• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Mengajarkan Anak Bermain Catur

6 Manfaat Mengajarkan Anak Bermain Catur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Catur menjadi salah satu olahraga otak yang populer. Selain menyenangkan, jenis permainan yang satu ini nyatanya juga memberi banyak manfaat terutama pada perkembangan otak. Karena alasan itu, tidak heran bahwa belajar catur sangat dianjurkan, terutama pada anak. Ada berbagai manfaat yang bisa didapat jika orang tua mengajarkan bermain catur sejak dini. 

Catur merupakan jenis permainan papan dan dimainkan oleh dua orang. Jenis permainan ini dilakukan dengan sebuah papan persegi 64 kotak dan 32 buah catur. Anak catur ini akan dibagi rata pada kedua pemain yang dibedakan dengan warna hitam dan putih. Strategi dan kecermatan adalah hal yang sangat penting dalam memainkan catur dan hal ini yang nantinya akan merangsang perkembangan otak. Biar lebih jelas, simak penjelasan seputar manfaat bermain catur berikut! 

Baca juga: 6 Olahraga yang Menyehatkan Otak

Catur Bermanfaat untuk Perkembangan Otak Anak 

Tak hanya tangan, kaki dan perut, olahraga nyatanya juga dibutuhkan oleh organ otak. Salah satu jenis olahraga otak yang populer dan memiliki banyak manfaat adalah catur. Belajar bermain catur bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer, meningkatkan kreativitas, mengasah kepekaan dan kewaspadaan, serta melatih kedua sisi otak. Mengajarkan permainan catur sejak dini bisa memaksimalkan berbagai manfaat tersebut. 

1. Meningkatkan Perkembangan Otak 

Salah satu manfaat utama bermain catur adalah meningkatkan perkembangan otak. Permainan ini akan memberi tantangan pada otak untuk berpikir dan membentuk strategi. Hal itu yang kemudian akan menstimulasi perkembangan otak. Rutin bermain catur bisa membuat otak anak terbiasa berpikir dengan cepat. 

2. Melatih Dua Sisi Otak 

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan Jerman menyebut bahwa bermain catur bisa membantu melatih kedua sisi otak, yaitu otak kanan dan otak kiri. Dalam bermain catur, Si Kecil akan dilatih untuk mengidentifikasi posisi anak catur serta menentukan langkah selanjutnya untuk mengalahkan lawan. Hal itu kemudian akan membuat kedua sisi otak menjadi lebih aktif digunakan. 

Baca juga: Olahraga Otak yang Tepat, Saatnya Main Catur

3. Meningkatkan IQ 

Pertanyaanya, apakah orang pintar yang bermain catur atau bermain catur yang membuat seseorang menjadi lebih pintar? Nyatanya, sebuah penelitian yang dilakukan pada pelajar di Venezuela membuktikan bahwa bermain catur bisa meningkatkan IQ dan kemampuan berpikir anak. 

4. Meningkatkan Kreativitas

Bermain catur juga bisa membantu meningkatkan kreativitas. Permainan ini membuat sisi kanan otak menjadi lebih aktif, bagian otak ini terkait dengan kreativitas seseorang. Rutin bermain catur bisa membuat anak menjadi lebih kreatif karena selama permainan ia diharuskan untuk memikirkan langkah agar menang. 

5. Kemampuan Memecahkan Masalah

Anak-anak yang terbiasa bermain catur disebut memiliki kemampuan lebih baik dalam memecahkan masalah alias problem solving. Sebab, seluruh inti dari permainan ini adalah untuk memecahkan masalah agar anak catur yang disebut “raja” tidak dimangsa lawan. Sebaliknya, kamu diharapkan bisa memangsa raja lawan untuk menang. 

6. Mencegah Alzheimer 

Dalam jangka panjang, rutin bermain catur bisa mencegah penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian yang dimuat dalam The New England Journal of Medicine menemukan bahwa permainan otak seperti catur bisa menurunkan risiko demensia. 

Baca juga: Olahraga Catur Bisa Membakar Kalori?

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa kapan dan di mana saja dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Health Fitness Revolution. Diakses pada 2019. Top 10 Health Benefits of Chess.
SelfGrowth. Diakses pada 2019. Top 5 Health benefits of playing Chess.
Daily Journal (2019). 5 health benefits of playing chess.