• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gerakan Yoga untuk Mencegah Gangguan Kecemasan Umum

Gerakan Yoga untuk Mencegah Gangguan Kecemasan Umum

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Gerakan Yoga untuk Mencegah Gangguan Kecemasan Umum

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar istilah gangguan kecemasan umum? Kondisi ini akan ditandai dengan munculnya rasa cemas atau khawatir yang berlebihan, sehingga akan sangat mengganggu aktivitas harian pengidapnya. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada seseorang berusia lebih dari 30 tahun. Lantas bagaimana langkah mengatasinya? Berikut gerakan yoga mencegah gangguan kecemasan?

Baca juga: Bisakah Sering Takut Gagal Dianggap sebagai Paranoid?

Berikut Gerakan Yoga Mencegah Gangguan Kecemasan

Yoga merupakan olahraga yang tidak hanya baik untuk menyehatkan fisik, tapi juga mental. Tidak hanya melatih fisik, yoga juga dapat membantu seseorang merilekskan pikiran. Dari sebuah studi yang dilakukan, ada keterkaitan yoga dengan penurunan kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh, peningkatan daya tahan tubuh dan rasa sakit, peningkatan suasana hati, serta berkurangnya gangguan kecemasan.

Hal-hal tersebut diyakini dapat terjadi dengan melakukan pose yoga tertentu, karena dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatik. Saraf tersebut berperan sebagai penangkal tubuh dalam melawan atau menghindari penyakit yang menjadi ancaman bagi tubuh.

Bagian terbaiknya adalah, melakukan yoga tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli peralatan olahraga, karena kamu hanya membutuhkan kelenturan dan ketahanan tubuh yang dibantu dengan pola nafas. Berikut gerakan yoga mencegah gangguan kecemasan!

1.Gerakan Savasana

Gerakan ini dapat dilakukan dengan berbaring dan mengatur napas, kemudian mengendurkan semua otot saat melakukannya. Kemudian, posisikan lengan berada pada jarak yang nyaman dengan telapak tangan menghadap ke atas. Jika perlu, kamu bisa meletakkan kedua telapak tangan di atas perut saat bergerak untuk membuat kamu merasa lebih tenang dalam mengatur napas dan pikiran. Lakukan selama 5-10 menit.

2.Gerakan Sukhasana

Gerakan ini dilakukan dengan posisi bersila di lantai dengan menempatkan kedua telapak tangan sejajar dengan dada dan perut. Kemudian posisikan kaki menyilang di tengah dengan lutut yang ditumpuk tepat di atas pergelangan kaki. Lenturkan kaki. Letakan kedua telapak tangan di bawah, tepat diatas tulang paha atas. Letakan satu tangan di perut bagian bawah dan tangan kedua tepat di dada sejajar dengan posisi jantung. Lalu, tarik dan hembuskan napas sebanyak 10 kali.

3.Gerakan Anak

Gerakan ini merupakan pose yoga dasar yang sederhana dan cocok untuk pemula yang berguna untuk meregangkan pinggul, paha, serta pergelangan kaki. Selain itu, gerakan ini dapat membantu menenangkan otak, menghilangkan stres, menghilangkan kelelahan, serta meredakan sakit punggung. Caranya dapat dilakukan dengan berlutut di lantai dan rapatkan jari-jari dan duduk di tumit. Pisahkan lutut selebar pinggul. Baringkan tubuh di antara paha seperti posisi sujud, kemudian luruskan tangan ke bagian depan dan rileks. Lakukan selama 1-3 menit.

Baca juga: Ini Cara Hilangkan Rasa Insecure karena Pernah Diselingkuhi

4.Gerakan Seated Forward Bend

Gerakan selanjutnya dapat dilakukan dengan duduk dengan posisi tubuh condong ke depan. Gerakan ini bermanfaat untuk mengurangi stres dengan menenangkan otak. Cara melakukannya dengan duduk di lantai dengan kaki lurus ke depan. Lenturkan kaki dan duduk tegak dengan posisi punggung yang lurus. Bungkukkan tubuh condong ke depan dan raih telapak kaki menggunakan kedua tangan. Pastikan posisi kaki dan punggung tetap lurus. Tahan gerakan selama 1-3 menit.

5.Cobra Pose

Gerakan yoga mencegah gangguan kecemasan selanjutnya dapat dilakukan dengan gerakan cobra pose. Selain dapat membantu meredakan stres, gerakan ini juga berguna dapat memperkuat tulang belakang, mengencangkan bokong, hingga terapi untuk pengidap asma. Caranya dengan berbaring dalam posisi tengkurap di lantai dan regangkan kaki ke belakang. Rentangkan tangan di lantai, posisikan di bawah bahu. Hirup napas dan mulai untuk meluruskan lengan untuk mengangkat dada dari lantai. Tahan gerakan selama 15-30 detik.

Baca juga: Rasa Cemas Berlebihan Bisa Mengganggu Kesehatan Mental

Saat sejumlah gerakan yoga tersebut tidak mampu mencegah munculnya gangguan kecemasan umum yang kamu alami, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menempuh langkah pengobatan yang lain, ya!

Referensi:
Yoga Journal. Diakses pada 2020. Yoga for Inner Peace: A Stress-Relieving Sequence.
Healthline. Diakses pada 2020. 16 Simple Ways to Relieve Stress and Anxiety.
Healthline. Diakses pada 2020. Yoga for Calm: 5 Poses to Relieve Stress.