Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Menjadi Penggangguran

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Juli 2021
Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Menjadi PenggangguranCara Menjaga Kesehatan Mental saat Menjadi Penggangguran

“Pandemi COVID-19 tidak hanya memberi dampak merugikan bagi kesehatan tubuh saja, tapi juga perekonomian masyarakat. Banyak yang terpaksa menjadi pengangguran akibat dampak pandemi. Meskipun harus menjadi pengangguran, kamu dianjurkan tetap menjaga kesehatan mental. Karena dengan mental yang sehat, kamu mampu melakukan maksimal dalam berusaha untuk menghadapi hidup dan mencari pekerjaan baru.”

Halodoc, Jakarta – Masa pandemi yang sampai saat ini belum juga berakhir, memberikan dampak yang cukup besar pada perekonomian masyarakat. Banyak tempat usaha maupun perusahaan yang mengalami penurunan omset dan kerugian, sehingga akhirnya terpaksa harus mengurangi jumlah karyawan.

Akibatnya, tidak sedikit orang yang menjadi pengangguran pada masa pandemi ini. Kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba tentu bisa membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi stres. Selain harus memikirkan cara untuk tetap bertahan hidup, kondisi hanya berada di rumah saja dan menganggur juga bisa membuat seseorang menjadi down, merasa malu, rendah diri, putus asa, bahkan tidak jarang depresi.

Meskipun tidak mudah, kamu dianjurkan untuk sebisa mungkin tetap menjaga kesehatan mental ketika harus menjadi pengangguran. Memiliki kondisi mental yang baik membuat kamu bisa tetap memiliki pikiran yang positif dan semangat untuk bangkit dan kembali berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang baru.

Baca juga: Kenali Dampak Pengangguran Bagi Kesehatan Mental

Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Menganggur

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental tetap baik selama masa sulit:

  1. Jangan Menutup Diri

Wajar bagi orang yang kehilangan pekerjaan untuk merasa malu, sehingga akhirnya lebih memilih untuk menarik diri dari teman-teman dan keluarga. Membicarakan secara terbuka tentang kondisi kamu saat ini yang sedang menganggur pada orang lain memang tidak mudah, karena pasti ada perasaan cemas atau khawatir akan direndahkan, dan lain-lain.

Namun, membuka diri kepada teman-teman atau keluarga terdekat yang benar-benar mendukung bisa memberi pengaruh besar bagi kesehatan mental. Jadi, sebaiknya jangan menutup diri.

Tetaplah berhubungan dengan orang-orang terdekat yang sungguh-sungguh peduli dan tulus untuk mendukung kamu. Namun, mengingat saat ini pandemi belum berakhir, kamu bisa berhubungan dengan teman dan keluarga secara virtual saja ya. 

  1. Jalani Rutinitas Harian dengan Baik

Malas-malasan di tempat tidur sepanjang hari, tidak makan tepat waktu, dan menghindari tanggung jawab rutin hanya akan memberi dampak buruk pada kesehatan tubuh kamu dan membuat kamu semakin merasa tidak berguna.

Jadi, tetap bangun pagi pada waktu yang sama saat kamu masih bekerja dulu setiap hari, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat secara teratur dan meluangkan waktu untuk berolahraga setiap hari. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih baik dan semangat. 

Baca juga: Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Selama PPKM

  1. Tetapkan Target untuk Mencari Pekerjaan

Mencari pekerjaan memang sulit dan bisa membuat kamu stres. Namun, menjadi pengangguran membuat kamu mungkin memiliki tekanan yang lebih besar untuk terus menerus mencari pekerjaan.

Akibatnya, kamu mungkin akan memperbaiki surat lamaran kamu berulang kali, menjadi overthinking bila belum kunjung mendapatkan pekerjaan atau terobsesi memeriksa email untuk mengetahui apakah ada balasan dari perusahaan tempat kamu melamar. 

Berusaha mencari pekerjaan setiap hari memang penting, tapi jangan lupa juga untuk tetap meluangkan waktu untuk beristirahat, bersantai, dan bersenang-senang. Tidak memiliki pekerjaan bukan berarti kamu harus menyiksa diri.

  1. Luangkan Waktu untuk Latihan Fisik

Berolahraga sudah diketahui menjadi cara yang efektif untuk meredakan gejala stres, kecemasan, dan depresi. Jadi, luangkanlah waktu untuk berolahraga setiap hari agar kebugaran tubuh dan kesehatan mental tetap terjaga.

Baca juga: 5 Olahraga yang Efektif Redakan Stres

Bila kamu mengalami gejala-gejala depresi, seperti kehilangan nafsu makan, insomnia, kehilangan minat melakukan kegiatan yang dulunya disukai, sebaiknya segera cari bantuan profesional. Kamu bisa menghubungi psikolog melalui aplikasi Halodoc untuk menceritakan perasaan kamu.

Tidak perlu malu, kamu bisa menghubungi psikolog terpercaya dari Halodoc kapan saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
MindWise. Diakses pada 2021. How to Take Care of Your Mental Health When You’re Unemployed.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan