Cara Menjinakkan Anjing Doberman Agar Patuh dan Menurut

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 Oktober 2021
Cara Menjinakkan Anjing Doberman Agar Patuh dan MenurutCara Menjinakkan Anjing Doberman Agar Patuh dan Menurut

“Doberman perlu diberi pelatihan untuk menjadi anjing penjaga yang patuh dan menurut. Jangan khawatir, jenis dan cara pelatihan yang diberikan untuk anjing ini sebenarnya tidaklah sulit. Kamu bisa melatih anjing secara mandiri di rumah, asalkan mengetahui tipsnya.

Halodoc, Jakarta – Doberman adalah jenis anjing yang sering dijadikan sebagai anjing penjaga. Maka dari itu, pelatihan perlu diberikan agar anjing Doberman bisa melakukan tugasnya dengan baik, serta menjadi anjing yang patuh dan menurut. Dengan begitu, tugasnya sebagai anjing penjaga bisa dilakukan secara penuh dan sesuai dengan instruksi yang diberikan. 

Lantas, bagaimana cara melatih ras anjing yang satu ini? Tidak perlu khawatir! Jika kamu baru pertama kali atau belum berpengalaman melatih anjing, Doberman bisa menjadi pilihan yang cocok. Pasalnya, jenis anjing yang satu ini secara natural memiliki kecerdasan yang luar biasa. Ras anjing ini bahkan disebut berada di peringkat kelima anjing terpintar. 

Baca juga: Ketahui 7 Ras Anjing yang Paling Pintar di Dunia

Tips Melatih Anjing Doberman di Rumah 

Seperti dikatakan sebelumnya, Doberman merupakan jenis anjing yang cerdas. Karena itu, memberi pelatihan pada jenis anjing ini sepertinya bukanlah hal yang sulit. Namun jangan salah, ternyata ada trik tertentu yang perlu dilakukan jika kamu ingin membuat anjing ini menjadi patuh dan penurut. Salah satu caranya adalah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mulai memberi pelatihan. 

Kapan waktunya memulai latihan untuk jenis anjing ini? Jawabannya sesegera mungkin. Jika kamu mengadopsi anjing ini, mulailah lakukan pendekatan segera setelah anjing dibawa ke rumah. Lakukan hal-hal tertentu secara berulang, agar anjing mengenalinya dan menjadi terbiasa mengikuti perintah tersebut. Salah satu cara sederhana adalah dengan memanggil Namanya secara konsisten dan terus-menerus. 

Buatlah anjing peliharaan mengerti, bahwa saat Namanya dipanggil, artinya ia harus mendatangi asal suara. Semakin lama, anjing Doberman akan terbiasa dan bisa mengikuti perintah sederhana ini. Selain itu, kamu juga bisa mulai memberikan jenis pelatihan sederhana lainnya, seperti latihan duduk, berdiri, makan, berlari, atau mengejar benda tertentu. 

Dengan melakukan hal-hal sederhana seperti ini, kamu sudah melatih anjing untuk memusatkan perhatian dan mengikuti perintah yang dilakukan. Anjing Doberman juga cenderung menyukai hal yang menyenangkan dan menantang. Maka dari itu, buatlah sesi latihan menjadi kegiatan favorit anjing ini, sehingga akan lebih mudah membuatnya menjadi patuh dan penurut. 

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Anjing Penjaga Rumah yang Terkenal Setia

Kunci Sukses Melatih Anjing Peliharaan 

Selain memberikan perintah secara berulang-ulang, ada satu tips penting yang harus diingat jika ingin sukses melatih anjing Doberman. Prinsip dasar dalam melatih jenis anjing ini adalah selalu memberikan perintah verbal bersamaan dengan isyarat visual. Misalnya, jika ingin memanggil anjing untuk mendekat, biasakan untuk menyebut namanya dan dibarengi dengan lambaian tangan. 

Dan sekali lagi, lakukan perintah yang sama atau konsisten secara berulang-ulang. Hal ini bisa membantu anjing mudah mengenali perintah dan memperkuat perilakunya. Selain itu, seperti kebanyakan jenis anjing lainnya, Doberman juga menyukai perhatian dan hadiah. Jika anjing ini berhasil melakukan sebuah perintah dengan baik, jangan lupa untuk memujinya. 

Berikan sentuhan fisik yang menyenangkan atau sekadar pujian “good boy” sambal mengelus bulunya. Sesekali, tidak ada salahnya juga untuk memberi hadiah, seperti makanan enak untuk anjing. Hal ini bisa memotivasinya untuk terus melakukan latihan dan menjadi anjing yang patuh serta penurut. 

Baca juga: 6 Hal yang Menyebabkan Anjing Menjadi Agresif

Cek kebutuhan makanan sehat dan vitamin untuk anjing peliharaan di aplikasi Halodoc. Pilih produk yang dibutuhkan, dan pesanan akan dikirim segera ke rumah. Dengan layanan antar, tidak perlu repot lagi untuk menemukan produk terbaik. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Doberman Planet. Diakses pada 2021. How to Train a Doberman: The Complete Guide. 
Doglime. Diakses pada 2021. Doberman Pinscher Training. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan