Harus Tahu, Ini Peran Ayah dalam Mendidik Anak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Mei 2021
Harus Tahu, Ini Peran Ayah dalam Mendidik AnakHarus Tahu, Ini Peran Ayah dalam Mendidik Anak

Halodoc, Jakarta - Sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan anaknya. Hal tersebut juga termasuk dalam mendidik anak. Bukan hanya ibu, ayah juga berperan penting dan harus terlibat dalam mendidik anak. Ayah yang menjadi kepala keluarga kebanyakan memang akan disibukkan oleh pekerjaannya, namun ada baiknya tetap berpartisipasi dalam mendidik anak. 

Sebab, hal tersebut dapat berpengaruh pada masa depan anak. Dari hasil penelitian yang dilakukan, anak-anak yang ayahnya terlibat dalam pendidikannya cenderung memiliki tingkat kognitif lebih tinggi, tingkat IQ yang lebih baik, dan mampu mencapai kesuksesan akademis secara keseluruhan. Lantas, apa saja peran ayah dalam mendidik anak? Berikut ini beberapa poin yang harus diketahui terlebih dulu.

Baca juga: Hindari 4 Hal Ini dalam Mendidik Anak Balita

Peran Ayah dalam Mendidik Anak

Ayah yang tinggal bersama anak-anaknya memiliki peran lebih aktif dalam merawat dan membantu anak. Begitu pula pada ayah tunggal yang mengambil peran penuh dalam mendidik anak. Ketika ayah terlibat dalam kehidupan anak-anaknya, maka anak belajar lebih banyak, berprestasi lebih baik di sekolah, dan menunjukkan perilaku yang baik dan sehat.

Meskipun ayah tidak tinggal serumah dengan anak, tetapi keterlibatan aktif sosok ayah tetap dapat memberikan dampak yang tahan lama dan positif. Ketika figur agar berperan secara aktif dan keterlibatannya teratur dalam mendidik anak, maka yang terjadi adalah:

  • Mendorong anak bereksplorasi tentang dunia sekitar dan tumbuh kepercayaan diri pada kemampuan mereka untuk memecahkan masalah
  • Meningkatkan kehadirannya di sekolah. Baik itu dalam partisipasi organisasi maupun kegiatan positif lainnya di sekolah. 
  • Mengurangi kemungkinan kenakalan dan penyalahgunaan zat.

Hanya saja masih banyak ayah yang belum tahu bagaimana atau kapan harus terlibat dengan anaknya sendiri, terutama untuk mendidik. Selain itu, masih ada ayah yang belum mengetahui bahwa ia dapat menjadi panutan bagi anak-anaknya. 

Baca juga: Cara Mendidik Anak Perempuan agar Lebih Mandiri

Jika ayah ingin lebih dekat dan bisa mendidik anak, tetapi seringnya masih bingung bagaimana memulainya. Maka dari itu, cobalah untuk mulai melakukan langkah berikut in:

1. Lakukan Cerita Sebelum Tidur

Cari tahu pada ibu, guru, atau teman anak, kira-kira topik apa yang biasa mereka bahas saat di rumah, di sekolah, atau bermain. Bacalah buku atau artikel di internet yang berhubungan dengan apa yang diajarkan di sekolah. Sebagai bagian dari rutinitas sebelum tidur, coba baca buku bersama dengan anak dan diskusikan apa yang baru ditemukan atau dipelajari. Hal ini akan menumbuhkan kebiasaan membaca yang sehat setiap malam dan membuka komunikasi yang baik. 

2. Eksplorasi di Akhir Pekan

Jika hari kerja rasanya mustahil bagi seorang ayah untuk terlibat banyak dalam kegiatan mendidik anak, maka rencanakan untuk memanfaatkannya di akhir pekan sepenuhnya. Untuk setiap akhir pekan, rencanakan setidaknya satu tamasya atau traveling yang berhubungan dengan pelajaran yang dipelajari di sekolah. Hal ini akan memperkuat pembelajaran di sekolah dan memungkinkan pengalaman mendidik yang lebih langsung. 

3. Mengantar Anak Ke Sekolah

Jika memungkinkan, sebaiknya atur jadwal untuk mengantar anak ke sekolah di pagi hari. Hal ini akan membuat peluang untuk beberapa percakapan yang menarik di sepanjang jalan. Jika ada kesempatan untuk mengantar anak ke sekolah, maka akan memudahkan untuk berbicara dengan guru dan teman-temannya di sekolah. 

4. Sediakan Waktu Bersama

Duduk bersama dan berdiskusi bersama anak menunjukkan kepadanya bahwa waktu bersama mereka itu penting. Sediakan waktu berkualitas bersama anak untuk membicarakan hal-hal yang sedang ia sukai atau mungkin masalah yang tengah dihadapi di sekolah. Hal ini akan membuat ia tidak merasa sendirian.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dihindari agar Anak Tidak Mudah Tersinggung

Itulah peran ayah dalam mendidik anak, serta beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memulai pendekatan dengan anak. Selain itu, ayah juga dapat berdiskusi dengan ibu mengenai bagaimana kemajuan anak di sekolah. Dengan begitu, ayah juga memiliki bahan diskusi saat bersama anak. Jika anak tidak merespon hal-hal yang ayah lakukan, bisa jadi ada yang salah dengan diri anak. Untuk mengetahuinya, silahkan periksakan Si Kecil di rumah sakit terdekat, ya.

Referensi:
Our Children. Diakses pada 2021. Why Fathers Matter in Educating Our Children.
Parenting. Diakses pada 2021. The Role of Fathers with Daughters and Sons.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan