• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Tepat Merawat Telapak Kaki Anjing

Begini Cara Tepat Merawat Telapak Kaki Anjing

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Telapak kaki adalah salah satu bagian tubuh dari anjing peliharaan yang perlu kamu bersihkan secara rutin. Apalagi bila hewan kesayangan kamu tersebut suka berjalan-jalan dan berlarian ke mana-mana.

Jalanan yang kotor, penuh debu, lumpur dan kotoran lainnya tidak bisa menghentikan anjing peliharaan kamu untuk bermain-main di luar rumah. Hal ini berarti kamu harus bersiap-siap untuk membersihkan apapun yang menempel di telapak kakinya sebelum hal itu membahayakan kesehatannya. 

Berikut cara yang tepat untuk merawat telapak kaki anjing peliharaan:

  • Bersihkan dengan Tisu Basah

Tisu basah khusus bayi atau tisu basah yang diberikan label aman untuk hewan peliharaan. Sebab, ada beberapa bahan kimia atau parfum yang mungkin berbahaya bagi hewan.

Tujuannya untuk membantu membersihkan telapak kaki yang berlumpur, berpasir, atau berdebu dengan cepat. Namun, kamu mungkin perlu menggunakan waslap yang sudah direndam di air sabun yang hangat untuk membersihkan telapak kaki anjing yang sangat kotor.

  • Memandikannya

Tidak ada cara lain yang lebih bersih dari membersihkan telapak kaki anjing peliharaan kamu selain dengan memandikannya. Meskipun kamu tidak perlu membasahi seluruh badannya, mencuci kakinya dengan seksama untuk menghilangkan kotoran atau zat berbahaya seperti garam jalanan kadang-kadang merupakan cara terbaik.

Bila anjing peliharaan kamu berukuran kecil, kamu mungkin bisa mencuci kakinya di atas wastafel daripada bak mandi. Jika anjing peliharaan kamu berukuran besar, kamu bisa coba membersihkan telapak kakinya dengan semprotan yang bisa dilepas. Pastikan kamu mengeringkan telapak kakinya secara menyeluruh sebelum melepaskannya.

Baca juga: Penjelasan Lengkap tentang Merawat Anak Anjing

  • Cek di Sela-sela Telapak Kaki

Kamu mungkin tergoda untuk langsung membilas dan mengeringkan telapak kaki anjing dengan cepat agar kamu bisa lanjut melakukan aktivitas kamu lainnya. Namun, debu dan kotoran dapat menumpuk di antara jari-jari kaki anjing kamu, di sekitar dan di antara bantalannya, serta di bawah kuku, yang bisa menyebabkan iritasi. 

Bukalah jari-jari kaki anjing kamu dengan lembut saat kamu membersihkannya untuk memeriksa kotoran, lalu keringkan secara menyeluruh.

  • Siapkan Handuk dalam Jangkauan

Jalanan yang becek sehabis hujan bisa menjadi tempat bermain yang menyenangkan bagi anjing peliharaan kamu, tapi ia bisa meninggalkan jejak kaki yang basah di rumah kamu. Karena itu, menyiapkan handuk dalam jangkauan bisa membantu kamu mengeringkan telapak kaki anjing yang basah, dan mencegah anjing tergelincir di lantai yang licin.

  • Periksa Luka

Setelah mengajak anjing peliharaan kamu berjalan-jalan, Pamela Payne, asisten dokter hewan bersertifikat dan direktur program bantuan hewan di Carrington College di Phoenix menyarankan agar kamu selalu memeriksa telapak kaki anjing untuk melihat apakah ada luka atau lecet. Meskipun pada awalnya hanya luka kecil, tapi luka tersebut bisa berkembang menjadi infeksi bila tidak diobati.

Bila lukanya parah atau tampak terinfeksi, segera bicarakan dengan dokter hewan langganan kamu. Namun, bila lukanya kecil, kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah.

Mulailah dengan mencuci kaki anjing dengan air hangat untuk memastikan bahwa semua kotoran sudah hilang. Cara ini juga membantu kamu melihat retakan kecil atau lecet. Lalu, bersihkan area luka tersebut dengan antiseptik yang diencerkan.

Setelah dibersihkan, keringkan telapak kaki anjing dan gunakan sedikit semprotan atau losion antiseptik atau antibakteri yang diberi label untuk digunakan pada hewan peliharaan. Kamu bisa menutupi luka dengan perban, tapi biasanya hal itu tidak akan bertahan lama karena anjing akan berlarian dan melepaskannya.

  • Jaga Rambut Kaki Anjing Tetap Pendek

Untuk ras anjing yang berbulu panjang, Helen Adler, anggota National Dog Groomers Association of America, menganjurkan agar kamu menjaga rambut di antara bantalan dan di sekitar sisi kaki tetap pendek untuk mencegah penumpukan kotoran.

Namun, Adler tidak menyarankan kamu untuk memotong bulu telapak kaki anjing kamu sendiri, karena kulit di area tersebut sangat halus dan kamu tentunya tidak mau bantalan tersebut sampai terpotong.

Bila pemilik merasa bisa melakukannya dan anjingnya patuh, tidak masalah untuk mencukur sendiri bulu di sekitar kaki anjing. Namun, untuk mencukur bulu di bantalan kaki, sebaiknya serahkan pada groomer profesional.

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya

  • Memakaikan Anjing Sepatu

Salah satu cara termudah untuk melindungi telapak kaki anjing dari kotoran adalah dengan membelikan sepasang sepatu untuk anjing. Mungkin perlu sedikit waktu bagi anjing kamu untuk terbiasa menggunakan sepatu, tapi dengan kesabaran dan sedikit hadiah, kebanyakan anjing biasanya bisa beradaptasi dengan baik.

Baca juga: 4 Cara agar Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Jalan-Jalan

Nah, itulah cara-cara tepat untuk merawat telapak kaki anjing yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan kamu sekeluarga.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. 7 Ways to Clean Your Dog’s Paws.
Pet MD. Diakses pada 2020. 7 Ways to Clean Your Dog’s Paws.