• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Daun kelor adalah salah satu tanaman herbal tradisional yang sudah sejak lama dikenal bisa dijadikan obat. Manfaat daun kelor untuk kesehatan datang dari kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan ini telah dibuktikan secara ilmiah. 

Pohon kelor, atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Moringa oleifera, adalah tanaman asli dari India Utara. Namun, kini mereka bisa tumbuh di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Umumnya, orang mengambil manfaat daun kelor dengan mengonsumsi daun kelor yang sudah dibuat menjadi kapsul. Meski manfaat daun kelor untuk kesehatan cukup banyak, ada baiknya tetap berdiskusi dengan dokter sebelum mengonsumsinya, karena pada dasarnya tanaman ini tetap memiliki efek samping jika salah dikonsumsi. 

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui: 

Melawan Radikal Bebas Berkat Kandungan Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bekerja melawan radikal bebas di tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Beberapa senyawa tanaman antioksidan telah ditemukan di daun kelor. Selain vitamin C dan beta-karoten, ini termasuk: 

  • Quercetin: Antioksidan kuat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. 
  • Asam Klorogenat: Senyawa ini membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan. 

Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Ia mampu meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi. 

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya adalah menurunkan kadar gula darah. Ingat, kadar gula darah yang tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius dan ia merupakan ciri utama diabetes.

Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga gula darah dalam batas yang sehat.

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan sehingga perlu diteliti lebih jauh lagi. 

Namun dalam penelitian kecil pada enam orang dengan diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21 persen. Ilmuwan percaya efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman seperti isothiocyanate. 

Baca juga: Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini adalah mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama. Faktanya, peradangan berkelanjutan terkait dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker

Sebagian besar buah, sayuran, rempah-rempah dan rempah-rempah utuh memiliki sifat anti-inflamasi. Namun, sejauh mana mereka dapat membantu tergantung pada jenis dan jumlah senyawa antiinflamasi yang dikandungnya. Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa antiinflamasi utama dalam daun, polong, dan biji kelor sehingga mungkin dapat membawa manfaat. 

Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati dapat secara efektif mengurangi kolesterol. Ini termasuk biji rami, gandum dan almond. Baik penelitian pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

Melindungi dari Keracunan Arsenik

Kontaminasi arsenik pada makanan dan air merupakan masalah di banyak bagian dunia. Jenis beras tertentu bahkan mungkin mengandung kadar yang sangat tinggi. Paparan arsenik tingkat tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan seiring waktu.

Menariknya, beberapa penelitian pada tikus telah menunjukkan bahwa daun dan biji kelor  dapat melindungi dari beberapa efek toksisitas arsenik ini. Hasil ini menjanjikan, tetapi belum diketahui apakah ini juga berlaku untuk manusia.

Baca juga: Mengapa Keracunan Arsenik Bisa Berakibat Fatal? 

Apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi daun kelor? Manfaat daun kelor untuk kesehatan memang sangat menjanjikan, namun tetap diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya ya. Sebagai gantinya, kamu bisa membeli berbagai jenis suplemen kesehatan lainnya di toko kesehatan di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, kamu bisa mendapatkan obat dan suplemen tanpa perlu keluar rumah. Pesanan kamu pun bisa tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang! 


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Makes Moringa Good for You?