Chia Seed Bantu Mencegah Ambeien, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Juni 2021
Chia Seed Bantu Mencegah Ambeien, Mitos atau Fakta?Chia Seed Bantu Mencegah Ambeien, Mitos atau Fakta?

Halodoc, Jakarta - Meski bentuknya kecil, chia seed memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Dari banyaknya manfaat yang ditawarkan, ada anggapan bahwa biji-bijian dari tanaman Salvia hispanica ini dapat mencegah ambeien atau wasir

Jika dilihat dari kandungan gizinya, dalam 100 gram chia seed, terkandung sekitar 27,3 gram serat. Selain itu, chia seed juga mengandung protein, asam lemak omega-3, berbagai antioksidan, dan mineral. Namun, benarkah chia seed dapat mencegah ambeien? Yuk simak dalam pembahasan ini!

Baca juga: Apakah Pengidap Wasir Harus Dioperasi?

Benarkah Chia Seed Bisa Cegah Ambeien?

Salah satu kondisi yang memicu ambeien adalah konstipasi atau sembelit. Hal ini karena sembelit bisa menyebabkan feses jadi keras dan kering. Akibatnya, saat buang air besar, kamu mungkin jadi perlu mengejan lebih kuat. 

Tekanan besar pada pembuluh darah vena di anus selama mengejan dapat memicu terjadinya ambeien. Oleh karena itu, untuk mencegah ambeien, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menghindari sembelit. Dengan cara apa? Mengonsumsi makanan tinggi serat tentunya.

Nah, seperti dibahas di awal, chia seed memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 27,3 gram dalam setiap 100 gramnya. Oleh karena itu, chia seed bisa jadi salah satu pilihan makanan kaya serat yang bisa dikonsumsi, jika kamu ingin mencegah ambeien. 

Meski begitu, konsumsi serat yang berlebihan justru dapat menyebabkan masalah pencernaan, termasuk sembelit, diare, dan perut kembung, bagi beberapa orang. Hal ini juga dapat terjadi ketika asupan serat yang tinggi tidak diimbangi dengan minum air yang cukup. Sebab, air penting untuk membantu serat melewati sistem pencernaan. 

Selain itu, orang yang menderita penyakit radang usus, seperti kolitis ulseratif atau penyakit Crohn mungkin perlu memantau asupan serat dan membatasi konsumsi chia seed saat sedang kambuh.

Baca juga: Ini Tips Duduk Nyaman Bagi Pengidap Ambeien

Namun, bagi kebanyakan orang, efek negatif dari asupan serat berlebihan dapat dicegah dengan meningkatkan asupan serat secara perlahan dan minum banyak air untuk membantunya melewati pencernaan.

Terkait keefektifan chia seed dalam mencegah ambeien, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikannya. Namun, karena kandungan seratnya tinggi, chia seed baik untuk dikonsumsi, jika ingin terhindar dari sembelit, yang dapat memicu ambeien secara tidak langsung. 

Berbagai Cara Mencegah Ambeien

Meski kandungan seratnya tinggi, tentu saja bukan berarti hanya dengan mengonsumsi chia seed, kamu bisa terhindar dari ambeien. Jika bicara soal serat, tentu ada banyak pilihan makanan sehat lain yang tak kalah penting untuk dikonsumsi, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Menjadi Penyebab Wasir

Selain mengonsumsi makanan tinggi serat, berikut ini beberapa tips lain untuk mencegah ambeien:

  • Minum air putih yang cukup, atau minimal 8 gelas per hari.
  • Jangan mengejan berlebihan saat buang air besar, karena dapat menekan pembuluh vena di anus.
  • Berolahraga rutin, untuk mencegah sembelit dan obesitas, yang merupakan faktor risiko timbulnya ambeien.
  • Jangan duduk terlalu lama, karena dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.
  • Sebisa mungkin hindari mengangkat benda berat. Jika harus, pastikan untuk buang napas dan jangan menahannya saat mengangkat beban berat.
  • Saat sedang hamil, tidurlah dengan posisi miring. Posisi ini dapat menurunkan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan membantu mencegah ambeien membesar.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara mencegah ambeien. Jika kamu atau orang terdekat ada yang mengalami ambeien, jangan ragu untuk membicarakannya pada dokter di Halodoc dan beli obat yang diresepkan dengan mudah lewat aplikasi.

Referensi:
US Department of Agriculture. Diakses pada 2021. Chia Seed.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Chia Seeds and Constipation.
Healthline. Diakses pada 2021. Does Eating Too Many Chia Seeds Cause Side Effects?
National Research Council (US) Committee on Diet and Health. Diakses pada 2021. Diet and Health: Implications for Reducing Chronic Disease Risk.
Livestrong. Diakses pada 2021. Best and Worst Foods for Hemorrhoids.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diseases & Condition. Hemorrhoids.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan