Ketahui Cara Terbaik Merawat Rambut Kering

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Juni 2021
Ketahui Cara Terbaik Merawat Rambut KeringKetahui Cara Terbaik Merawat Rambut Kering

“Rambut kering disebabkan karena rambut tidak mendapatkan cukup kelembapan. Berkurangnya kelembapan pada rambut bisa disebabkan oleh pertambahan usia, cuaca, paparan sinar matahari,  perawatan rambut dan aktivitas tertentu. Kamu bisa menggunakan sampo, kondisioner, atau minyak rambut untuk mengatasi rambut kering. “

Halodoc, Jakarta – Rambut yang kering pastinya terlihat kusam dan rentan mengalami kerontokan. Bukan hanya wanita saja, pria pun ternyata lebih rentan mengalami rambut kering. Kondisi rambut kering disebabkan karena rambut tidak mendapat kelembapan yang cukup. Berkembangnya kelembapan rambut ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi paling sering disebabkan oleh pertambahan usia. 

Rambut terdiri dari tiga lapisan. Nah, rambut yang sehat normalnya akan mengeluarkan minyak alami di lapisan luar untuk membantu melindungi lapisan dalam. Minyak alami ini juga memantulkan cahaya yang membuat tampak berkilau. Saat rambut kering, lapisan luarnya rusak sudah rusak, sehingga tampak kusam dan tidak sehat.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Rambut Kering atau Berminyak

Tips Merawat Rambut Kering

Sebagian besar orang berpikir bahwa keramas sangat penting untuk membersihkan rambut dari kotoran. Ini memang benar. Namun, jika keramas dilakukan terlalu sering sampai setiap hari justru dapat menghilangkan minyak-minyak alami di rambut. Maka dari itu, sebaiknya keramas hanya sekali atau dua kali seminggu saja sudah cukup. Lebih baik lagi, oleskan minyak rambut atau gunakan kondisioner untuk menambah kilau dan kelembutan.

Melindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari juga penting. Pastikan kamu mengenakan topi saat pergi ke luar ruangan dan hindari paparan jangka panjang terhadap udara kering atau berangin. Sebisa mungkin hindari rambut dari klorin dan air garam saat berenang dengan menggunakan topi renang. 

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Rambut Bercabang

Jika ternyata rambut kering yang kamu alami disebabkan oleh kondisi medis, bicarakan dengan dokter terkait obat-obatan atau perawatan lain untuk mengatasinya. Rambut biasanya membaik ketika kondisi yang kamu alami telah ditangani dengan tepat. Berikut tips perawatan rambut kering lainnya yang bisa kamu coba:

  • Sampo dan produk rambut lain yang dibuat khusus untuk membantu mengeringkan rambut biasanya mengandung detergen lebih sedikit.
  • Produk rambut yang mengandung alkohol dapat membuat rambut menjadi kering. Jadi saat membeli produk rambut, baca labelnya terlebih dahulu dan hindari memilih yang ada kandungan alkoholnya. 
  • Gunakan minyak alami seperti minyak kelapa atau jojoba dan pijat dengan lembut.
  • Pangkas ujung yang bercabang supaya membuat rambut terasa lebih halus.
  • Konsumsi zat besi, vitamin D, folat, vitamin B12, dan selenium dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Berbagai Penyebab Rambut Kering

Rambut kering bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan, kebiasaan perawatan rambut, dan kondisi kesehatan fisik seseorang. Beberapa kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan rambut kering, antara lain iklim yang kering dan panas, sering terpapar sinar matahari, serta sering berenang di air yang asin atau mengandung klorin.

Selain kondisi lingkungan, perawatan rambut yang bisa menyebabkan rambut kering adalah penggunaan sampo, kondisioner, atau produk rambut yang mengandung bahan kimia keras, terlalu sering mencuci rambut, penggunaan hair dryer, pengeriting rambut, dan pelurus rambut. 

Baca juga: Kesalahan Umum pada Perawatan Rambut

Dalam beberapa kasus, rambut kering juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan seperti anoreksia nervosa, hipoparatiroidisme, hipotiroidisme, dan sindrom Menkes. Hubungi dokter di Halodoc untuk mengetahui informasi mengenai kondisi ini. Tanpa perlu repot, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kapan dan di mana saja melalui Chat atau Voice/Video Call. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Why Do I Have Dry Hair?
WebMD. Diakses pada 2021. Dry Hair: Symptoms, Causes, and Treatments.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan