• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

Catat, Ini Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2022

“Cacar air merupakan penyakit yang ditandai dengan lepuhan kulit berisi cairan. Guna mengatasinya, gunakan losion, oatmeal, baking soda, chamomile dan kompres dingin.”

Catat, Ini Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan HilangCatat, Ini Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

Halodoc, Jakarta – Cacar air termasuk ke dalam jenis penyakit mudah menular. Gangguan ini dipicu oleh infeksi virus varicella zoster melalui percikan ludah atau paparan cairan dari ruam pengidap.

Cacar air menimbulkan gejala berupa lesi kemerahan berisi cairan yang terasa gatal. Adapun gejala lainnya, yakni sakit kepala, rasa lelah berlebihan, demam dan penurunan nafsu makan.

Salah satu cara mengobati cacar air agar cepat kering dan hilang adalah dengan bahan-bahan alami. Di antaranya osion, oatmeal, baking soda, chamomile dan kompres dingin.

 Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

1. Losion Calamine

Losion calamine mengandung seng dioksida atau seng karbonat yang efektif mengurangi rasa gatal dan peradangan di kulit. Oleskan tipis-tipis secara merata dan hindari penggunaannya pada bagian mata dan mulit.

2. Oatmeal 

Oatmeal mengandung glukon yang merupakan zat antiradang. Zat tersebut dapat membantu meringankan rasa gatal akibat lesi cacar air. Guna mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk mandi oatmeal.

Caranya, blender 1 gelas oatmeal dan masukkan ke dalam bak atau ember berisi air hangat. Kemudian berendam di dalam air selama 15 sampai 20 menit. Sembari berendam, basuh tubuh dengan larutan tersebut.

3. Baking Soda

Baking soda bisa memberikan efek menenangkan di kulit karena kandungan sodium dan ion biokarbonat di dalamnya. Caranya dengan mencampurkannya ke dalam air hangat, kemudian gunakan untuk mandi.

4. Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat antiseptik dan antiradang. Caranya, seduh 2 hingga 3 kantong teh di dalam gelas. Gunakan air teh tersebut sebagai obat totol lesi pada kulit. Caranya dengan menggunakan kapas atau kain lembut.

5. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan gatal akibat munculnya les. Lakukan cara ini selama 10 hingga 15 menit, 3 kali sehari atau sesering mungkin. Selain itu, pastikan jangan menggaruk lenting yang terasa gatal.

Jika langkah di atas tak dapat mengatasinya, silakan janji medis untuk melakukan pemeriksaan. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Chickenpox.
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Home Remedies for Chickenpox.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Home remedies for relief from chickenpox symptoms.