Boleh Dicoba, Ini 6 Menu Berbuka yang Rendah Kalori

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Boleh Dicoba, Ini 6 Menu Berbuka yang Rendah Kalori

Halodoc, Jakarta – Saat berbuka puasa, tubuh memerlukan makanan dan minuman bergizi untuk menggantikan cairan dan nutrisi yang hilang. Namun pada kenyataannya, makanan yang sering dikonsumsi saat berbuka malah banyak mengandung gula, lemak, dan garam. Makanan tersebut cenderung tinggi kalori sehingga berpotensi menambah berat badan.

Baca Juga: Dampak Makan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa

Nah, jika kamu tidak ingin bertambah berat badan saat puasa, berikut jenis makanan rendah kalori yang bisa dihidangkan sebagai menu berbuka puasa.

1. Beras Merah

Beras merah bisa dikonsumsi untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Pasalnya beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lambat dicerna tubuh, sehingga kamu kenyang lebih lama. Ini berarti nasi merah cocok dikonsumsi setiap hari sebagai pendamping lauk-pauk menu sahur dan berbuka.

2. Buah

Pilih buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti pisang, apel, pepaya, melon, anggur, dan mangga. Buah beri seperti stroberi, bluberi, rasberi, dan blackberry juga bisa dikonsumsi karena mengandung antioksidan tinggi, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan radikal bebas penyebab penyakit.

Kandungan serat beri-berian juga tergolong tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan. Sebaliknya, hindari buah durian saat puasa karena mengandung banyak gas sehingga berpotensi menyebabkan buang angin dan mual.

3. Sayuran

Kandungan serat, vitamin, dan mineral dalam sayuran berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Sayuran yang mengandung rendah kalori adalah bayam, selada, dan sawi. Kandungan zat besi pada sayuran hijau dapat meningkatkan sel darah merah sehingga mampu menjaga tubuh agar tidak lesu saat berpuasa.

Baca Juga: Porsi yang Tepat Saat Berbuka Puasa

4. Ikan

Ikan banyak mengandung protein dan kandungan omega 3 yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak dan menyehatkan jantung. Agar manfaat baik ikan tetap terjaga, sebaiknya olah ikan dengan cara dikukus. Untuk mengurangi konsumsi kalori lebih banyak, pilih ikan tanpa lemak seperti ikan kod, tuna, salmon, sarden, atau mackerel.

5. Telur

Selain tinggi protein, telur yang berukuran besar juga masih tergolong rendah kalori. Lebih baik jika telur dimasak dengan cara direbus daripada digoreng. Pasalnya minyak yang digunakan untuk menggoreng telur mengandung lemak, sehingga memiliki kadar kalori yang tinggi dan berpotensi menambah berat badan.

6. Sup

Pilih sup berbasis kaldu seperti sup ayam, sup kacang merah, atau sup sayur bening sebagai menu berbuka puasa.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dihindari saat Puasa

Itulah beberapa menu rendah kalori yang bisa dikonsumsi saat berbuka puasa. Kalau kamu punya keluhan kesehatan saat berpuasa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!