• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gigi Ngilu saat Demam, Ini Penyebabnya

Gigi Ngilu saat Demam, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Selama ini, kebanyakan orang mengira bahwa demam adalah sebuah penyakit. Padahal sebenarnya, demam merupakan gejala dari penyakit tertentu. Tidak hanya membuat badan menjadi panas dan lemas, demam juga seringkali muncul dengan gejala lain, yaitu gigi ngilu. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab gigi ngilu saat demam? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Saat sakit flu misalnya, sejumlah gejala yang tidak nyaman dapat bermunculan, seperti batuk yang tidak berkesudahan, bersin, hidung tersumbat, dan juga termasuk demam. Menurut National Institutes of Health, 5–20 persen orang Amerika terkena flu setiap tahunnya. Saat terserang flu, banyak orang Amerika yang juga mengalami gigi ngilu atau sakit gusi. 

Sebagian besar gigi ngilu atau sakit gusi saat sakit bukanlah pertanda dari kondisi yang serius. Namun, gigi ngilu yang parah saat kamu sakit atau demam juga bisa jadi pertanda sinus atau infeksi telinga. Gigi yang terasa ngilu atau menjadi sensitif ketika sakit bisa disebabkan oleh beberapa hal. Nah, dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter dapat membantu kamu mendapatkan penanganan sedini mungkin, sehingga kondisi tidak terlanjur parah nantinya.

Baca juga: Penyebab Ibu Hamil Bisa Alami Sakit Gigi

Penyebab Gigi Ngilu Saat Demam

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab gigi ngilu saat demam ketika kamu terserang flu beserta cara untuk mengatasinya:

1. Tekanan Sinus

Ketika kamu terkena flu, rongga sinus kamu bisa tersumbat dengan lendir yang berlebihan. Oleh karena ada rongga sinus yang terletak di dekat geraham atas, maka tekanan dari sinus tersebut bisa membuat gigi kamu terasa ngilu.

Nah, untuk mengurangi tekanan sinus, kamu bisa meletakkan handuk hangat di sekitar hidung, pipi, dan mata. Bila gigi ngilu tidak kunjung membaik, sebaiknya segera temui dokter untuk mengetahui apakah kamu mengalami infeksi sinus atau telinga.

Baca juga: Pilek Berkepanjangan, Mungkin Alami Sinusitis

2. Mulut Kering

Hidung tersumbat adalah efek samping umum dari flu. Oleh karena hidung tersumbat, kamu akan lebih sering menggunakan mulut untuk bernapas. Nah, hal ini dapat mengeringkan gigi, gusi, dan bibir.

Batuk juga dapat menyebabkan gigi dan jaringan gusi menjadi kering dan teriritasi. Nah, kondisi mulut yang kering saat kamu sakit dapat menyebabkan penumpukan plak yang lebih banyak pada gigi. Hal ini karena kadar air liur yang berperan sebagai pertahanan mulut terhadap kerusakan gigi, sangat rendah. Akibatnya, gigi akan menjadi ngilu.

Karena itu, pastikan kamu minum banyak air saat sakit agar tetap terhidrasi dan meredakan gigi yang ngilu akibat mulut kering. Dekongestan dan obat penghilang rasa sakit juga dapat menyebabkan mulut kering. Jadi, pastikan untuk minum banyak air setelah minum obat.

3. Infeksi Sinus atau Infeksi Telinga

Meskipun gigi ngilu saat sakit biasanya tidak berarti sesuatu yang serius, tetapi sakit gigi juga bisa menjadi gejala infeksi sinus. Gejalanya meliputi rasa sakit yang terus-menerus atau tekanan pada geraham atas dekat rongga sinus.

Bila gigi ngilu tidak kunjung hilang, sebaiknya kunjungi dokter gigi kamu untuk memastikan rasa sakit tersebut bukan pertanda sesuatu yang lain, seperti teeth grinding atau masalah medis yang mendasarinya.

Untuk merawat gigi yang ngilu dan mencegahnya bertambah parah, kamu dianjurkan untuk rajin membersihkan gigi dan juga menyikat gigi dengan cara yang benar. Untuk sementara, hindari dulu makanan yang keras, panas, dan dingin. Selain itu, kurangilah merokok dan batasi konsumsi makanan manis.

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Ngilu

Nah, itulah penyebab gigi ngilu saat sakit atau demam. Untuk melakukan pemeriksaan mulut dan gigi, kamu juga bisa langsung buat janji dengan dokter gigi di rumah sakit pilihan melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu sekeluarga.

Referensi:
Guardian. Diakses pada 2020. Why Your Teeth Hurt When You Have a Cold.