• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buka Puasa dengan Buah Blewah, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Buka Puasa dengan Buah Blewah, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Buah blewah adalah salah satu buah yang digemari saat bulan puasa. Apalagi saat-saat menjalani bulan puasa di musim panas, buah ini terasa sangat menyegarkan jika dimakan bersama sirup dan es. Rasa haus selama berpuasa terasa terbayarkan. 

Selain enak dan segar, buah blewah mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Terlebih buah ini mengandung banyak air yang dapat mencegah dehidrasi selama berpuasa. Blewah mengandung beragam vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat jika dimakan selama bulan puasa. 

1. Menyediakan Antioksidan untuk Tubuh

Air, antioksidan, vitamin, dan mineral dalam blewah dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Antioksidan di dalamnya dapat mencegah kerusakan sel yang menyebabkan kanker dan kondisi kesehatan lainnya. Selama metabolisme, tubuh memproduksi molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas yang dapat terkumpul dalam tubuh dan merusak sel. Kerusakan ini dikenal sebagai stres oksidatif. Antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan mencegah stres oksidatif. 

Kandungan antioksidan dalam buah blewah termasuk:

  • Selenium.
  • Beta karoten.
  • Vitamin C.
  • Lutein.
  • Zeaxanthin.
  • Kolin.

Baca juga: Pilihan Makanan Sumber Protein Tinggi

2. Degenerasi Makula Terkait Usia

Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan serupa dan pigmen tumbuhan yang memberi warna kuning ke merah pada buah dan sayuran. Kombinasi ini dapat membantu menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya. Kandungan ini berperan dalam perlindungan kesehatan mata dan dapat membantu mencegah kerusakan akibat degenerasi makula terkait usia. 

3. Mencegah Asma

Vitamin C dalam buah blewah adalah vitamin esensial dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari asma. Secangkir buah blewah mengandung 65 mg vitamin C. Pedoman saat ini merekomendasikan bahwa wanita dewasa mengonsumsi 65-75 mg vitamin C sehari dan pria dewasa mengonsumsi 75-90 mg. 

4. Baik untuk Kontrol Tekanan Darah

Serat, potasium, vitamin C, dan kolin dalam blewah semua mendukung kesehatan jantung. Mengonsumsi makanan kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Secangkir blewah menyediakan sekitar 473 mg potasium atau 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. 

Baca juga: Boleh Dicoba, Ini 6 Menu Berbuka yang Rendah Kalori

5. Mengurangi Risiko Kanker

Beta karoten, tokoferol, dan antioksidan lain dalam buah blewah dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif. Mengonsumsi suplemen dengan kandungan yang sama dan antioksidan lainnya dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, prostat, dan jenis kanker lainnya. 

6. Baik untuk Pencernaan

Blewah memiliki kandungan air yang tinggi serat. Serat dan air dapat membantu mencegah sembelit, meningkatkan keteraturan dan saluran pencernaan yang sehat. 

7. Meningkatkan Hidrasi

Dengan kandungan air dan elektrolitnya yang tinggi, blewah merupakan pilihan yang baik untuk meningkatkan hidrasi selama bulan puasa dan musim panas. Dalam secangkir 177 gram blewah terdapat 160 gram air. Selain itu, elektrolit dalam blewah meliputi natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

8. Baik untuk Pemeliharaan Rambut

Vitamin A dalam buah blewah berkontribusi pada pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan dalam tubuh selama bulan puasa, termasuk yang ada di kulit dan rambut. Vitamin C memungkinkan tubuh untuk memproduksi kolagen yang menyediakan struktur pada sel, kulit, dan rambut. Berbagai vitamin dan mineral dalam buah blewah dapat berperan dalam mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. 

Baca juga: 4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Buah blewah juga berkontribusi terhadap hidrasi keseluruhan tubuh. Mengonsumsi air tambahan dapat membantu menjaga kulit tetap kenyal. Untuk mengetahui bukti lainnya dari manfaat buah blewah kamu dapat berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Nutritious Benefits of Eating Cantaloupe.
WebMD. Diakses pada 2020. Health Benefits of Cantaloupes.