03 March 2019

Atasi Migrain dengan Melakukan 7 Kebiasaan Ini

Atasi Migrain dengan Melakukan 7 Kebiasaan Ini

Halodoc, Jakarta – Migrain adalah kondisi neurologis yang dapat menyebabkan banyak gejala. Ini sering ditandai dengan sakit kepala yang intens dan melemahkan. Gejala mungkin termasuk mual, muntah, kesulitan berbicara, mati rasa atau kesemutan, serta kepekaan terhadap cahaya dan suara. Migrain sering terjadi dalam keluarga dan memengaruhi semua umur.

Diagnosis sakit kepala migrain ditentukan berdasarkan riwayat klinis, gejala yang dilaporkan, dan dengan menyingkirkan penyebab lainnya.  Migrain dapat dimulai pada masa kanak-kanak atau mungkin tidak terjadi sampai awal masa dewasa. Perempuan lebih mungkin mengalami migrain daripada laki-laki. Riwayat keluarga adalah salah satu faktor risiko paling umum untuk mengalami migrain.

Baca juga: 5 Hal tentang Migrain yang Perlu Diketahui

Gejala migrain mungkin mulai satu atau dua hari sebelum sakit kepala itu sendiri. Ini dikenal sebagai tahap prodrome. Gejala selama tahap ini meliputi:

  1. Depresi

  2. Kelelahan atau energi rendah

  3. Sering menguap

  4. Hiperaktif

  5. Sifat lekas marah

  6. Leher kaku

Saat migrain menyerang, kamu akan melakukan hampir semua hal untuk menghilangkannya. Obat alami adalah cara bebas obat untuk mengurangi gejala migrain. Perawatan di rumah ini dapat membantu mencegah migrain atau setidaknya mengurangi keparahan dan durasinya.

  1. Batu Es

Letakkan kompres es di dahi, kulit kepala, atau leher untuk menghilangkan rasa sakit. Para ahli tidak tahu persis mengapa itu bekerja, namun mengurangi aliran darah mungkin menjadi bagian dari itu. kamu juga dapat mencoba paket gel beku atau kain lap yang sudah dibilas dengan air dingin.

Baca juga: Sering Terserang Migrain, Waspadai Gejala Terkena Vertigo

  1. Obat

Kamu tidak perlu resep untuk mendapatkan obat penghilang rasa sakit, seperti asetaminofen, ibuprofen, atau naproxen. Kamu juga dapat membeli obat migrain yang memiliki kombinasi penghilang rasa sakit.

  1. Kafein

Ini adalah bahan dalam kopi dan beberapa makanan dan minuman lainnya serta mungkin memberi kamu sedikit kelegaan dari migrain yang menyiksa. Ini juga dapat membantu tubuh menyerap beberapa obat migrain lebih cepat.

  1. Istirahat di Kamar Gelap dan Tenang

Cahaya terang dan suara keras dapat membuat sakit kepala jauh lebih buruk. Jadi, temukan tempat yang jauh dari kebisingan dan bernuansa temaram ketika kamu mengalami migrain. Ini dapat membantu mempercepat pemulihan.

  1. Olahraga

Jangan mencobanya ketika kamu berada di tengah serangan migrain, karena itu bisa membuat migrain bertambah parah. Tapi ketika kamu dalam kondisi normal, olahraga teratur dapat mencegah sakit kepala. Itu membuat tubuh melepaskan endorfin, yaitu bahan kimia yang melawan rasa sakit serta meringankan stres dan membantu tidur lebih baik.

Baca juga: Atasi Migrain, Terapkan Cara Ini!

  1. Makanan Mengandung Magnesium

Kamu dapat menemukan mineral ini dalam sayuran hijau tua, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Ini tidak akan membantu saat kamu mengalami migrain, namun beberapa penelitian menunjukkan itu bisa mencegahnya.

  1. Tidur nyenyak

Tutup mata secara teratur untuk membantu mencegah migrain. Terlalu sedikit atau terlalu banyak juga dapat memicu sakit kepala dan menurunkan ambang rasa sakit. Targetkan selama 7 hingga 8 jam setiap malam serta cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak cara mengatasi migrain, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.