• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Kadar Magnesium yang Tepat untuk Orang Dewasa?

Berapa Kadar Magnesium yang Tepat untuk Orang Dewasa?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Selain kalsium, mineral lainnya yang juga penting untuk kesehatan tulang adalah magnesium. Namun, bukan hanya untuk kesehatan tulang saja, magnesium juga dibutuhkan untuk kesehatan jantung, otot, dan saraf. 

Magnesium juga membantu tumbuh untuk mengendalikan energi, gula darah, tekanan darah dan banyak proses lainnya dalam tubuh. Oleh karena itu, yuk ketahui berapa kadar magnesium yang dibutuhkan oleh orang dewasa agar kamu bisa memenuhinya dengan baik.

Magnesium adalah mineral penting yang berperan dalam lebih dari 300 reaksi enzim dalam tubuh manusia. Tubuh orang dewasa mengandung sekitar 25 gram magnesium yang 50–60 persennya disimpan dalam tulang, sedangkan sisanya ditemukan dalam otot, jaringan lunak, dan cairan tubuh.

Menurut National Institute of Health, pria dewasa yang berusia 19–30 tahun perlu memenuhi kebutuhan akan magnesium per harinya sebanyak 400 miligram, sedangkan wanita dewasa dengan rentang usia yang sama memerlukan kadar magnesium harian sebanyak 310 miligram. Kadar magnesium harian yang perlu dipenuhi oleh pria dewasa berusia 31–50 tahun adalah 420 miligram, sedangkan kebutuhan magnesium harian pada wanita dengan rentang usia yang sama adalah 320 miligram. 

Begitu juga dengan pria berusia 51 tahun ke atas perlu mengonsumsi 420 miligram magnesium setiap harinya, sedangkan wanita  berusia 51 tahun ke atas perlu mengonsumsi 320 miligram magnesium setiap harinya. Bagi wanita hamil, asupan magnesium perlu ditingkatkan sekitar 40 miligram per harinya selama masa kehamilan.

Baca juga: 6 Akibat Kalau Tubuh Kekurangan Magnesium

Kenali Gejala-Gejala Magnesium Rendah

Namun nyatanya, tidak sedikit orang yang mengalami kekurangan magnesium. Kamu dapat memiliki kadar kalsium yang rendah bila memiliki kebiasaan atau kondisi yang menyebabkan tubuh tidak bisa menyerap magnesium dari makanan dengan baik, seperti terlalu banyak minum alkohol, memiliki masalah ginjal, minum obat-obatan tertentu, mengidap penyakit Celiac, atau masalah pencernaan jangka panjang. 

Bagi kamu yang bertubuh sehat, kamu mungkin tidak akan mengalami gejala apapun akibat kekurangan magnesium, kecuali bila kamu mengalaminya dalam waktu lama. Bila kamu memiliki kadar magnesium yang rendah dalam waktu lama yang akhirnya berkembang menjadi defisiensi magnesium (yang mana jarang terjadi), berikut ini gejala-gejala yang mungkin kamu alami:

  • Kehilangan nafsu makan.

  • Mual (perut terasa tidak nyaman) dan muntah.

  • Mengantuk.

  • Badan terasa lemah.

  • Pada kasus yang ekstrem, dapat menyebabkan kejang otot dan tremor.

Seiring waktu, magnesium yang rendah dapat melemahkan tulang kamu, membuat sakit kepala, dan merasa gugup. Kadar magnesium yang rendah juga dapat menyebabkan kadar mineral penting lainnya, seperti kalsium dan kalium ikut menurun.

Sedangkan kadar magnesium yang melebihi batas normal, jauh lebih jarang terjadi daripada kadar magnesium yang rendah. Biasanya kondisi tersebut terjadi pada orang yang mengalami kerusakan ginjal atau menggunakan obat-obatan tertentu. Ini adalah masalah serius yang dapat mengakibatkan jantung kamu berhenti.

Baca juga: Berbahayakah Kadar Magnesium Tinggi di Dalam Tubuh?

Tes Darah untuk Mengukur Kadar Magnesium

Dokter mungkin akan merekomendasikan kamu untuk melakukan tes magnesium bila kamu menunjukkan gejala kekurangan magnesium, atau bila kamu mengidap diabetes atau masalah ginjal. Tes darah adalah cara yang paling umum untuk mengetahui kadar magnesium dalam tubuh. Kamu mungkin pernah mendengar istilah “tes serum magnesium total”.

Prosedur tes darah magnesium sama seperti tes darah pada umumnya. Petugas kesehatan akan memasukkan jarum ke pembuluh darah di lengan atau tangan untuk mengambil sampel darah. Bila hasil tes darah menunjukkan kadar magnesium kamu rendah, maka dokter dapat menganjurkan kamu untuk memperbanyak konsumsi makanan bermagnesium tinggi, seperti almond, bayam, susu kedelai dan kacang mete. Dokter mungkin juga akan merekomendasikan kamu untuk meminum suplemen magnesium.

Baca juga: Siapa Saja yang Butuh Suplemen? Ini Kriterianya

Nah, itulah penjelasan tentang kadar magnesium yang normal pada orang dewasa. Bila kamu ingin melakukan tes darah magnesium, langsung saja buat janji di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why do we need magnesium?
WebMD. Diakses pada 2020. What Is a Magnesium Test?