4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4-inspirasi-menu-berbuka-puasa-yang-sehat-halodoc

Halodoc, Jakarta – Setelah menahan lapar dan haus hampir sepanjang hari, buka puasa tentu menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Muslim yang menjalankan puasa. Apalagi selama bulan Ramadan, berbagai macam kudapan manis, seperti kolak, kurma, biji salak mulai bermunculan. Tidak ketinggalan, berbagai macam sajian berat, seperti nasi lengkap dengan aneka lauk pauk yang kaya rempah juga sangat menggiurkan untuk disantap.

Eits, tunggu dulu. Jangan hanya mencari makanan yang enak-enak saja untuk berbuka puasa, namun kamu juga perlu memperhatikan kandungan gizi yang ada di balik makanan tersebut. Sebaiknya pilihlah makanan yang sehat untuk berbuka puasa, karena selain bisa menggantikan energi kamu yang hilang setelah berpuasa, kesehatanmu juga bisa terjaga. Yuk, cek menu buka puasa apa saja yang sehat yang bisa kamu konsumsi untuk buka puasa.

1. Sup Sayuran

Sup sayuran yang hangat adalah salah satu menu makanan sehat yang bisa kamu pilih untuk berbuka puasa. Selain enak, beragam sayuran yang biasanya terdapat di dalamnya, mulai dari wortel, kentang, daun bawang, tomat, dan kol juga bisa memberikan asupan serat yang tubuh kamu perlukan. Tidak hanya itu saja, sup sayuran yang memiliki banyak kandungan air juga bisa menggantikan cairan tubuhmu yang hilang setelah berpuasa. Kamu juga bisa menambahkan potongan daging ayam ke dalam sup sayuran yang bisa memberikan tubuhmu energi usai berpuasa.

Baca juga: Minuman Penambah Tenaga Saat Berbuka

2. Telur Dadar Gulung

Nah, kalau menu yang satu ini adalah makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai lanjut usia. Enggak hanya enak, telur juga merupakan sumber protein yang dilengkapi dengan sejumlah nutrisi baik lho, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, kalsium, zinc, fosfor, serta lemak sehat. Cara membuat telur dadar gulung juga sangat praktis, sehingga cocok bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak makanan buka puasa.

3. Spageti

Spageti termasuk salah satu sumber karbohidrat yang cocok dijadikan menu buka puasa untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras seharian. Bila ingin lebih sehat, masak spageti dengan saus tomat merah dibandingkan saus pasta karbonara. Pasalnya, di dalam saus pasta karbonara, terkandung jumlah kalori, natrium dan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sayuran, seperti paprika atau brokoli yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan sebagai pelengkapnya. Paprika kaya akan folat, vitamin A dan vitamin C. Sedangkan brokoli dikenal sebagai sayuran super, karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari serat, magnesium, folat, protein, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Spagetimu kurang lengkap tanpa potongan daging. Karena itu, kamu bisa menambahkan potongan bakso, ayam, atau aneka seafood untuk memberikan asupan protein untuk tubuhmu. Dijamin, ini akan menjadi menu buka puasa yang enggak hanya sehat, namun juga bergizi lengkap!

Baca juga: Pilihan Makanan Sumber Protein Tinggi

4. Kolak Pisang dan Labu

Kamu dianjurkan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis dulu, sebelum menyantap makanan berat. Nah, kolak pisang atau labu bisa menjadi pilihan takjil yang cocok untuk kamu santap saat berbuka puasa. Selain enak, kedua buah-buahan segar ini juga kaya serat dan nutrisi lainnya yang penting bagi tubuh.

Labu mengandung beta karoten yang tinggi yang berguna untuk menghasilkan vitamin A. Itulah mengapa mengonsumsi labu dapat membantu menjaga kesehatan mata sekaligus membantu tubuh melawan infeksi. Ini karena vitamin A berperan penting untuk memperkuat lapisan usus dan menjaganya dari serangan infeksi. Tidak hanya itu, labu juga menyimpan beragam vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Begitu pula dengan pisang. Buah yang memiliki rasa lezat ini mengandung kalium yang tinggi yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, kandungan vitamin B, vitamin C, kalium, serat, dan karbohidrat pada pisang juga dapat mengganti nutrisi dan energi tubuh yang hilang saat puasa.

Bila ingin lebih sehat, ganti kuah santan dengan yogurt tawar (plain) dan susu rendah lemak (skim). Dengan mengonsumsi yogurt dan susu skim, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B12, kalsium, fosfor, protein, dan karbohidrat yang bisa menambah energi setelah berpuasa.

Baca juga: Boleh Dicoba, Ini 6 Menu Berbuka yang Rendah Kalori

Jangan lupa download juga Halodoc sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama puasa. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk membicarakan masalah kesehatan apa saja yang terjadi selama puasa kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.