• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Ubi untuk Paru-Paru Sehat

Manfaat Ubi untuk Paru-Paru Sehat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Ubi merupakan sumber karbohidrat baik yang tidak menyebabkan obesitas, jika dikonsumsi secara wajar. Umbi-umbian yang satu ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan paru-paru. Mengapa? Karena vitamin A dalam ubi dapat mencegah penyakit paru yang berhubungan dengan adanya penumpukan udara dan kerusakan jaringan paru-paru. Jadi, dengan vitamin A yang cukup, kesehatan paru-paru akan terjamin.

Tidak hanya baik bagi organ paru-paru saja, satu buah ubi juga menyediakan 200 persen kebutuhan harian vitamin A yang baik untuk mata, tulang, dan kulit. Antioksidan tinggi di dalamnya mampu mencegah infeksi dalam pencernaan dan saluran kemih, serta vitamin C dalam kandungan ubi dapat memenuhi 66 persen kebutuhan harian tubuh.

Baca juga: Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh

Selain Ubi, Inilah Makanan yang Baik untuk Paru-Paru

Namun, tidak hanya ubi saja yang memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan paru-paru, begitu pun sejumlah makanan berikut:

  • Alpukat

Alpukat mengandung asam folat tinggi yang sangat baik bagi kesehatan paru-paru. Pasalnya, zat tersebut dapat menurunkan risiko terjadinya kanker paru-paru. Buah yang satu ini memiliki kandungan yang sama dengan jeruk.

  • Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, yang efektif membuang racun dalam paru-paru. Manfaatnya dapat kamu rasakan ketika mengonsumsi sayuran ini secara rutin.

  • Jahe

Sudah tidak diragukan lagi, jenis rempah ini merupakan penyedap di segala masakan. Selain itu, jahe juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan paru-paru karena kandungan anti-inflamasi di dalamnya yang mampu membersihkan paru-paru dari segala macam racun dan polusi berbahaya. Jahe juga mengandung kurkumin yang mampu meringankan gejala radang paru-paru.

  • Wortel

Zat karotenoid dalam wortel bertugas untuk menjaga kesehatan paru-paru. Zat ini juga sangat ampuh untuk meringankan asma yang juga terdapat dalam ubi.

  • Ikan Salmon

Asam omega-3 tinggi dalam salmon dipercaya dapat membantu gejala asma, seperti sesak napas, sakit kepala, dan demam. Jika dikonsumsi secara rutin, kesehatan paru-paru akan tetap terjaga.

Baca juga: Inilah 6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat yang bernama allicin, yang bermanfaat untuk mencegah asma, mengurangi peradangan pada paru-paru, serta membantu melawan infeksi dalam tubuh. Tak sampai di situ saja, antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas yang menempel pada paru-paru.

  • Buah Beri

Kelompok buah beri, seperti blueberry, strawberry, raspberry, serta blackberry merupakan buah-buahan super yang berfungsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Buah-buahan tersebut mengandung antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein, dan zeaxanthin di dalamnya diklaim mampu mengeluarkan zat-zat berbahaya dari dalam organ paru-paru.

  • Apel

Kandungan flavonoid, antioksidan, dan vitamin di dalam buah apel mampu menjaga kesehatan paru-paru dengan menjaganya dari radang, asma, serta mencegah perkembangan dan penyebaran sel kanker di dalamnya.

  • Buah Delima

Mengonsumsi buah delima secara rutin dapat memaksimalkan suplai darah menuju paru-paru. Buah ini juga mengandung flavonoid dan antioksidan yang mampu memaksimalkan kinerja paru-paru.

  • Teh Hijau

Antioksidan di dalam teh hijau mampu meningkatkan kesehatan organ jantung, serta menghilangkan cairan dari dalam paru-paru. Kandungan dalam teh hijau mampu membantu mengeluarkan lendir dari paru-paru.

Baca juga: Cara Jaga Kesehatan Jantung, Lakukan 5 Hal Ini

Untuk jumlah konsumsi yang cocok untuk tubuhmu, diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Jangan ragu untuk selalu membicarakan masalah kesehatan dan kebutuhan gizi harian dengan ahlinya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, ya!

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Nutrition and Respiratory Health—Feature Review.
BBC Good Food. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Sweet Potato.
Health. Diakses pada 2020. 13 Best and Worst Foods for Your Lungs.