30 July 2018

6 Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Ngilu

Makanan dan minuman penyebab gigi ngilu, gigi sensitif, gigi ngilu

Halodoc, Jakarta – Punya gigi sensitif tentu enggak enak. Ini karena gigi sensitif bisa membuat gigi ngilu saat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Sayangnya, beberapa orang lebih memilih untuk mengabaikan rasa ngilu yang timbul dibanding harus memeriksakannya ke dokter gigi. Padahal, rasa ngilu pada gigi yang diabaikan tidak akan sembuh dengan sendirinya dan bisa kambuh kembali.

Baca juga: 6 Kesalahan Orang Saat Menggosok Gigi

Penyebab Gigi Ngilu

Untuk mengetahui penyebab gigi ngilu, kamu perlu berbicara pada dokter gigi. Selain itu, kamu juga perlu menghindari beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu timbulnya rasa ngilu pada gigi. Berikut adalah enam makanan dan minuman penyebab gigi ngilu yang perlu diketahui:

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda (soft drink) bisa menyebabkan gigi ngilu. Alasannya karena minuman ini memiliki dua bahan utama yang bisa merangsang ngilu di saraf gigi, yaitu gula dan asam.

2. Minuman Dingin

Orang dengan gigi sensitif tidak memiliki lapisan enamel (lapisan terluar gigi) yang berfungsi sebagai pelindung. Sehingga, gigi rentan mengalami ngilu jika terpapar suhu dingin, seperti yang berasal dari es krim ataupun es batu. Tekstur es batu yang keras juga bisa merusak lapisan gigi, sehingga gigi menjadi lebih sensitif.

3. Makanan Manis

Makanan manis, seperti permen dan kue manis, bisa menyebabkan gigi ngilu. Ini karena makanan yang lengket dan manis bisa menempel pada gigi, sehingga menstimulasi saraf di dentin dan menyebabkan rasa ngilu.

4. Makanan dan Minuman Panas

Selain suhu dingin, orang dengan gigi sensitif juga rentan mengalami ngilu jika terpapar suhu panas. Misalnya, dari makanan dan minuman yang langsung dikonsumsi saat panas. Kondisi ini bisa semakin parah jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman panas yang mengandung banyak gula. Sebab, makanan manis juga bisa menyebabkan gigi ngilu.

5. Buah-buahan Asam

Buah-buahan asam juga bisa memicu rasa ngilu pada gigi. Misalnya, buah nanas, lemon, jeruk, limau, tomat, dan buah-buahan asam lainnya. Menurut Academy of General Dentistry, buah-buahan asam bisa menyebabkan gigi ngilu karena keasaman buah bisa melunturkan enamel gigi. Sehingga, dibutuhkan perlindungan yang lebih kuat jika kamu ingin mengonsumsi buah-buah asam.

Tips Mengatasi Gigi Ngilu

Untuk mencegah dan mengatasi gigi ngilu, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Gunakan pasta gigi yang lembut.
  • Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.
  • Jaga kebersihan mulut dan gigi, yaitu dengan rutin menyikat gigi (setidaknya dua kali sehari). Saat menyikat gigi, usahakan untuk menyikat gigi secara lembut dan menyeluruh. Jangan lupa juga untuk membersihkan gigi dengan benang gigi untuk mengambil sisa-sisa makanan yang menempel namun tidak terangkat saat menyikat gigi.
  • Hindari makanan dan minuman yang memicu rasa ngilu pada gigi, terutama makanan dan minuman yang sudah disebutkan di atas.

Itulah enam makanan dan minuman penyebab gigi ngilu yang perlu diketahui. Kalau kamu punya keluhan pada gigi, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Sebab, kamu bisa bertanya pada dokter gigi tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter tersebut kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!