• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menggunakan Kondisioner agar Tak Merusak Rambut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menggunakan Kondisioner agar Tak Merusak Rambut

Cara Menggunakan Kondisioner agar Tak Merusak Rambut

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Oktober 2022

“Agar rambut lembut dan cantik, cara menggunakan kondisioner harus benar. Jadi, pastikan menggunakannya sesuai petunjuk.”

Cara Menggunakan Kondisioner agar Tak Merusak RambutCara Menggunakan Kondisioner agar Tak Merusak Rambut

Halodoc, Jakarta – Meski kelihatannya mudah, cara menggunakan kondisioner haruslah tepat agar manfaatnya maksimal. Salah-salah, kamu mungkin saja tidak mendapatkan rambut yang lembut dan sehat seperti yang diinginkan. 

Mau tahu seperti apa cara menggunakan produk perawatan rambut ini dengan benar? Yuk simak tipsnya!

Begini Cara Menggunakan Kondisioner yang Benar

Kondisioner adalah salah satu produk yang kebanyakan orang tidak tahu cara menggunakannya dengan benar. Mencapai keseimbangan yang tepat itu penting, karena menggunakan terlalu banyak akan membebani rambut, sedangkan menggunakan terlalu sedikit tidak akan menghasilkan apa-apa.

Berikut ini cara menggunakan kondisioner dengan benar:

1. Bilas Sampo secara Menyeluruh

Rambut membutuhkan kelembapan agar terlihat dan terasa lebih baik. Namun, agar kondisioner bisa bekerja secara efektif memberi kelembapan, pertama-tama kamu harus membilas sampo secara menyeluruh. 

Sisa kotoran, minyak, keringat, atau produk lain pada rambut dapat mencegah kondisioner menghaluskan kutikula dan melembutkan serat rambut. 

2. Gunakan Jumlah Kondisioner yang Disarankan

Ada banyak faktor yang menentukan seberapa banyak kondisioner yang dibutuhkan. Termasuk panjang dan jenis rambut. Karena setiap produk bisa berbeda-beda, pastikan kamu membaca aturan penggunaan yang direkomendasikan pada kemasan. 

3. Memakai Kondisioner dari Ujung Rambut

Saat mempelajari cara menggunakan kondisioner, satu aturan penting yang perlu diingat adalah jangan pernah mengaplikasikannya ke kulit kepala. Alasan di balik ini adalah karena kulit kepala menghasilkan minyak alami untuk menjaga kelembapannya sendiri.

Sementara bagian tengah dan ujung rambut tidak menerima pelembap apa pun. Oleh karena itu, mulailah menggunakan kondisioner dari bagian ujung. Jika kamu memiliki rambut panjang, mulailah menerapkan dari tingkat dagu dan bergerak ke arah ujung rambut. 

4. Biarkan Kondisioner Selama 1 hingga 3 Menit

Kebanyakan orang mungkin percaya bahwa membiarkan kondisioner pada rambut selama satu menit lebih dari cukup, itu tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya, itu tergantung pada kondisioner yang kamu gunakan. 

Setiap kondisioner diformulasikan secara berbeda, dan waktu pengaplikasiannya juga berbeda. Bacalah instruksi pada botol untuk mengetahui cara menggunakan produk dan biarkan kondisioner selama waktu yang disebutkan.

5. Jangan Membilas Sepenuhnya

Jika kamu memiliki rambut kering dan keriting, bereksperimenlah dengan meninggalkan sisa kondisioner pada helaian rambut. Saat kamu membilas rambut, sisakan lapisan yang terasa lembut dan halus, dalam kondisi tidak terbilas sepenuhnya. 

Untuk tahu seberapa banyak kondisioner yang perlu disisakan di helaian rambut, kamu perlu bereksperimen sendiri. Sebab, setiap produk kondisioner dan jenis rambut orang berbeda-beda.  

Salah satu metode untuk membilas kondisioner sambil menyisakan sedikit air adalah dengan mengumpulkan air di telapak tangan saat membilas produk. Saat melakukan ini, kamu akan terus-menerus meremas konditioner yang larut dalam air kembali ke untaian rambut. 

Ini membantu kamu memiliki kontrol lebih besar atas jumlah produk yang tersisa dan di area mana yang ingin dibuat lebih lembap dan lembut.  

6. Coba Co-Wash

Jika kamu memiliki rambut yang sangat kering, salah satu metode yang bisa kamu coba adalah co-wash atau conditioner-washing. Ini adalah keramas atau mencuci rambut tanpa menggunakan sampo, melainkan hanya kondisioner.

Co-wash dilakukan untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap ternutrisi dan mencegah minyak alami terkelupas oleh sampo yang digunakan. Ini adalah metode yang mungkin masih belum populer, tapi cukup efektif untuk orang dengan rambut yang sangat kering. 

Meski begitu, jika rambut mulai terasa terlalu berminyak, sebaiknya kamu tetap keramas dengan sampo, ya. Namun, pilihlah sampo bebas sulfat, agar rambut tidak menjadi kering. 

Itulah beberapa tips dan cara menggunakan kondisioner dengan benar, agar rambut cantik dan lembut. Jika kamu mengalami masalah pada kesehatan rambut, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter.

Referensi:
Be Beautiful. Diakses pada 2022. Your Guide To Using Conditioners The Right Way.
Mind Body Green. Diakses pada 2022. How To Use Conditioner: 7 Expert-Approved Tips For Leave-Ins, Masks & More.