• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar bagi Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar bagi Pemula

Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar bagi Pemula

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 08 Agustus 2021
Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar bagi Pemula

“Melihat ikan hias air tawar yang berwarna-warni dalam akuarium tentunya membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Namun, sebaiknya jangan asal dalam merawat ikan hias air tawar. Asal-asalan dalam melakukan perawatan dapat menyebabkan ikan cepat mati. Pastikan kondisi akuarium baik, tepat dalam pemberian pakan, dan perhatikan kondisi air menjadi hal penting dalam merawat ikan hias.”

Halodoc, Jakarta – Ada banyak hal yang bisa kamu rasakan ketika memutuskan untuk memelihara ikan hias air tawar di rumah. Mulai dari menurunkan tingkat stres, menjaga tekanan darah, hingga meningkatkan kualitas tidur. Berbagai jenis ikan hias air tawar yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menambah keindahan rumah.

Baca juga: Jenis Ikan Hias yang Mudah untuk Dipelihara

Namun, jangan asal dalam merawat dan memelihara ikan hias di rumah. Perawatan yang salah bisa membuat ikan hias mati dan akuarium pun menjadi kotor. Simak berbagai cara merawat ikan hias di tawar bagi pemula di rumah agar kesehatan ikan dapat terjaga dengan baik.

  1. Pilihlah Akuarium yang Tepat untuk Ikan Hias

Sebaiknya pilihlah ukuran akuarium yang tepat untuk memelihara ikan hias di rumah. Bukan hanya memikirkan jenis ikan yang akan kamu pelihara, melainkan juga pastikan jumlah ikan dan sifat ikan hias yang akan diletakkan dalam satu akuarium. 

Hal ini menghindari jumlah ikan terlalu banyak dalam akuarium dan mencegah perkelahian antar beberapa jenis ikan hias yang memang tidak dapat hidup berdampingan. Untuk itu, pastikan ukuran akuarium yang kamu beli secara tepat.

  1. Pastikan Kondisi Air dalam Akuarium

Selain ukuran akuarium, kamu perlu memastikan kondisi air yang akan digunakan. Beberapa jenis air di rumah memiliki sifat asam yang berbeda. Penting untuk memastikan kadar pH yang tepat agar ikan dapat hidup dengan baik. Kamu bisa membeli alat untuk menguji pH air. 

Ikan hias air tawar biasanya dapat hidup sehat dengan tingkat pH yang berada di antara 6,8 hingga 7,5. Kadar pH tersebut membuat ikan hias dapat hidup dengan nyaman sehingga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. 

Selain kadar pH, jangan lupa untuk memastikan suhu air berada di suhu normal. Tempatkan akuarium pada lokasi yang tidak dapat mengalami perubahan suhu dengan cepat. Ikan hias air tawar dapat hidup nyaman dengan suhu di antara 22 – 27 derajat Celcius.

Baca juga: Benarkah Mengganti Air Akuarium Berisiko Sebabkan Ikan Hias Cepat Mati?

  1. Beri Makan sesuai dengan Kebutuhan

Jenis dan seberapa banyak pakan berikan untuk ikan hias air tawar juga dapat menentukan kesehatannya. Sebaiknya cari tahu jenis pakan yang dikonsumsi oleh ikan hias di rumah. Berikan pakan sesuai dengan jenis ikan.

Selain itu, hindari memberikan pakan ikan terlalu banyak. Kondisi ini membuat akuarium menjadi lebih cepat kotor yang memicu berbagai penyakit pada ikan, salah satunya infeksi jamur dan bakteri.

Jangan jadikan ukuran akuarium sebagai acuan banyaknya pakan yang diberikan. Namun, pastikan jumlah ikan yang ada di dalam akuarium.

  1. Pelihara Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dirawat

Saat pertama kali memelihara ikan hias, tidak ada salahnya untuk memilih jenis-jenis ikan yang perawatannya terbilang mudah. Ikan neon, guppy, Black Molly, dan Angelfish menjadi beberapa jenis ikan hias air tawar yang cukup mudah untuk dipelihara. 

Namun, perhatikan sifat dan jenis ikan hias yang akan kamu pelihara. Misalnya, saat ingin memelihara jenis ikan Angelfish, sebaiknya jangan terlalu banyak menggabungkannya dengan jenis ikan lain dalam akuarium yang sama. Jenis ikan ini bisa berkelahi untuk menentukan wilayah mereka. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Memelihara Ikan Baik untuk Kesehatan Mental

Memelihara ikan hias air tawar memang sangat menyenangkan. Warnanya yang indah dan geraknya yang lincah tentunya membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Segera tanyakan langsung pada dokter hewan ketika kamu menemukan beberapa perubahan pada ikan hias kesayanganmu.

Mulai dari gangguan keseimbangan, luka pada tubuh ikan, hingga perubahan warna yang menjadi lebih kusam. Kondisi tersebut bisa menandakan adanya gangguan kesehatan pada ikan hias. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play untuk mengatasi gangguan kesehatan pada ikan.

Referensi:
Petco. Diakses pada 2021. How to Take Care of Freshwater Aquatic Life: Tips For New Fish Parents.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. What to Know Before Buying an Aquarium?
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Water Changes in Your Aquarium.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Feeding Your Aquarium Fish.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Low Maintenance Freshwater Fish for Beginners.