03 July 2018

Ini Barang Wajib untuk Bayi Baru Lahir

barang untuk bayi baru lahir, berbelanja kebutuhan bayi, popok

Halodoc, Jakarta – Menyambut kelahiran bayi ialah hal yang sangat menyenangkan bagi semua pihak, baik itu pasangan suami istri selaku calon orangtua atau dari pihak keluarga besar. Namun, bagi ibu yang pertama kali melahirkan, biasanya hal ini juga membuat mereka merasa cemas.

Meski nampak wajar, tapi ada baiknya agar ibu membuang kecemasan tersebut jauh-jauh dan mengalihkan pikiran tersebut dengan belanja. Eittss, bukan sembarang belanja kebutuhan Ibu ya. Belanja yang dimaksud ini ialah belanja beragam kebutuhan bayi yang akan lahir.

Selain membuat ibu terhindar dari kecemasan, berbelanja bersama dengan suami juga akan mempererat hubungan kalian. Bagus jika ibu dan suami telah mengetahui jenis kelamin bayi melalui pemeriksaan USG, sebab dengan begini ibu dapat memilih warna yang sesuai jenis kelamin calon bayi.

Jika ditanya kapan waktu yang tepat untuk belanja kebutuhan bayi baru lahir, maka jawabnya adalah relatif. Ibu bisa menyicil berbelanja kebutuhan bayi dari awal hamil atau jika ibu sudah memiliki budget yang cukup bisa sekalian setelah mengetahui jenis kelamin bayi melalui pemeriksaan USG. Seiring kemajuan teknologi pun, kini ibu juga dapat memilih dan membeli produk bayi melalui situs belanja online.

Nah, berikut ini daftar barang wajib untuk bayi baru lahir:

  1. Popok Kain dan Popok Sekali Pakai

Barang pertama yang wajib ibu beli adalah popok, baik itu popok kain atau popok sekali pakai. Popok ini pun tidak boleh sembarang, pilihlah popok sekali pakai dengan ukuran paling kecil dengan model yang bisa dibuka, bukan model celana. Pastikan juga bahwa popok tersebut memiliki tekstur yang lembut dan mampu menyerap air dengan maksimal.

Untuk persiapan, ibu dapat membeli dua lusin popok kain dan 1 lusin popok sekali pakai. Penggunaan popok sekali pakai pun harus dibatasi juga agar bayi terhindar dari iritasi. Gunakanlah popok sekali pakai hanya saat bepergian ke luar rumah, seperti ke rumah sakit atau puskesmas.

Baca juga: Bayi Pakai Gurita, Perlu Atau Tidak?

  1. Kaus Kaki dan Sarung Tangan

Penggunaan kaus kaki dan sarung tangan untuk bayi ialah untuk menghangatkannya dan juga untuk mencegah bayi tercakar oleh kuku-kukunya sendiri. Untuk jumlahnya, Ibu dapat membelinya sekitar 3 hingga 5 pasang untuk sarung tangan dan kaus kaki.

  1. Topi Bayi

Topi bayi sangat diperlukan untuk melindungi telinganya agar tetap hangat saat pergi ke luar rumah. Pastikan juga agar topi tersebut memiliki bahan yang halus, lembut, dan nyaman dipakai. Ibu dapat membeli 2 hingga 3 topi saja.

  1. Perlak

Perlak berfungsi sebagai alat tidur bayi dan mencegah kasur menjadi kotor dan basah saat bayi mengompol. Perlak berkualitas biasanya terdiri dari dua lapisan yakni lapisan anti air dan microfiber. Meski begitu, saat bayi sudah lahir nanti, ibu harus tetap mengawasi kondisi perlak agar tidak basah yang menyebabkannya masuk angin dan tidak nyaman.

  1. Kelambu

Kelambu berfungsi untuk mencegah bayi dari gigitan nyamuk saat tidur. Belilah kelambu dengan bingkai yang kuat agar tidak mudah rusak.

Perlengkapan bayi baru lahir lain yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan, antara lain:

    • Kain bedong.
    • Baju dan celana bayi.
    • Tempat tidur bayi.
    • Bak mandi.
    • Sabun dan sampo bayi.
    • Handuk.
    • Minyak telon dan minyak kayu putih.
    • Baby oil.
    • Sisir bayi.
    • Tisu, tisu basah, kain kasa, & kapas steril.
    • Cotton budBotol susu & alat pembersihnya.
    • Termometer digital.
    • Keranjang Pakaian Kotor
    • Tas bayi, dan lain-lain.

 

 

Baca juga: 7 Tips Dasar Merawat Bayi Baru Lahir

Saat berbelanja kebutuhan bayi, ibu harus tetap memperhitungkan budget ya dan pastikan ibu hamil tidak mengalami kelelahan. Nah, jika ibu hamil mengalami gangguan kesehatan, Ibu bisa menghubungi dokter tepercaya di aplikasi Halodoc melalui fitur Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!