• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Beras Organik Lebih Baik untuk Pengidap Vertigo, Benarkah?

Beras Organik Lebih Baik untuk Pengidap Vertigo, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Jika dibandingkan dengan beras biasa, beras organik dikatakan memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dan dianggap lebih menyehatkan. Kata organik pada beras organik ini diambil dari cara penanaman yang menggunakan metode alami. Artinya, tidak menggunakan pestisida, bahan kimia, maupun pupuk sintetis. Tidak hanya itu, pengolahan beras organik pun tidak melibatkan proses radiasi maupun menggunakan zat kimia.

Oleh karena menggunakan proses yang lebih alami dalam penanaman maupun pengolahannya, beras organik lantas diklaim lebih baik dikonsumsi untuk orang-orang yang memiliki riwayat masalah kesehatan tertentu, termasuk vertigo. Namun, benarkah demikian? Apakah artinya beras biasa tidak menyehatkan? Berikut pembahasannya!

Hubungan antara Beras Organik dan Vertigo

Ternyata, meski disinyalir lebih menyehatkan, tetapi beras organik nyatanya tetap mengandung arsenik. Jadi, tidak jauh berbeda dengan beras lainnya, kandungan arsenik pada beras organik juga berdampak negatif pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jumlahnya mungkin tidak banyak, tetapi akumulasinya pada tubuh bisa berdampak pada terjadinya keracunan arsenik. 

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Secara alami, arsenik merupakan senyawa kimia yang banyak dijumpai dalam air, udara, dan tanah. Beras bisa memiliki kandungan arsenik karena penyerapan dari air dan tanah sebagai media tanamnya. Arsenik yang masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan seseorang mengalami kondisi yang disebut dengan keracunan arsenik. Dampak lainnya, kamu akan merasakan bermacam gejala gangguan kesehatan, salah satunya adalah vertigo. 

Bukan tidak mungkin, beras organik dianggap tidak memiliki kandungan arsenik sehingga dipercaya mampu menurunkan risiko terkait vertigo. Akan tetapi, sampai sekarang belum ada studi ilmiah yang berhasil membuktikan bahwa beras organik lebih baik dikonsumsi untuk pengidap vertigo. Pun, kembali lagi, beras organik yang ternyata mengandung arsenik, tidak berbeda dengan beras biasa. 

Jadi, apabila kamu termasuk orang yang memiliki riwayat penyakit vertigo, kamu dianjurkan untuk membiasakan pola hidup dan pola makan yang sehat. Salah satunya adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung potasium, vitamin C, vitamin B, magnesium, dan kaya antioksidan. Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi jahe yang bisa membantu mengurangi kambuhnya gejala.

Baca juga: Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Penyakit vertigo diartikan sebagai masalah kesehatan yang membuat kamu mengalami sakit kepala hebat dengan gejala berupa sakit kepala seperti berputar. Vertigo tidak boleh kamu anggap remeh, arena pengidap vertigo mudah hilang keseimbangan yang berdampak pada sering terjatuh. Sakit kepala karena vertigo bisa terjadi dalam hitungan menit hingga jam. 

Biasanya, vertigo muncul sebagai gejala atau tanda dari suatu gangguan kesehatan, seperti migrain, diabetes, stroke, tumor otak, dan penyakit Parkinson. Orang-orang yang gemar merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan kafeina berlebihan akan lebih berisiko mengalami vertigo. 

Tidak hanya sensasi seperti berputar, gejala vertigo juga diikuti dengan rasa mual dan ingin muntah, mudah berkeringat, hilangnya kemampuan mendengar, dan pergerakan bola mata abnormal atau nistagmus. Jika kondisi ini sering terjadi, bahkan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu harus segera melakukan pengobatan. 

Baca juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Sekarang, berobat ke rumah sakit terdekat akan lebih nyaman jika kamu buat janji terlebih dahulu. Pakai aplikasi Halodoc setiap kamu ingin buat janji atau bertanya jawab dengan dokter spesialis seputar vertigo atau masalah kesehatan lainnya. Jadi, jangan tunda untuk mendapatkan penanganan jika kamu punya vertigo atau gejala penyakit lainnya.



Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. Arsenic in Food: FAQ. WebMD. Is Organic Food Better for You?
MediciNet. Diakses pada 2020. Arsenic Poisoning.
Neuro Equilibrium. Diakses pada 2020. Here’s A Diet To Help You With Your Vertigo