• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Biarkan Anak Memilih Bajunya Sendiri, Ini Alasannya

Biarkan Anak Memilih Bajunya Sendiri, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bagi orang tua, melihat anak tampil dengan pakaian yang sesuai dengan kondisi udara atau acara yang akan dihadiri adalah hal yang menenangkan. Sebab, hal itu berarti Si Kecil akan tetap terjaga dan siap untuk mulai beraktivitas. Hal itu membuat kebanyakan orang tua merasa harus memilih pakaian untuk dikenakan anak. 

Hal itu memang bisa memastikan anak tampil dengan baik. Namun tahukah ibu, membiarkan sang buah hati memilih pakaiannya sendiri nyatanya bisa memberi lebih banyak manfaat. Membiasakan Si Kecil memilih sendiri pakaian yang akan dikenakan bisa membantu mengasah beberapa kemampuannya. Hal ini bisa mendukung pengalaman dan meningkatkan kreativitas Si Kecil. 

Baca juga: Tips Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Manfaat Membiarkan Anak Memilih Baju Sendiri 

Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa membiarkan anak memilih pakaian yang akan dikenakan bisa bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Membiasakan anak untuk memilih pakaian sendiri juga bisa bermanfaat mengembangkan kemandirian, rasa nyaman, bahkan kemampuan finansial anak di kemudian hari. Berikut 5 manfaat yang bisa didapat jika orang tua membiarkan Si Kecil memilih pakaian sendiri! 

  • Anak Lebih Mandiri

Kata siapa mengajarkan kemandirian pada anak harus dengan hal-hal yang berat? Nyatanya, Si Kecil bisa belajar soal kemandirian dari hal-hal kecil yang ada disekitarnya, salah satunya dari kebiasaan memilih pakaian sendiri. Selain membuat anak mandiri, rutinitas memilih pakaian sendiri juga bisa membuat Si Kecil merasa lebih bahagia dan terinspirasi untuk mulai bertanggung jawab dalam kebutuhan dirinya sendiri yang lain, seperti memilih makanan hingga olahraga favorit. 

 

  • Belajar Mengambil Keputusan 

 

Membiasakan hal kecil ini juga akan membuat anak belajar mengambil keputusan. Si Kecil akan terbiasa untuk memilih satu baju di antara semua baju terbaiknya. Ibu bisa membantu dengan memberi tahu kondisi cuaca di luar, misalnya sedang dingin. Dengan begitu, anak membutuhkan jenis pakaian yang bisa menghangatkan, tetapi biarkan ia memilih corak atau warna sesuai dengan keinginannya. Hal ini nyatanya juga akan mengajarkan anak memecahkan masalah, yaitu memilih jenis pakaian yang paling sesuai. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

  • Menjadi Diri Sendiri 

Tak ada yang lebih baik daripada menjadi diri sendiri. Orang tua bisa menanamkan hal ini sejak dini pada anak, salah satunya dengan membiasakannya memilih pakaian sendiri. Nyatanya, jenis pakaian yang menjadi kesukaan anak merupakan bentuk ekspresi, termasuk bagaimana Si Kecil ingin dipandang di tengah lingkungannya. 

  • Mengatur Keuangan 

Selain memilih baju yang akan dikenakan, orang tua juga harus mendukung jenis baju apa yang ingin dibeli oleh Si Kecil. Saat tiba waktu membeli baju, coba kenalkan anak dengan uang sebagai metode pembayaran. Arahkan terkait harga sebuah baju dan apakah uang yang ia miliki cukup untuk membeli pakaian itu. Dengan demikian, anak akan mulai mengenal matematika dan teknik dasar dalam mengatur keuangan. Jika dilakukan secara rutin, hal ini akan memberi manfaat dalam jangka waktu panjang. 

  • Peka Terhadap Kondisi 

Anak-anak mungkin akan lebih menyukai jenis pakaian yang berwarna cerah, berbahan tipis, atau memiliki banyak corak. Namun, ada momen-momen tertentu di mana Si Kecil mungkin tidak cocok untuk mengenakan jenis pakaian tersebut. Setelah mengetahui hal tersebut, anak akan terbiasa untuk memilih pakaian yang nyaman namun sesuai dengan kondisi. Hal itu bisa membuat anak lebih peka terhadap lingkungan sosial

Baca juga: 6 Manfaat Mengajarkan Anak Bermain Catur

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa kapaj dan di mana saja menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mother & Baby. Diakses pada 2019. 5 reasons to let your kids choose their own clothes.
Psychology Today. Diakses pada 2019. Parenting: Decision Making.