• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Hal yang Menyebabkan Anjing Menjadi Agresif

6 Hal yang Menyebabkan Anjing Menjadi Agresif

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Anjing dikenal sebagai hewan peliharaan yang bisa saja memiliki karakter liar, galak, bahkan agresif. Namun, biasanya anjing yang dijadikan peliharaan sudah menjalani berbagai pelatihan sebelumnya agar lebih jinak. Meski begitu, kenapa anjing peliharaan masih saja sering terlihat galak bahkan tiba-tiba menjadi agresif? 

Ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab anjing peliharaan tiba-tiba menjadi lebih agresif. Ternyata, faktor pelatihan yang diterima anjing, tempat pelatihan, jenis kelamin anjing, hingga usia pemilik anjing bisa memengaruhi tingkat agresi pada anjing peliharaan. Biar lebih jelas, cari tahu lebih lanjut seputar kemungkinan penyebab anjing menjadi agresif di artikel berikut ini! 

Baca juga: Cara Tepat Merawat Anjing Senior Peliharaan

Anjing Agresif dan Penyebabnya 

Kamu mungkin berpikir bahwa tingkat agresif seekor anjing pasti ditentukan oleh jenis atau rasnya. Sebenarnya tidak salah, tetapi jenis anjing hanyalah satu dari banyak faktor yang bisa memengaruhi hal tersebut. Artinya, masih ada sejumlah faktor lain yang bisa menjadi penyebab anjing menunjukkan karakter agresif atau galak. 

Sebuah penelitian menemukan ternyata anjing peliharaan bisa menjadi agresif karena faktor usia pemiliknya, pelatihan yang diterima, tempat pelatihan, serta jenis kelamin anjing. Agresif pada anjing adalah hal yang sebenarnya kompleks, sehingga penyebabnya mungkin berbeda dan bisa muncul tergantung situasi atau hal-hal tertentu. 

Ada beberapa faktor yang diduga bisa menjadi penyebab anjing peliharaan menjadi lebih agresif, di antaranya: 

1.Usia Pemilik 

Mungkin tidak banyak yang menyangka, usia pemilik anjing peliharaan ternyata bisa memengaruhi dan membuat anjing menjadi agresif. Anjing peliharaan yang dirawat orang berusia di bawah 25 tahun disebut memiliki peluang agresif hingga dua kali lebih besar, jika dibandingkan dengan pemilik anjing yang berusia di atas 40 tahun. 

2.Jenis Kelamin Anjing 

Jenis kelamin anjing ternyata juga berpengaruh. Anjing jantan yang disteril disebut dua kali lebih mungkin agresif jika dibandingkan dengan anjing betina yang juga disteril. Namun, tidak ditemukan ada perbedaan signifikan tingkat agresi pada anjing yang disteril dengan anjing yang tidak disteril. 

Baca juga: Begini Cara Mencegah Flu pada Anak Anjing Peliharaan

3.Pelatihan

Anjing peliharaan juga bisa menjadi lebih agresif jika tidak dilatih dengan baik. Sebaliknya, mengikuti pelatihan bisa membantu menurunkan kemungkinan agresif pada anjing hingga satu setengah kali. 

4.Pola Pelatihan 

Pelajaran dan pola pelatihan yang didapat anjing peliharaan ternyata juga berpengaruh. Anjing yang dilatih dengan menggunakan hukuman dan hal-hal negatif cenderung akan mengembangkan karakter agresif. Biasanya, anjing yang mengalami hal ini akan menjadi lebih agresif pada orang asing. 

5.Asal-usul Anjing 

Faktor lain yang bisa menyebabkan anjing tiba-tiba agresif adalah asal-usulnya. Anjing yang diperoleh dari tempat penyelamatan hewan dan sumber lain jauh lebih mungkin agresif daripada anjing yang dibeli dari peternak.

6.Sakit 

Anjing peliharaan juga bisa tiba-tiba agresif jika sakit, misalnya distemper. Penyakit ini menyerang semua jaringan yang ada di dalam tubuh anjing. Salah satu gejalanya adalah anjing menjadi lebih agresif. Penyakit ini masuk melalui pernapasan dan mempunyai beberapa fase. Pada fase awal, gejalanya menyerupai flu berat yang disertai demam, baru diikuti dengan fase berikutnya berupa muntah-muntah, demam tinggi, diare, perilaku yang agresif, dan penebalan atau pengelupasan hidung serta telapak kaki.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Kontrol Parasit pada Anjing Peliharaan?

Itulah sejumlah faktor yang bisa menyebabkan anjing peliharaan tiba-tiba agresif. Namun, jika anjing semakin agresif dan tidak terkontrol serta mengindikasikan gangguan kesehatan, coba diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan pada dokter dan cari tahu apa masalah yang mungkin terjadi pada anjing peliharaan. Download aplikasi Halodoc di sini!

Referensi
Pets WebMD. Diakses pada 2020. What Makes an Aggressive Dog?
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Vaksin Wajib untuk Anak Anjing.