Catat, Ini Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2024

“Cacar air merupakan penyakit yang ditandai dengan lepuhan kulit berisi cairan. Cara mengatasi cacar air bisa menggunakan lotion, oatmeal, baking soda, chamomile dan kompres dingin.”

Catat, Ini Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan HilangCatat, Ini Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

Halodoc, Jakarta – Cacar air termasuk ke dalam jenis penyakit mudah menular. Gangguan ini dipicu oleh infeksi virus varicella zoster melalui percikan ludah atau paparan cairan dari ruam pengidap.

Cacar air menimbulkan gejala berupa lesi kemerahan berisi cairan yang terasa gatal. Adapun gejala lainnya, yakni sakit kepala, rasa lelah berlebihan, demam dan penurunan nafsu makan.

Salah satu cara mengobati cacar air agar cepat kering dan hilang adalah dengan bahan-bahan alami. Di antaranya osion, oatmeal, baking soda, chamomile dan kompres dingin.

Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

Berikut ini beberapa cara untuk mengobati cacar air agar cepat kering dan hilang:

1. Losion Calamine

Losion calamine mengandung seng dioksida atau seng karbonat yang efektif mengurangi rasa gatal dan peradangan di kulit. Oleskan tipis-tipis secara merata dan hindari penggunaannya pada bagian mata dan mulit.

2. Oatmeal 

Oatmeal mengandung glukon yang merupakan zat antiradang. Zat tersebut dapat membantu meringankan rasa gatal akibat lesi cacar air. Guna mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk mandi oatmeal.

Caranya, blender 1 gelas oatmeal dan masukkan ke dalam bak atau ember berisi air hangat. Kemudian berendam di dalam air selama 15 sampai 20 menit. Sembari berendam, basuh tubuh dengan larutan tersebut.

3. Baking Soda

Baking soda bisa memberikan efek menenangkan di kulit karena kandungan sodium dan ion biokarbonat di dalamnya. Caranya dengan mencampurkannya ke dalam air hangat, kemudian gunakan untuk mandi.

4. Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat antiseptik dan antiradang. Caranya, seduh 2 hingga 3 kantong teh di dalam gelas. Gunakan air teh tersebut sebagai obat totol lesi pada kulit. Caranya dengan menggunakan kapas atau kain lembut.

5. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan gatal akibat munculnya les. Lakukan cara ini selama 10 hingga 15 menit, 3 kali sehari atau sesering mungkin. Selain itu, pastikan jangan menggaruk lenting yang terasa gatal.

5. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan gatal akibat munculnya les. Lakukan cara ini selama 10 hingga 15 menit, 3 kali sehari atau sesering mungkin. Selain itu, pastikan jangan menggaruk lenting yang terasa gatal.

Selama perawatan ini, sebaiknya jangan keluar rumah karena cacar sangat mudah menular. Nah, Ini Alasan Cacar Air Mudah Menular yang perlu kamu tahu. 

Pilihan Dokter yang Bisa Bantu Atasi Cacar Air

Apabila sedang mengalami cacar dan ingin lukanya cepat sembuh, kamu bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan saran perawatan terbaik. 

Berikut ini adalah dokter-dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 6 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani:

1. dr. Lim Jen Siong

Kamu dapat menghubungi dr. Lim Jen Siong terkait diare. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2005.

Dokter Lim Jen Siong saat ini berpraktik di Jakarta Utara dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Berpengalaman sebagai dokter umum selama 18 tahun, dr. Lim Jen Siong mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait cara perawatan cacar air agar cepat kering dan hilang. 

Chat dr. Lim Jen Siong dari Rp 45.000,- di Halodoc

Selain menghubungi dokter, berikut Pengobatan Mandiri untuk Mengatasi Cacar Air yang bisa kamu lakukan. 

2. dr. Eka Wijaya Warmandana

Pilihan dokter lain yang bisa kamu hubungi, yaitu dr. Eka Wijaya Warmandana. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman pada 2016.

Saat ini dr. Eka Wijaya Warmandana berpraktik di Banyumas dan Purwokerto, Jawa Tengah. Ia tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Berbekal pengalaman sebagai dokter umum selama 6 tahun, dr. dr. Eka Wijaya Warmandana bisa  memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan agar lesi cacar cepat hilang. 

Chat dr. Eka Wijaya Warmandana dari Rp 20.000,- di Halodoc

3. dr. Nuriati Harahap

Kamu juga bisa menghubungi dr. Nuriati Harahap yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara pada 2010.

Dokter Nuriati Harahap kini berpraktik di Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter umum selama 14 tahun, dr. Eka Wijaya Warmandana bisa  memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan cacar air.

Chat dr. Nuriati Harahap dari Rp 20.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter yang bisa kamu hubungi untuk mengatasi cacar air. Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Chickenpox.
Healthline. Diakses pada 2024. 7 Home Remedies for Chickenpox.
Medical News Today. Diakses pada 2024. Home remedies for relief from chickenpox symptoms.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan