian yang episodik menjadi kronis. Inilah mengapa penting untuk memantau frekuensi migrain pada anak, penggunaan obat pereda nyeri akut, dan respons anak terhadap pengobatan.

Baca juga: Atasi Migrain dengan Melakukan 7 Kebiasaan Ini

Kapan Harus Bawa Anak Ke Dokter?

Orangtua dianjurkan untuk segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis, bila Si Kecil mengalami gejala migrain berikut:

  • Bila sakit kepala kambuh dengan rasa sakit yang lebih parah, atau berlangsung selama lebih dari 12 jam.

  • Bila anak mengalami sakit kepala parah yang disertai dengan demam, muntah, atau leher kaku.

  • Bila kepala anak mengalami cedera sebelum terjadi migrain.

Baca juga: Benarkah Anak yang Sering Sakit Kepala Bisa Terkena Migrain?

Itulah cara mengobati migrain pada anak yang bisa dilakukan orangtua. Bila Si Kecil migrain, jangan panik. Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu dapat minta saran kesehatan dari dokter kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
American Migraine Foundation. Diakses pada 2020. Treatment of Migraine in Children.
WebMD. Diakses pada 2020. Treating Migraine Headaches in Children.