Hidradenitis Suppurativa Bisa Sebabkan Kanker Kulit?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Agustus 2021
Hidradenitis Suppurativa Bisa Sebabkan Kanker Kulit? Hidradenitis Suppurativa Bisa Sebabkan Kanker Kulit?

“Hidradenitis suppurativa adalah penyakit kulit yang ditandai dengan benjolan kecil pada bawa kulit. Kondisi ini dapat memicu pengidapnya mengalami kanker kulit sebagai salah satu komplikasi. Alasannya, peradangan pada kulit dan pengeringan luka menyebabkan jaringan parut sehingga menjadi faktor munculnya karsinoma sel skuamosa pada pengidap hidradenitis suppurativa.”

Halodoc, Jakarta - Hidradenitis suppurativa adalah penyakit kulit yang ditandai dengan benjolan kecil di bawah kulit yang terasa sakit. Benjolan ini sewaktu-waktu bisa pecah atau terowongan bisa terbentuk di bawah kulit. Kondisi ini memengaruhi area di mana kulit saling bergesekan, seperti ketiak, selangkangan, bokong, dan payudara.

Baca Juga: 8 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Hidradenitis Suppurativa

Sebagian besar hidradenitis suppurativa terjadi setelah pubertas. Kondisi ini dapat bertahan selama bertahun-tahun dan memburuk seiring waktu, dengan efek serius pada kehidupan sehari-hari, sehingga memengaruhi emosional pengidapnya. Pengobatan dan operasi dapat membantu mengelola gejala dan mencegah komplikasi.

Gejala yang Ditimbulkan Hidradenitis Suppurativa

Hidradenitis suppurativa dapat memengaruhi satu tempat atau beberapa area tubuh. Tanda dan gejala dari kondisi ini, yaitu:

1. Blackhead

Area kecil di kulit yang mengandung blackheads dapat muncul berpasangan atau pola "berlaras dua". Gejala ini merupakan gejala khas yang disebabkan oleh hidradenitis suppurativa.

2. Benjolan Seukuran Kacang

Gejala ini biasanya dimulai dengan benjolan tunggal di bawah kulit yang bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Semakin lama, benjolan semakin banyak terbentuk.

Benjolan muncul di daerah dengan folikel rambut di mana terdapat banyak kelenjar minyak dan keringat, seperti ketiak, pangkal paha dan daerah anus. Benjolan juga muncul pada kulit yang saling bergesekan, seperti paha bagian dalam, payudara, dan bokong.

3. Peradangan

Seiring waktu, saluran yang menghubungkan benjolan dapat terbentuk di bawah kulit. Luka yang terbentuk ini bisa sulit disembuhkan dan meradang. Nanah yang terkandung di dalamnya juga bisa bocor dan menghasilkan bau yang tidak sedap. 

Selain gejala di atas, beberapa orang dengan kondisi ini hanya mengalami gejala ringan. Kelebihan berat badan, stres, perubahan hormon, panas atau kelembapan dapat memperburuk gejala. Pada wanita, tingkat keparahan penyakit dapat berkurang setelah menopause.

Baca Juga: Ini 3 Tingkat Keparahan Hidradenitis Suppurativa

Apakah Hidradenitis Suppurativa Bisa Sebabkan Kanker Kulit?

Meskipun sangat jarang, beberapa orang yang mengidap hidradenitis suppurativa parah dapat mengembangkan jenis kanker kulit yaitu karsinoma sel skuamosa. Penyakit ini dinilai sebagai salah satu komplikasi dari hidradenitis suppurativa.

Karsinoma sel skuamosa akibat hidradenitis suppurativa lebih banyak dialami oleh pria dibandingkan wanita. Hingga saat ini, penelitian masih terus dikembangkan mengenai penyebab kanker kulit pada pengidap hidradenitis suppurativa. 

Namun, peradangan pada kulit dan pengeringan luka yang menyebabkan jaringan parut menjadi faktor munculnya karsinoma sel skuamosa. Selain kanker kulit, hidradenitis suppurativa yang tidak diobati juga bisa menyebabkan komplikasi, seperti:

1. Bekas Luka. Bekas luka dapat terbentuk di mana blackheads muncul. Blackheads ini dapat menebal seiring waktu.

2. Imobilitas. Luka dan bekas luka yang menyakitkan dapat membatasi gerakan pengidap.

3. Infeksi. Area yang terkena rentan mengalami infeksi.

4. Masalah drainase getah bening. Benjolan dan bekas luka terjadi pada area tubuh yang berada di dekat kelenjar getah bening. Hal ini memengaruhi drainase getah bening, sehingga rentan menyebabkan pembengkakan.

5. Perubahan kulit. Area kulit tertentu mungkin tampak berbintik-bintik atau lebih gelap.

6. Depresi. Kulit berjerawat dan bau tidak sedap dari drainase menyebabkan seseorang depresi.

7. Fistula. Siklus penyembuhan dan jaringan parut yang berhubungan dengan hidradenitis suppurativa dapat menyebabkan saluran berlubang yang dikenal sebagai fistula.

Baca Juga: Mengidap Hidradenitis Suppurativa Bisa Sebabkan Depresi

Perawatan dengan obat-obatan, pembedahan atau keduanya dapat membantu mengendalikan gejala dan mencegah komplikasi. Tidak ada satu opsi yang efektif mengobati kondisi ini dan sejauh ini penelitian masih terus dilanjutkan untuk menemukan kombinasi terbaik.

Bicarakan dengan dokter tentang risiko dan manfaat dari berbagai pilihan perawatan kondisi ini. Kamu bisa tanyakan langsung pada dokter, melalui aplikasi Halodoc. Lewat Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Hidradenitis suppurativa.
Healthline. Diakses pada 2019. Everything You Should Know About Hidradenitis Suppurativa.
Hidradenitis Suppurativa Disease. Diakses pada 2021. Is There a Link Between Hidradenitis Suppurativa and Cancer?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan