• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Diare dengan Rutin Cuci Tangan, Ini Alasannya

Cegah Diare dengan Rutin Cuci Tangan, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Ingin selalu sehat dan terhindar dari penyakit menular? Dibutuhkan cara sederhana untuk mewujudkannya, yakni mencuci tangan pakai sabun secara rutin. Banyak penelitian yang juga membuktikan, menjaga kebersihan tangan adalah langkah paling penting yang bisa kita ambil untuk menghindari sakit dan menyebarkan kuman ke orang lain. 

Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan adalah diare. Penyakit ini umumnya terjadi akibat infeksi kuman seperti Salmonella, E. coli, dan norovirus. Mereka bisa menempel di tangan kamu dan masuk ke dalam mulut sehingga menyebabkan gejala diare. 

Baca juga: Penting untuk Kesehatan, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

Penyebaran Kuman Penyebab Diare

Kuman-kuman penyebab diare dapat diperoleh setelah orang menggunakan toilet atau mengganti popok. Mereka bisa berpindah ke tubuh manusia dengan cara lain, seperti setelah menangani daging mentah yang mengandung kotoran hewan. Satu gram tinja bisa berisi satu triliun kuman.

Kuman ini dapat pindah ke tangan seseorang jika ia menyentuh benda apa pun yang mengandung kuman akibat seseorang batuk atau bersin. Ketika kuman-kuman ini sampai ke tangan dan tidak dicuci dengan sabun dan air mengalir, mereka dapat ditularkan dari orang ke orang dan membuat orang sakit.

Mencuci tangan dengan sabun mampu menghilangkan kuman dari tangan. Hal ini kemudian mampu mencegah infeksi karena:

  • Orang sering menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka tanpa menyadarinya. Kuman bisa masuk ke tubuh melalui mata, hidung dan mulut dan membuat orang sakit.

  • Kuman dari tangan yang tidak dicuci dapat masuk ke makanan dan minuman sementara orang menyiapkan atau mengkonsumsinya. Kuman dapat berkembang biak di beberapa jenis makanan atau minuman dalam kondisi tertentu, dan membuat orang sakit.

  • Kuman dari tangan yang tidak dicuci dapat ditransfer ke benda lain, seperti pegangan tangan, permukaan meja, atau mainan, dan kemudian ditransfer ke tangan orang lain.

  • Menyingkirkan kuman melalui cuci tangan karena itu membantu mencegah diare dan infeksi saluran pernapasan dan bahkan dapat membantu mencegah infeksi kulit dan mata.

Mengajari orang tentang mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir akan membantu mereka dan komunitas mereka tetap sehat. Jadi, pastikan kamu juga menerapkan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun dengan rutin.

Kamu juga bisa meminta saran kepada dokter di Halodoc mengenai hal-hal apa saja yang bisa membantu kamu dan orang-orang terdekat dari ancaman diare. Ambil segera smartphone kamu dan hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Penelitian Pendukung

Sebuah tinjauan dalam edisi The Cochrane Library, sebuah publikasi dari The Cochrane Collaboration juga membuktikan, mencuci tangan dengan sabun adalah langkah efektif untuk mencegah diare. Tinjauan tersebut menemukan bahwa intervensi yang mempromosikan cuci tangan menghasilkan penurunan 29 persen dalam kejadian diare di negara-negara berpenghasilan tinggi dan pengurangan 31 persen pada masyarakat di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Selain itu, penelitian yang dipimpin oleh Regina Ejemot dari University of Caliber, di Nigeria, juga menunjukkan bahwa mengajarkan orang tentang mencuci tangan juga penting. Hal ini dapat mengurangi kejadian diare hingga 30 persen dan mungkin memiliki pengaruh yang sama besarnya dengan menyediakan akses ke air bersih. 

Baca juga: Jarang Cuci Tangan? Waspada 5 Penyakit Ini

Namun, menurut Regina, ketersediaan air saja tidak menjamin mencuci tangan. Promosi kebersihan membutuhkan personel yang terlatih untuk memimpin program, keterlibatan organisasi masyarakat, serta menyediakan sabun dan air. Pada beberapa situasi, sikap budaya juga dapat menjadi bagian dari masalah seperti misalnya menentukan apa yang higienis atau tidak. Alhasil, komunitas ini membutuhkan perubahan budaya dan perilaku untuk akhirnya menerapkan cuci tangan pakai sabun. 

Referensi:
Centers for Diseases Control and Prevention. Handwashing: Clean Hands Save Lives.
Science Daily. Diakses pada 2020. Hand Washing Can Reduce Diarrhea Episodes By About One Third.
The Cochrane Library. Diakses pada 2020. Hand Washing Promotion for Preventing Diarrhea.