Efektif Turunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Telur Rebus

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Agustus 2022

“Banyak sekali manfaat telur rebus bagi kesehatan. Misalnya sebagai sumber protein dan vitamin D yang penting untuk tubuh.”

Efektif Turunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Telur RebusEfektif Turunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Telur Rebus

Halodoc, Jakarta – Telur adalah salah satu makanan yang paling serbaguna. Ia pun sering dijadikan menu makan bagi yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. 

Karena kaya akan nutrisi, manfaat telur rebus bagi kesehatan juga sangat banyak. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak!

Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Telur rebus adalah salah satu alternatif makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Makanan ini rendah kalori dan mengeyangkan, serta kaya akan nutrisi penting.

Selain untuk membantu penurunan berat badan, berikut ini manfaat telur rebus lainnya untuk kesehatan:

  1. Sumber Protein
sumber protein

Telur rebus adalah makanan berprotein tinggi. Karena protein adalah bahan pembangun tubuh, ia memainkan peran penting dalam menjaga kekuatan dan perbaikan otot dan jaringan. 

Satu butir telur rebus mengandung sekitar 6,3 gram protein. Telur juga mengandung sembilan asam amino esensial, yang membantu pertumbuhan otot, pemulihan, dan pemeliharaan. 

  1. Sumber Vitamin D
sumber vitamin d

Kuning telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D secara alami. Dua butir telur rebus sudah mencukupi 82 persen kebutuhan vitamin D harian orang dewasa.

Vitamin D bermanfaat untuk menyerap kalsium dan fosfor. Oleh karena itu, vitamin D diperlukan untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D juga mendukung pemeliharaan fungsi otot dan kekebalan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata
menjaga kesehatan mata

Vitamin A dan E, serta selenium, semuanya ditemukan dalam telur rebus. Nutrisi ini punya manfaat sebagai antioksidan penting dalam menjaga kesehatan mata dan memulihkan fungsi retina. Selain itu, selenium membantu mencegah penglihatan degeneratif pada usia muda dan tua.

  1. Sumber Kolesterol Baik

Sebutir telur mengandung 212 miligram kolesterol. Namun, kolesterol makanan tidak sama dengan kolesterol darah yang lebih tinggi. High-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik pun bisa  meningkat setelah makan telur rebus.  

Itulah beberapa manfaat telur rebus bagi kesehatan tubuh. Meski kaya akan nutrisi, pastikan untuk makan variasi makanan sehat lainnya juga, ya. Jika memiliki keluhan kesehatan, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi:
Nourish by WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Boiled Eggs.
Healthify Me. Diakses pada 2022. Boiled Eggs – Benefits, Nutritional Value and Recipes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan