27 March 2017

4 Manfaat Ubi untuk Paru-paru Sehat

manfaat ubi untuk paru paru sehat

HaloDoc, Jakarta – Awalnya, banyak yang mengira bahwa ubi menjadi sumber karbohidrat yang menyebabkan obesitas. Namun kalau diperhatikan lagi, sebenarnya ubi tidak bisa disamakan dengan nasi karena bukan penyebab obesitas. Tentu saja dengan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Ada banyak manfaat umbi-umbian yang bisa Anda dapatkan agar tubuh sehat. Namun, ubi adalah satu yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain itu, ubi juga bisa jadi alternatif pilihan bagi Anda yang sedang menjaga pola makan untuk menurunkan berat badan. Yuk, cari tahu manfaat ubi untuk paru-paru sehat berikut ini:


1. Sumber Terbaik Vitamin A

Tak banyak yang tahu, namun ubi adalah sumber terbaik vitamin A. Center for Science in the Public Interest menyebut ubi sebagai makanan super. Ini karena sebutir ubi dapat menyediakan 200 persen kebutuhan harian vitamin A untuk tubuh. Vitamin A memiliki banyak manfaat untuk penglihatan, tulang dan kulit. 


2. Kaya Antioksidan

Tak hanya kaya vitamin A, ubi juga memiliki fungsi sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan dalam ubi mampu mencegah infeksi dalam pencernaan dan saluran kencing.


3. Cegah Penyakit Paru 
Dalam Studi yang digelar di Kansas State University pada tahun 2003 lalu, ditemukan bahwa ada hubungan antara kekurangan vitamin A dan emphysema (penyakit paru dengan penumpukan udara di paru dan kerusakan jaringan). Studi yang dipublikasikan di The American Society for Nutritional Sciences ini mendukung konsumsi vitamin A yang cukup untuk menjaga kesehatan paru-paru.


4. Kaya Serat

Tidak hanya vitamin A, ubi juga merupakan sumber terbaik vitamin C. Bahkan sepotong ubi memenuhi 66 persen kebutuhan vitamin C harian, tembaga, vitamin B6, zat besi, kalsium, potasium, dan mangaan. Umbi yang tumbuh di dalam tanah ini juga kaya akan serat. The U.S. Sweet Potato Council Inc, menyatakan bahwa ubi masak yang dikonsumsi dengan kulitnya sekaligus menyediakan lebih banyak serat daripada seporsi oatmeal.

Nah, kenapa tak mulai dari sekarang? Perbanyak konsumsi ubi untuk menjaga kesehatan keluarga setiap hari. Juga jangan ragu untuk selalu membicarakan masalah kebutuhan gizi yang dibutuhkan dengan dokter. Gunakan aplikasi HaloDoc untuk menghubungi dokter melalui fitur Chat, Video Call, dan Voice Call. Download aplikasi HaloDoc sekarang di App Store dan Google Play.