• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Hamil Sakit Gigi, Ini Penyebabnya

Ibu Hamil Sakit Gigi, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Menjalani masa kehamilan tentu merupakan salah satu hal yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Kehamilan yang dialami juga membuat beberapa perubahan pada ibu, seperti perubahan berat badan, pola makan, hingga perubahan hormon.

Baca juga: Kebersihan Gigi Ibu Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin, Kok Bisa?

Kondisi ini menyebabkan ibu mengalami ketidaknyamanan saat mengalami perubahan, seperti alami kelelahan, mual, muntah, nyeri punggung, dan sakit gigi. Ya, sakit gigi dapat dialami oleh ibu hamil pada masa kehamilan. Kondisi sakit gigi yang tidak segera diatasi juga sebabkan gangguan kesehatan pada bayi dalam kandungan. 

Penyebab Ibu Hamil Alami Sakit Gigi

Ketika seseorang menjalani kehamilan cukup banyak gangguan kesehatan yang sebaiknya dihindari, seperti sakit gigi. Sakit gigi terjadi ketika kamu mengalami rasa nyeri yang cukup hebat pada area sekitar gusi maupun pada gigi. Rasa nyeri yang dialami oleh pengidap sakit gigi akan berbeda sesuai dengan tingkat keparahan penyebab sakit gigi.

Umumnya, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang alami sakit gigi, seperti gigi yang berlubang, pembengkakan gusi, penyakit sinusitis, bahkan sakit gigi dapat menjadi tanda adanya gangguan jantung pada tubuh. Lalu, apakah penyebab sakit gigi pada ibu hamil?

Baca juga: Sakit Gigi Bikin Susah Hamil, Benarkah?

Ada beberapa kondisi yang sebabkan ibu hamil alami sakit gigi, seperti:

1. Perubahan Hormon

Dilansir dari National Health Service UK, perubahan hormon yang terjadi pada saat kehamilan meningkatkan risiko ibu alami sakit gigi. Perubahan hormon saat kehamilan membuat gusi lebih rentan mengalami peradangan, pembengkakan, dan perdarahan. Untuk itu, sebaiknya tanyakan pada dokter tentang penanganan sakit gigi pada ibu hamil melalui aplikasi Halodoc.

2. Mengonsumsi Makanan Manis

Saat menjalani kehamilan, ngidam menjadi kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil. Ada berbagai jenis makanan yang ingin dikonsumsi, salah satunya adalah makanan manis. Dilansir dari Healthline Parenthood, banyak mengonsumsi makanan manis pada saat masa kehamilan meningkatkan risiko ibu hamil mengalami sakit gigi. Makanan yang manis dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

3. Muntah saat Morning Sickness

Ibu hamil umumnya mengalami morning sickness saat trimester pertama. Kondisi ini ditandai dengan rasa mual dan muntah. Muntah yang dialami dapat membuat gigi terkena asam lambung. Kondisi asam lambung yang naik dapat mengikis gigi. Hal ini membuat ibu hamil berisiko mengalami gigi berlubang. Untuk mengatasi ini, tidak ada salahnya berkumur dengan air putih setelah muntah agar kondisi mulut dan gigi dapat kembali normal.  

Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi Saat Menjalani Kehamilan

Menjaga kesehatan gigi dan mulut saat hamil sangat penting untuk ibu lakukan. Gangguan kesehatan pada gigi pada ibu hamil dapat beberapa gangguan pada bayi dalam kandungan, misalnya berat badan bayi rendah saat lahir ataupun kelahiran prematur. Tidak ada salahnya ibu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan rutin menggosok gigi minimal 2 kali dalam satu hari. 

Sebaiknya sikat gigi dengan sikat yang memiliki bulu halus agar ibu tidak mengalami iritasi pada gusi dan jangan menyikat terlalu kuat. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan manis, selain dapat menyebabkan sakit gigi, ada risiko terlalu banyak mengonsumsi makanan manis saat hamil, seperti bayi mengalami obesitas dan ibu rentan alami diabetes gestasional.

Baca juga: Sakit Gigi Bisa Picu Infeksi Otak, Benarkah?

Jangan lupa lakukan pemeriksaan kesehatan gigi pada rumah sakit terdekat agar kondisi kesehatan gigi ibu dapat selalu sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Teeth and Gums in Pregnancy
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. Why Teeth Pain During Pregnancy Is a Thing