Ibu, Pahami Vitamin yang Baik Dikonsumsi untuk Anak 1 Tahun

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Januari 2023

“Ada berbagai macam vitamin untuk anak 1 tahun yang perlu didapatkan setiap harinya. Dengan begitu, maka ini bisa mendukung tumbuh-kembang anak.”

Ibu, Pahami Vitamin yang Baik Dikonsumsi untuk Anak 1 TahunIbu, Pahami Vitamin yang Baik Dikonsumsi untuk Anak 1 Tahun

Halodoc, Jakarta – Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, terlebih dalam menjaganya tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan vitamin yang sesuai.

Namun, beberapa orang tua mungkin bingung untuk memberikan asupan vitamin apa saja pada anak yang berusia 1 tahun. Jika penasaran, ibu bisa simak ulasannya berikut ini! 

Berbagai Jenis Vitamin untuk Anak 1 Tahun

Tercukupinya semua nutrisi yang dibutuhkan anak pasti akan membantu tumbuh dan kembangnya. Mereka bisa mendapatkan nutrisi ini melalui makanan maupun suplemen vitamin.

Beberapa vitamin dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan anak, membuat imunitas lebih baik, dan masih banyak lagi. Contoh jenis vitamin yang perlu dipenuhi setiap hari melalui suplemen adalah vitamin A, C, dan D.

Namun perlu diperhatikan, bayi yang mengonsumsi lebih dari 0,5 liter susu formula per harinya tidak boleh diberikan suplemen. Sebab, susu yang mereka konsumsi biasanya sudah diperkaya dengan nutrisi.

Selain itu, suplemen vitamin atau mineral dapat menjadi racun bagi anak-anak jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, untuk menentukan jumlah yang tepat untuk diberikan pada anak setiap harinya, sebaiknya sesuai instruksi dari dokter.

Lalu, apa saja vitamin untuk anak 1 tahun yang perlu dicukupi? Berikut beberapa jenisnya:

1. Vitamin A

Jenis vitamin untuk anak 1 tahun yang butuh dikonsumsi secara rutin adalah vitamin A. Suplemen ini dipercaya mampu menurunkan angka kematian pada bayi. 

Setiap anak direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin A sebesar 100.000 U pada bayi berusia 6-11 bulan setiap 4-6 bulan. Bahkan, program ini sudah dijalankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia setiap bulan Februari dan Agustus.

Bukan hanya itu, ada beberapa makanan dengan kandungan vitamin A yang perlu dikonsumsi secara rutin. Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar anak tidak mudah sakit.

Beberapa sumber vitamin tersebut, antara lain:

  • Produk susu.
  • Wortel, ubi jalar, dan mangga.
  • Beberapa sayuran hijau, seperti bayam, kubis, dan brokoli.

2. Vitamin D

Setiap anak berusia satu tahun juga perlu mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Suplemen dari nutrisi ini sebesar 400 IU dapat diberikan pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif dan bayi yang mengonsumsi susu formula kurang dari 1 liter per hari.

Selain itu, vitamin D juga dapat ditemukan dalam beberapa makanan, seperti ikan berminyak dan telur. Meski begitu, tidak mudah untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin D melalui makanan saja. 

Nah, sumber vitamin D yang paling utama adalah sinar matahari. Namun, terlalu sering terkena sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit di masa depan.

Maka dari itu, dapatkan vitamin D dari sinar matahari dalam waktu yang singkat dan berikan suplemennya untuk mencukupi kebutuhan hariannya.

3. Vitamin C

Jenis vitamin untuk anak 1 tahun lainnya adalah vitamin C. Nutrisi ini berguna untuk menjaga kesehatan secara umum dan meningkatkan sistem imunitas anak.cBukan hanya itu, vitamin C juga dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

Ibu bisa mencukupi kebutuhan vitamin C pada anak melalui makanan, seperti jeruk, buah kiwi, stroberi, brokoli, tomat, serta paprika. Bukan hanya dari makanan, suplemen tambahan juga bisa diberikan, terlebih jika anak kurang mengonsumsi buah dan sayur.

Nah, itulah beberapa vitamin untuk anak 1 tahun yang perlu dicukupi oleh para orang tua. Pastikan untuk memberikan yang terbaik untuk menunjang tumbuh-kembang anak, serta meningkatkan kesehatannya agar tidak mudah sakit.

Jika ibu tidak memiliki waktu untuk membeli semua suplemen tersebut, fitur obat dan vitamin dari aplikasi Halodoc bisa digunakan kapan dan di mana saja.

Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan.

Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Ikatan Dokter Anak Indonesia. Diakses pada 2023. Perlukah suplementasi vitamin dan mineral pada bayi dan anak?
NHS. Diakses pada 2023. Vitamins for children.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan