• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Terkena Kanker Serviks Jika Belum Pernah Berhubungan Intim?

Bisakah Terkena Kanker Serviks Jika Belum Pernah Berhubungan Intim?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Ada beberapa jenis kanker yang hanya terjadi pada wanita. Salah satu yang paling ditakuti adalah kanker serviks. Seperti yang diketahui, kanker serviks adalah kondisi ketika sel kanker tumbuh dan berkembang di serviks atau leher rahim. Penyakit ini akan meningkat risikonya pada wanita yang telah aktif secara seksual dan tidak mempraktikkan hubungan seks yang aman, seperti sering bergonta-ganti pasangan tanpa menggunakan kondom.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu berhati-hati dalam berhubungan intim dan jangan bergonta-ganti pasangan. Sebab, hal itu dapat meningkatkan risiko terserang kanker serviks. Namun, bagaimana dengan wanita yang belum pernah berhubungan intim? Bisakah wanita terkena kanker serviks jika belum pernah berhubungan intim?

Baca juga: 6 Jenis Kanker Paling Populer di Indonesia

Hubungan Intim dan Risiko Kanker Serviks

Melakukan hubungan seksual yang aktif dan tanpa pengaman, dapat membuat seorang wanita berisiko tinggi mengidap kanker serviks, dibandingkan yang tidak melakukannya. Hal ini dikarenakan virus human papillomavirus (HPV) umumnya menular dan menginfeksi lewat adanya hubungan intim, baik vaginal ataupun anal. Namun, bagaimana dengan wanita yang belum pernah berhubungan intim? Apakah tetap bisa terkena kanker serviks?

Wanita yang belum pernah melakukan hubungan intim juga memiliki risiko untuk mengidap kanker serviks yang disebabkan infeksi HPV. Namun, risiko untuk mengalami kondisi ini terbilang sangat kecil. Selain itu, kasus wanita yang belum pernah berhubungan intim dan terserang kanker serviks pada wanita dengan usia di bawah 25 tahun terbilang jarang terjadi.

Perlu diketahui juga bahwa wanita yang belum pernah berhubungan intim lalu mengidap kanker serviks juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kebersihan yang kurang dijaga dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan tubuh agar tidak mudah terserang kanker serviks atau penyakit berbahaya lainnya.

Baca juga: Penting, Begini Cara Mendeteksi Kanker pada Anak Sejak Dini

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai kanker serviks, dokter dari Halodoc selalu siap membantu kamu untuk mendapatkan menjawabnya. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponsel kamu.

Faktor Risiko Kanker Serviks yang Perlu Diketahui

Risiko seorang wanita untuk terserang kanker serviks dapat meningkat karena beberapa faktor. Peningkatan risiko tersebut dapat berupa kebiasaan sehari-hari, atau kondisi yang ada. Namun, sebagian besar kanker serviks yang terjadi adalah hasil dari banyak faktor risiko yang terbiasa dilakukan setiap hari.

Penyebab dan faktor utama dari kanker serviks adalah infeksi HPV. Namun, ada juga beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko, sehingga penting untuk mewaspadainya. Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks:

1. Aktivitas Seksual yang Tidak Sehat

Seperti disebutkan sebelumnya, wanita yang aktif secara seksual memiliki risiko tinggi untuk mengidap kanker serviks. Hal tersebut mungkin saja dikarenakan adanya kontak kulit kelamin dengan pengidapnya, melakukan seks oral, dan aktif secara seksual terutama tanpa alat pengaman. Namun, wanita yang belum pernah berhubungan intim tetap dapat mengalami kanker serviks, meski terbilang jarang.

Selain itu, wanita yang aktif secara seksual di usia muda juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengidap kanker serviks. Peningkatan risiko ini terjadi karena serviks mengalami perubahan selama masa pubertas, sehingga lebih rentan mengalami kerusakan atau terpapar virus penyebab kanker serviks.

Baca juga: Pengidap Kanker Dapat Alami Pruritus, Ini Alasannya

2. Melahirkan Berkali-Kali

Wanita yang melahirkan lebih dari sekali mengalami peningkatan risiko terhadap kanker serviks. Semakin banyak anak yang dilahirkan, risiko untuk mengidap penyakit kelamin tersebut juga meningkat. Namun hingga saat ini, tidak diketahui berapa jumlah kelahiran yang dapat membuat seorang wanita lebih rentan mengidap kanker yang terbilang mematikan tersebut.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Gejala Kanker Serviks Ini

Itulah sedikit pembahasan mengenai kanker serviks yang dapat terjadi pada wanita yang bahkan belum pernah berhubungan intim. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan kamu dapat melakukan upaya pencegahan, seperti menjaga kebersihan organ intim, melakukan gaya hidup sehat, dan menghindari seks yang tidak aman.

Referensi:
Canadian Cancer Society. Diakses pada 2020. Risk factors for cervical cancer.
Live Science. Diakses pada 2020. Teens Who Don't Have Sex Still at Risk for HPV Infection.