Ibu Hamil Alami HB Rendah, Ini yang Menyebabkannya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Juli 2021
Ibu Hamil Alami HB Rendah, Ini yang MenyebabkannyaIbu Hamil Alami HB Rendah, Ini yang Menyebabkannya

“Hb rendah rentan menyerang ibu hamil. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya, salah satunya kurang asupan nutrisi selama kehamilan. Maka dari itu, penting bagi calon ibu untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh serta bayi yang tengah dikandung.”


Halodoc, Jakarta – Hb rendah adalah kondisi yang terjadi ketika ada penurunan kadar Hb alias hemoglobin di dalam darah. Kabar buruknya, kondisi ini ternyata rentan dialami oleh ibu hamil. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab ibu hamil mengalami Hb rendah. apa saja? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini! 

Hb memiliki fungsi untuk mengikat dan menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Pada ibu hamil, Hb juga berperan dalam memasok darah bagi janin. Dalam kondisi normal, kadar Hb pada ibu hamil adalah sekitar 11 gram/dL. Jika terjadi penurunan, Hb rendah bisa terjadi dan hal ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele. 

Baca juga: Anemia pada Ibu Hamil, Harus Dirawat di Rumah Sakit?

Berbagai Penyebab Hb Rendah pada Ibu Hamil

Penurunan Hb memang rentan terjadi pada wanita yang sedang hamil. Kondisi ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan dan keluhan yang tidak nyaman pada ibu hamil. Penting untuk segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada komplikasi pada kehamilan, juga mendeteksi adanya masalah pada janin. 

Lalu, apa saja sebenarnya yang menyebabkan Hb rendah pada ibu hamil? Berikut di antaranya:

  • Mengalami Kekurangan Gizi

Salah satu penyebab ibu alami Hb rendah adalah kekurangan gizi. Ketika hamil, ibu membutuhkan asupan asam folat, zat besi, dan vitamin B12 dalam jumlah yang terbilang tinggi, sehingga kurangnya tiga asupan ini bisa mengakibatkan ibu mengalami Hb rendah. Pasalnya, ketiga nutrisi ini memang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Jika asupan nutrisi ini kurang, bisa jadi karena ibu tidak menerapkan pola makan sehat selama hamil. 

  • Mengalami Kondisi Medis Tertentu

Penyebab Hb rendah lainnya yang sering terjadi pada ibu hamil adalah kondisi medis yang memang sedang dialami ibu, misalnya thalassemia, kondisi kelainan genetik yang menyebabkan sel darah merah menjadi lebih cepat mengalami kerusakan. Tentu saja, ini mengakibatkan ibu mengalami penurunan sel darah merah dan kadar Hb dalam darah. 

Baca juga: 4 Kelainan Darah yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Sayangnya, hingga kini belum ada cara tepat menangani thalassemia. Biasanya, hanya dilakukan transfusi darah secara rutin, operasi pengangkatan limfa, dan transplantasi sumsum tulang. Ada pula faktor medis lainnya, seperti mengalami pendarahan ketika hamil, menjalani kehamilan di usia yang terbilang masih terlalu muda, kehamilan yang terjadi dalam waktu berdekatan, hingga muntah berlebihan. 

Baca juga: Kapan Bumil Butuh Tambahan Zat Besi? Ini Kata Ahli

Lalu, Apa yang Bisa Dilakukan untuk Mencegahnya?

Nah, supaya kadar Hb darah ibu tetap normal, bisa melakukan beberapa cara mudah berikut ini. 

  • Konsumsi Makanan Bergizi. Sudah dijelaskan bahwa Hb rendah terjadi karena asupan nutrisi yang tidak terpenuhi, terutama zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Jadi, ibu bisa mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan tiga nutrisi penting ini. 
  • Istirahat Cukup. Hindari pula segala aktivitas yang membuat ibu merasa kelelahan. Pastikan ibu cukup istirahat, ya. Bukan hanya masalah tubuh ibu, kelelahan juga berdampak negatif pada kehamilan. 
  • Konsumsi Suplemen. Jika diperlukan, ibu bisa menambah asupan nutrisi yang diperlukan dengan mengonsumsi suplemen. Namun, selalu tanyakan dulu pada dokter ya bu, jenis suplemen yang bagaimana yang bisa ibu konsumsi untuk kehamilan yang tetap sehat. 

Penting juga untuk selalu terhubung dengan dokter kandungan untuk memastikan kondisi kehamilan. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter kandungan kapan saja dan di mana saja. Sampaikan pertanyaan seputar Hb rendah atau masalah kehamilan lainnya melalui Video/Voice Call atau Chat. Download aplikasi Halodoc di sini!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. How to Raise Your Hemoglobin Count.
WebMD. Diakses pada 2021. Anemia in Pregnancy.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Hemoglobin Importance Within the Body.



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan