Ini 11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Februari 2024

"Flek hitam terbentuk ketika kulit terlalu banyak memproduksi zat melanin sehingga memicu hiperpigmentasi. Sebelum mencoba obat-obatan, kamu bisa memanfaatkan bahan alami seperti lidah buaya, teh hijau, hingga kunyit.”

Ini 11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara AlamiIni 11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Halodoc, Jakarta – Flek hitam bisa sangat mengganggu penampilan sehingga menurunkan rasa percaya diri. Sebelum mencoba perawatan dokter, tak sedikit orang yang memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah kulit ini. 

Dengan perawatan yang tepat dan penggunaan bahan alami, kamu dapat mencapai kulit wajah yang lebih bersih dan bebas dari flek hitam. 

Lantas, apa saja sih penyebab dan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami?

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami:

1. Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki efek menenangkan dan mendinginkan kulit, serta membantu meratakan warna kulit.

Melansir dari jurnal dengan judul On The Novel Action of Melanolysis by a Leaf Extract of Aloe vera and Its Active Ingredient Aloin, Potent Skin Depigmenting Agents, dalam Planta Medica, lidah buaya mengandung aloin yang memiliki berbagai khasiat bagi kulit.

Senyawa tersebut mampu mencerahkan kulit akibat hiperpigmentasi sehingga dapat memudarkan flek hitam pada wajah. Itu sebabnya, lidah buaya bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami.

Oleskan gel lidah buaya segar pada area flek hitam dan biarkan meresap beberapa waktu. Setelah meresap, bilas wajah sampai bersih.

Kamu juga sebaiknya Hindari 4 Kebiasaan yang Dapat Memicu Munculnya Flek Hitam.

2. Teh hijau

Menurut studi di Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, berjudul Cosmeceuticals for Hyperpigmentation: What is Available?, penggunaan ekstrak teh hijau secara rutin mampu mencerahkan flek hitam. Hal ini karena kandungan dalam teh hijau memiliki sifat depigmentasi sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah.

Kamu bisa menggunakan air rebusan teh hijau dan oleskan pada wajah secara rutin. Setelah mengering, bilas menggunakan air. Jangan lupa gunakan pelembap untuk membuat kulit menjadi lebih sehat.

3. Sari tomat

Tomat mengandung likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencerahkan kulit.

Hal ini terdapat dalam British Journal of Dermatology, dengan judul Tomato Paste Rich in Lycopene Protects Against Cutaneous Photodamage in Humans in vivo: a Randomized Controlled Trial.

Manfaat tomat dapat terasa akibat tingginya kandungan likopen pada tomat yang bisa membantu melindungi dan mencerahkan kulit.

Kamu bisa menggunakan sari tomat segar pada wajah sebagai toner alami. Caranya, siapkan tomat yang sudah agak lembek. Hancurkan sampai keluar sari-sarinya.

Kemudian, oleskan sari tomat ke wajah sampai merata. Biarkan mengering lalu bilas wajah sampai bersih.

4. Yoghurt dan lemon

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami juga bisa dengan memanfaat kedua bahan ini. Bahan pertama yang bisa kamu coba adalah yoghurt dan lemon.

Buat masker dari bahan ini sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Asam laktat dalam yoghurt bisa menjadi zat pencerah kulit alami

Sedangkan kandungan vitamin C dalam lemon bisa mengurangi pigmentasi. Untuk membuat masker ini, campurkan yoghurt, lemon dan tepung gram sampai berbentuk pasta. 

Campuran tepung gram ini bisa menjadi scrub alami sehingga membantu proses pengelupasan kulit. Hal ini bisa menjadi cara agar flek hitam di wajah cepat mengelupas sehingga mengurangi hiperpigmentasi. 

Setelah jadi, oleskan ke seluruh wajah leher, dan area bermasalah lainnya. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas.

5. Madu

Jika kamu sedang mencari cara menghilangkan flek hitam dalam 1 hari, kamu bisa mencoba masker madu. Namun, cara ini tidak bisa menjamin flek akan hilang seketika. Agar hasilnya maksimal, kamu perlu rutin melakukan perawatan wajah ini. 

Madu mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa membantu meredakan peradangan dan mencerahkan kulit. Untuk membuat masker, campurkan madu murni dengan bahan alami lainnya seperti yogurt atau tepung beras.

Aduk seluruh bahan tersebut sampai menjadi pasta. Kemudian, oleskan ke bagian wajah yang mengalami flek hitam. Biarkan selama 3-5 menit, lalu bilas sampai bersih. 

6. Pepaya

Kandungan enzim papain dalam pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Kamu bisa menggunakan buah ini sebagai  cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami.

Jika kamu ingin membuat maskernya, siapkan pepaya yang sudah matang. Haluskan pepaya, kemudian oleskan ke wajah selama beberapa menit.

Jika sudah mengering, bilas wajah sampai bersih. 

