• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Jaga Peralatan Makan Bayi Steril dari Corona

Cara Jaga Peralatan Makan Bayi Steril dari Corona

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Di tengah pandemi virus corona yang belum juga mereda, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Pasalnya, penyakit ini dapat menyerang semua orang, tidak terkecuali bayi. Meskipun jumlah bayi yang tercatat mengalami penyakit COVID-19 terbilang sangat sedikit dibandingkan dengan orang dewasa.Tetap saja, sistem imunitas dari bayi lebih rentan untuk terserang penyakit. 

Maka dari itu, penting untuk mencegah segala kemungkinan yang dapat membuatnya terserang virus corona. Salah satunya adalah menjaga peralatan makannya untuk tetap steril dari virus. Berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menjaga kebersihan perlengkapan makan anak!

Baca juga: 6 Langkah Membersihkan Pompa Asi Agar Tetap Steril

Cara Menjaga Peralatan Bayi Steril dari Virus Corona

Bayi termasuk makhluk yang rentan untuk terserang penyakit apapun, termasuk juga virus corona. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaganya tetap sehat dengan cara menjaga kebersihan dari peralatan makannya. Hanya dengan cara itu, ibu dapat meminimalisir risiko anak untuk terserang penyakit apa pun.

Pada bayi yang belum masuk masa MPASI, botol susu adalah satu-satunya alat yang digunakan untuk mengatasi rasa lapar. Lalu, jika bayi sudah melakukan MPASI, peralatan makannya akan bertambah, seperti botol susu, tempat makan, sendok, botol minum, dan lainnya. Penting untuk mengetahui cara menjaga peralatan bayi tetap steril dari virus corona.

Sebelum mensterilkan alat tersebut, ibu harus membersihkan botol bekas secara menyeluruh. Cuci botol tersebut dalam air sabun yang bersih, bersamaan dengan puting susu, dan benda lainnya. Hal ini dapat menghilangkan semua bekas susu yang menempel. Selain itu, jangan tunggu hingga ASI atau susu tersebut sudah mengering.

Pastikan untuk menggunakan air bersih, panas, sabun, dan sikat botol yang bersih. Cucilah peralatan tersebut dengan seksama sehingga tidak ada bekas susu mengental yang tertinggal, karena hal tersebut dapat bertahan dari proses sterilisasi. Periksa semua dot dan botol, jika ada goresan atau pecah dapat menjadi sarang bakteri. Lebih baik ganti dengan yang baru jika hal tersebut terjadi.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mensterilkan peralatan makan bayi. Beberapa cara yang paling populer belakangan ini adalah sterilisasi uap listrik dan sterilisasi gelombang mikro. Namun, penggunaan alat tersebut membutuhkan listrik dan harga alatnya tidak murah. Berikut beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan:

  1. Merebus

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga peralatan bayi tetap steril dari virus corona adalah dengan merebusnya. Ibu membutuhkan panci besar dengan tutup dan lebih baik yang baru jika ada. Pastikan untuk tidak menggunakan panci tersebut untuk kegiatan apa pun selain mensterilkan peralatan makan bayi ibu.

Isi panci dengan air dan rendam semua peralatan makan tersebut. Pastikan tidak ada gelembung udara yang tersisa di dalam botol, dot, dan alat lainnya. Tutup panci tersebut dan rebus paling tidak selama 10 menit. Jika ibu melakukan metode ini secara teratur, lebih seringlah memeriksa puting susu secara teratur karena berisiko lebih cepat rusak.

Lalu, jika ibu mempunyai pertanyaan terkait cara menjaga peralatan bayi tetap steril, dokter anak dari Halodoc dapat memberikan saran secara profesional. Ibu hanya cukup untuk download aplikasi Halodoc di smartphone melalui Apps Store atau Play Store.

Baca juga: Alat-Alat Medis yang Enggak Steril Picu Bakteremia, Benarkah?

  1. Sterilisasi Air Dingin

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menjaga peralatan bayi tetap steril dari virus corona adalah dengan metode air dingin. Metode ini akan menggunakan larutan sterilisasi yang dilarutkan dalam air dingin. Cairan untuk mensterilkan peralatan bayi ini dapat membunuh bakteri dengan sangat efektif.

Ibu dapat membeli alat sterilisasi khusus untuk ini atau menggunakan ember serta wadah plastik yang menggunakan penutup. Namun, jika ibu tidak menggunakan wadah khusus, cobalah untuk tidak menggunakannya kembali untuk sterilisasi. Terkadang, cairan hasil sterilisasi dapat memengaruhi plastik dan mencemarinya.

Masukkan semua peralatan tersebut dan rendam paling tidak 30 menit agar semuanya steril. Pastikan untuk mengikut instruksi pabrik tentang seberapa banyak air dan larutan sterilisasi yang digunakan. Jika tidak sesuai, hal tersebut dapat memengaruhi seberapa ampuh sterilisasi peralatan makan bayi tersebut.

Baca juga: Ini Barang Wajib untuk Bayi Baru Lahir

Itulah beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk menjaga peralatan makan bayi tetap steril agar terhindar dari virus corona. Namun, hal yang paling penting adalah kebersihan dari orangtua bayi saat akan berinteraksi dengan anaknya. Hal tersebut lebih mudah untuk masuk ke tubuh anak dan menyebabkan infeksi setelahnya.

Referensi:
Baby Centre. Diakses pada 2020. Sterilising bottle-feeding equipment.
Minbie. Diakses pada 2020. 4 Safe ways to sterilise your baby's bottles.