• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buah-Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Buah-Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Semakin bertambahnya usia, kolesterol dapat menjadi tamu tak diundang yang bisa datang kapan saja. Apalagi jika kamu memiliki pola makan tidak sehat yang sering dijalani. Hal tersebut menjadi pemicu yang paling sering dialami oleh pengidap kolesterol. Belum lagi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Kulit Pisang Kaya Akan Manfaat, Benarkah?

Konsumsi makanan sehat mulai dari sekarang untuk mencegahmu mengidap kolesterol di masa tua mendatang. Berikut buah-buahan yang direkomendasikan untuk menjaga kadar kolesterolmu tetap normal:

  • Alpukat

Meskipun alpukat terkenal dengan kadar kandungan lemak yang tinggi. Namun, lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang justru baik bagi kesehatan tubuh. Seseorang akan merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi alpukat, sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat terkontrol.

  • Apel

Apel yang dikonsumsi secara rutin terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal tersebut dapat terjadi karena senyawa polifenol yang berperan sebagai antioksidan pada kulit apel. Selain itu, apel juga mengandung pektin yang mampu menyerap kolesterol dan lemak jahat dalam usus halus, dan dikeluarkan melalui urine dan feses.

  • Mangga

Mangga kaya akan vitamin C yang berperan dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mangga menjadi salah satu buah terbaik dalam mengatasi kolesterol. Mangga juga memiliki kalium yang tinggi, yang mampu menyeimbangkan sel cairan tubuh, mengontrol tekanan darah, serta detak jantung.

  • Beri

Keluarga buah beri dikenal ampuh dalam menurunkan kolesterol, karena tingginya kadar antioksidan di dalamnya yang mampu melawan lemak jahat dalam tubuh. Selain itu, pterostilbene dalam keluarga buah beri mampu mencegah penumpukan plak dalam arteri yang menjadi pemicu dari serangan jantung koroner dan stroke.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Salah saat Makan Buah

  • Anggur

Anggur mengandung antioksidan bernama quercetin yang mampu mencegah peradangan dalam tubuh. Kandungan flavonoid di dalamnya mampu mencegah penggumpalan darah, serta menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan zat catechin dalam anggur mampu menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

  • Pisang

Buah yang mampu mengatasi kolesterol selanjutnya adalah pisang. Pisang bekerja dengan menghilangkan gumpalan lemak dari sistem pencernaan, sehingga endapan lemak tidak masuk ke dalam aliran darah dan menyumbat arteri. Jika pembuluh darah terbebas dari lemak, kesehatan jantung dan organ lainnya akan terjaga dengan baik.

  • Pepaya

Pepaya mengandung likopen, vitamin C dan E. Saat kamu mengonsumsi pepaya, vitamin C dan E di dalamnya akan menyatu dengan enzim paraoxonase yang mampu menghambat proses oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah. Pepaya menjadi tanaman yang memiliki banyak fungsi, karena dari akar, daun, hingga buah dapat berguna bagi manusia atau hewan.

  • Jambu Biji

Sama seperti anggur, jambu biji mengandung flavonoid yang berperan dalam mencegah radikal bebas yang dapat merusak organ jantung. Selain itu, kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Baca juga: Buah-Buahan Segar yang Bisa Turunkan Kolesterol

Bagi pengidap masalah kesehatan tertentu, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc buah mana yang aman untuk kamu konsumsi. Jika tidak cocok dengan kandungan di dalamnya, risiko terparah yang bisa saja dialami adalah munculnya reaksi alergi pada kulit. Jadi, sebaiknya berhati-hati sebelum mengonsumsinya, ya!

Referensi:

Health Harvard. Diakses pada 2020. 11 Foods That Lower Cholesterol.

Healthline. Diakses pada 2020. 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet.

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Cholesterol: Top Foods to Improve Your Numbers.