• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Sakit Gigi saat Hamil

Cara Mencegah Sakit Gigi saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat sedang hamil, kemungkinan besar akan terjadi peningkatan nafsu makan. Hal tersebut dapat disebabkan adanya peningkatan kebutuhan asupan gizi untuk mencukupi pertumbuhan janin. Dengan semakin banyaknya makanan yang dikonsumsi, maka risiko untuk mengalami gangguan pada gigi juga ikut meningkat.

Sakit gigi memang salah satu yang kerap terjadi saat hamil. Maka dari itu, penting untuk memeriksakan bagian dari mulut tersebut agar tidak menimbulkan gangguan. Selain itu, ibu juga dapat mengetahui cara mencegah sakit gigi agar tidak mengganggu selama mengandung. Berikut beberapa cara mencegah sakit gigi saat hamil!

Baca juga: Penanganan Tepat Sakit Gigi saat Hamil

Beberapa Langkah Mencegah Sakit Gigi saat Hamil

Pada wanita yang sedang hamil, penting untuk mengantisipasi beberapa gangguan yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman selama masa mengandung. Salah satu gangguan yang dapat timbul adalah sakit gigi. Selain pola makan yang meningkat, hal ini juga dapat disebabkan perubahan hormon estrogen dan progesteron.

Seseorang yang mengalami hal tersebut dapat membuat plak giginya lebih rentan. Penumpukan plak tersebut dapat menjadi masalah utama terjadinya perdarahan dan peradangan pada gusi, yang disebut juga dengan gingivitis. Jika gangguan ini sudah dalam tahap yang parah, wanita hamil mungkin saja mengalami sakit gigi karena kelainan pada bagian periodontal.

Salah satu penyakit periodontal yang dapat terjadi pada seseorang adalah infeksi gusi yang serius. Hal tersebut dapat menimbulkan sakit gigi hingga infeksi gusi yang serius. Jika tidak dicegah, pengidapnya dapat merasakan hancur pada tulang yang menopang gigi hingga kehilangan gigi. Berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk mencegah sakit gigi saat hamil:

  1. Tetap Rutin Menjaga Kesehatan Gigi

Salah satu cara mencegah sakit gigi saat hamil yang dapat dilakukan adalah tetap rutin menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Memang, saat hamil wanita lebih mudah untuk lelah sehingga mudah lupa untuk menyikat gigi. Sebaiknya ibu tetap melakukan rutinitas baik tersebut dengan cara menyikat gigi dua kali sehari. Pastikan menggunakan pasta gigi berfluoride dan obat kumur agar mencegah gigi berluban dan membuat gigi lebih kuat.

Baca juga: Ibu Hamil Sakit Gigi, Ini Penyebabnya

  1. Bersihkan Mulut Setelah Muntah

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit gigi saat hamil adalah dengan memastikan membersihkan mulut setelah muntah. Ketika muntah, asam lambung akan dibawa ke luar dari perut dan dapat tertinggal pada gigi. Dengan rajin membilas mulut atau berkumur setelahnya dapat memastikan gigi bersih dari cairan asam tersebut. Namun, jangan langsung menyikat gigi setelahnya karena dapat menimbulkan hal yang berbahaya.

  1. Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Gigi

Penting untuk memeriksakan gigi dan gusi ibu saat hamil untuk mengetahui perawatan yang tepat agar gangguan tidak terjadi. Pastikan untuk membuat rencana terkait perawatan gigi yang lebih baik selama kehamilan. Selain itu, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan yang manis dan kaya karbohidrat. Rubahlah camilan saat hamil dengan yang sehat, seperti sayur dan buah.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit gigi saat hamil. Dengan melakukan beberapa kebiasaan baik tersebut, diharapkan tidak terjadi gangguan pada area mulut. Semua orang tahu jika rasa sakit yang timbul karena penyakit pada gigi dapat sangat mengganggu. Pastikan selalu menghindari gangguan tersebut.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dilakukan saat Hamil

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara mencegah sakit gigi saat hamil. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk kemudahan akses kesehatan saat hamil.

Referensi:
NHS. Diakses pada 2020. Teeth and gums in pregnancy.
Health Line. Diakses pada 2020. Why Teeth Pain During Pregnancy Is a Thing — and What You Can Do About It.