Mengapa Buah Pepaya Bermanfaat bagi Tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengapa Buah Pepaya Bermanfaat bagi Tubuh?

Halodoc, Jakarta – Selama ini, pepaya dikenal sebagai buah yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah yang memiliki rasa manis ini bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan menghindari konstipasi. Namun lebih dari itu, nyatanya konsumsi buah yang satu ini bisa memberi lebih banyak manfaat sehat untuk tubuh. Mengapa buah pepaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh? 

Seluruh manfaat sehat dari buah pepaya didapat dari berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah pepaya disebut memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari vitamin C pada buah jeruk. Selain itu, buah pepaya juga banyak mengandung vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, serat, kalsium, folat, potasium, dan magnesium. Seluruh nutrisi ini sangat baik untuk tubuh dan bisa memberi manfaat yang menyehatkan. 

Baca juga: 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Sehat dari Buah Pepaya 

Selain bisa membantu melancarkan pencernaan, rutin mengonsumsi buah pepaya nyatanya juga bisa memberi beragam manfaat sehat untuk tubuh. Berikut ini beragam manfaat yang bisa didapat dari buah ini:

  • Mata Lebih Sehat

Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi buah pepaya. Kandungan vitamin A dalam buah ini bisa membuat kornea menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, vitamin A juga bisa menghasilkan kelembapan yang cukup agar terhindar dari kondisi mata kering. 

  • Mengatasi Kulit Terbakar 

Kandungan likopen dalam buah pepaya bisa membantu penyembuhan kulit yang terbakar sinar matahari. Konsumsi makanan yang mengandung likopen bisa memelihara kesehatan kulit berkat aktivitas antioksidan dari zat ini. Kandungan antioksidan dalam buah pepaya berperan dalam menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas. 

  • Menyehatkan Rambut dan Kuku 

Beragam kandungan vitamin dan mineral dalam buah pepaya bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Selain dengan cara dikonsumsi, memetik manfaat pepaya juga bisa dilakukan dengan menjadikan buah ini sebagai masker rambut untuk mendapat rambut yang lebih subur dan sehat. 

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Kekebalan tubuh yang terjaga baik bisa membantu mencegah serangan penyakit. Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan vitamin A, C, dan E dalam buah pepaya. 

Baca juga: Usir Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Masker Wajah

  • Jantung Lebih Sehat 

Buah pepaya banyak mengandung vitamin C dan likopen yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Rutin mengonsumsi pepaya setiap hari bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam buah pepaya juga bisa meningkatkan efek dari kolesterol baik alias HDL di dalam tubuh. 

  • Menekan Risiko Kanker 

Manfaat yang satu ini mungkin tidak banyak yang tahu. Namun, rutin mengonsumsi buah pepaya ternyata disebut bisa membantu menekan risiko kanker. Hal itu berkat kandungan antioksidan likopen yang berkhasiat dalam mengurangi radikal bebas penyebab kanker. 

  • Mencegah Penuaan

Mau tubuh selalu sehat dan kulit awet mudah? Konsumsi buah pepaya. Buah ini memiliki kandungan enzim papain yang membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit. Ada juga kandungan vitamin A dan vitamin C yang membantu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam pada kulit. Vitamin C dalam pepaya juga berguna membantu tubuh memproduksi kolagen yang dapat mengurangi keriput.

Baca juga: 6 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah

Cari tahu lebih lanjut seputar manfaat sehat buah pepaya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi :
WebMD. Diakses pada 2019. For Flavor and Vitamin C, Try a Papaya!
Healthline. Diakses pada 2019. 13 Amazing Health Benefits of Papaya.
Health. Diakses pada 2019. Papaya Power.