8. Minyak kelapa

Bahan yang satu ini mengandung asam lemak dan vitamin E yang dapat membantu melembapkan kulit serta meratakan warna kulit. Itulah sebabnya, minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami.

Gunakan minyak kelapa sebagai pelembap alami setelah membersihkan wajah. Kamu bisa menggunakan kapas saat akan mengusapkannya ke kulit wajah.

Jika hasilnya kurang memuaskan, kamu bisa menghubungi Dokter Kulit dan Kelamin di Halodoc untuk mendapatkan solusi perawatan lain yang lebih ampuh.

9. Susu

Bahan selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami adalah susu. Kandungan asam laktatnya bisa membantu mencerahkan warna kulit. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, rendam bola kapas ke dalam susu. Kemudian oleskan ke seluruh area wajah.

Biarkan selama 20-30 menit sampai nutrisinya meresap ke dalam kulit. Jika sudah mengering, bilas wajah sampai bersih. Kamu bisa melakukan perawatan ini 1-2 kali sehari. 

10. Pisang

Bukan hanya untuk menambah tenaga dalam tubuh, nyatanya pisang juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Manfaat ini bisa kamu rasakan karena pisang mengandung retinol dan vitamin A yang mampu mencerahkan kulit.

Kamu bisa menggunakan masker wajah dari pisang yang sudah halus pada wajah. Diamkan beberapa saat hingga kering. Kemudian, bilas menggunakan air.

11. Kunyit

Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang terkenal mampu mencerahkan kulit wajah. Sebab kunyit mengandung antioksidan yang mampu mencerahkan flek hitam. 

Gunakan kunyit sebagai masker wajah. Kamu bisa membuat dengan cara mencampurkan bubuk kunyit dan madu. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit dan jangan biarkan masker kunyit semalaman.

Setelah kering, segera bersihkan masker kunyit. Itulah cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan menggunakan kunyit.

Hal yang perlu ditegaskan, tanyakanlah pada dokter sebelum menggunakan bahan alami di atas.

Terlebih lagi, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Kamu bisa melakukan uji tempel bahan-bahan di atas pada kulit untuk memastikan keamanannya.

Sederet Penyebab Flek Hitam pada Wajah

Setelah mengetahui bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cepat, kamu juga perlu tahu faktor pemicu flek hitam.

Tujuannya agar kamu bisa menghindari atau meminimalisir faktor-faktor ini.

Berikut berbagai faktor penyebab flek hitam:

  • Paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan dapat merangsang produksi melanin dalam kulit, sehingga timbul lah flek hita,.
  • Jerawat, luka, atau peradangan kulit lainnya dapat meningkatkan produksi melanin di area yang terkena. Pada akhirnya, kondisi ini meninggalkan bekas luka berupa noda hitam.
  • Penuaan alami kulit dapat menyebabkan peningkatan produksi melanin dan munculnya noda hitam, terutama pada area yang sering terpapar sinar matahari.
  • Fluktuasi hormon, seperti yang terjadi selama kehamilan, menopause, atau penggunaan kontrasepsi hormonal, dapat memicu hiperpigmentasi.
  • Penggunaan produk kosmetik yang mengiritasi kulit atau tidak cocok dengan jenis kulit  dapat menyebabkan peradangan dan akhirnya meninggalkan noda hitam.
  • Beberapa gangguan pigmen kulit seperti melasma dan lentigo dapat menyebabkan munculnya noda hitam atau bercak cokelat di wajah.
  • Cedera atau peradangan kulit sebelumnya, termasuk bekas luka dan bekas jerawat, dapat mengganggu produksi melanin dan menyebabkan noda hitam.
  • Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia agresif atau tidak aman dapat merusak kulit dan menyebabkan hiperpigmentasi.
  • Stres kronis dapat memicu pelepasan hormon yang dapat mempengaruhi produksi melanin dalam kulit.

Itulah berbagai cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Jangan lupa cari tahu Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Permanen melalui artikel ini!

Jika noda hitam tak kunjung memudar atau semakin bertambah, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di Halodoc. Dapatkan saran terbaik dari ahlinya secara praktis kapan dan di mana saja!

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2024. How Can I Remove Dark Spots at Home Naturally?
Healthline. Diakses pada 2024. How to Treat Skin Hyperpigmentation Naturally.
Skinkraft. Diakses pada 2024. 7 Benefits Of Turmeric For Your Skin & How To Use It.
Planta Medica. Diakses pada 2024. On The Novel Action of Melanolysis by a Leaf Extract of Aloe vera and Its Active Ingredient Aloin, Potent Skin Depigmenting Agents.
Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery dengan judul Cosmeceuticals for Hyperpigmentation: What is Available?
British Journal of Dermatology. Diakses pada 2024. Tomato Paste Rich in Lycopene Protects Against Cutaneous Photodamage in Humans in vivo: a Randomized Controlled Trial.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan