• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hubungan Ayah dan Anak Renggang, Ibu Lakukan Ini

Hubungan Ayah dan Anak Renggang, Ibu Lakukan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan anak memang lebih dekat dengan ibunya ketimbang sang ayah. Padahal, Si Kecil juga butuh untuk memiliki ikatan yang dekat dengan ayahnya, lho. Jadi, jangan biarkan hubungan ayah dan anak sampai renggang. Simak tips-tips yang bisa ibu lakukan untuk membantu meningkatkan kedekatan ayah dengan anaknya di bawah ini.

Baca juga: Pentingnya Peran Ayah dalam Pertumbuhan Anak

Hubungan ayah dan anak bisa sangat rumit. Saat masih kecil, ayah mungkin masih menjadi orang terfavorit bagi anak-anak. Namun, seiring bertambahnya usia anak, ayah dan anak bisa memiliki minat yang sangat berbeda, sehingga mereka akan merasa sulit untuk berhubungan satu sama lain. 

Ayah dan anak kadang-kadang malah bisa bersaing satu sama lain. Tidak jarang juga, masalah komunikasi diperparah karena keduanya sebenarnya menginginkan hubungan ayah-anak yang lebih baik, tetapi tidak ada yang tahu bagaimana cara melakukannya atau bahkan memulainya.

Nah, ibu bisa menjadi perantara untuk membantu ayah dan anak agar keduanya dapat memiliki hubungan yang lebih dekat satu sama lain. Berikut ini tips-tips yang bisa ibu lakukan:

  • Ajak Ayah dan Anak untuk Melakukan Aktivitas yang Mereka Sukai Bersama

Bila ayah dan anak memiliki minat yang sangat berbeda, misalnya anak sangat senang berolahraga dan lebih suka menghabiskan waktunya bermain futsal bersama teman-temannya, sedangkan ayahnya tidak suka berolahraga dan lebih suka menghabiskan waktunya di depan televisi. Akibatnya, anak mungkin sudah sering mengajak ayahnya untuk berolahraga, tetapi sang ayah terlalu lelah dan malas untuk melakukan hal tersebut.

Nah, ibu mungkin bisa mencari tahu satu hal yang sama-sama disukai oleh ayah dan anak. Misalnya, bermain musik atau menonton pertunjukkan musik. Kemudian, ibu bisa membelikan tiket konser musik kesukaan mereka, lalu mengajaknya untuk menonton konser musik bersama-sama. 

  • Biarkan Ayah dan Anak Menghabiskan Waktu Berdua

Setelah mencairkan suasana di antara ayah dan anak dengan mengajak mereka berdua melakukan aktivitas kesukaannya bersama, ibu juga perlu membiarkan agar ayah dan anak dapat memiliki waktu berdua. Dalam hal ini, ibu mungkin bisa membantu mengatur jadwal mereka berdua dan memberikan ide aktivitas yang bisa mereka lakukan. 

Misalnya, minta ayah dan anak untuk mengosongkan waktu mereka di hari Sabtu untuk pergi ke pantai, berkemah, atau bermain di alam terbuka, dan lain-lain. Ibu juga bisa membuatkan bekal yang dapat mereka makan saat di perjalanan nanti.

  • Memasak Makanan yang Enak untuk Dimakan Bersama

Cara yang paling efektif untuk membangun ikatan yang lebih dekat dengan anak adalah dengan makan bersama sebagai satu keluarga. Momen makan bersama bisa memberikan kesempatan bagi ayah dan anak untuk saling mengenal satu sama lain. Anak dapat menceritakan tentang kegiatan yang dilakukannya di hari itu, masalah yang ia hadapi, rencana yang ingin ia lakukan, dan lain-lain. Sang ayah pun dapat mendengarkan dan terlibat dengan memberikan tanggapan, nasihat, atau respons yang positif untuk anak.

Baca juga: Kenali Manfaat Makan Bersama Keluarga Bagi Si Kecil

  • Sesekali Biarkan Ayah yang Mengurus Anak

Bila selama ini hampir seluruh kebutuhan anak diurus oleh ibu, mulai dari menyiapkan sarapan, mengantarnya ke sekolah, mengambil raportnya, membantunya belajar untuk ulangan besok, dan masih banyak lagi. Nah, sesekali cobalah membiarkan ayah yang melakukannya. 

Ayah mungkin tidak sempat atau tidak bisa melakukan semua pekerjaan mengurus anak tersebut sekaligus. Jadi, ibu mungkin masih perlu membantu ayah melakukan beberapa pekerjaan. Namun, sesekali biarkanlah ayah melakukan satu atau dua pekerjaan mengurus anak, seperti mengantarkan anak ke sekolah atau mengambil raport anak, sehingga ayah juga bisa tahu mengenai prestasi anak ataupun masalah anak di sekolah.

Baca juga: Jadi Ayah yang Dekat dengan Anak Meski Sibuk Kerja, Bisa!

Itulah tips-tips yang bisa ibu lakukan untuk membantu mendekatkan kembali hubungan ayah dan anak yang renggang. Bila ibu ingin berdiskusi tentang pola asuh anak, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, untuk minta saran kesehatan kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. 10 Ways to Strengthen Your Father-Son Relationship.
Bright Horizons. Diakses pada 2020. How to Be a Good Father: Tips & Advice for Dads.