Ibu Perlu Tahu Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Juni 2023

“Sehat tak hanya dilihat dari tampilan fisik semata, tetapi juga dari sisi mental atau rohani. Artinya, ibu perlu tahu ciri-ciri anak sehat jasmani dan rohani untuk memastikan kesehatan Si Kecil.”

Ibu Perlu Tahu Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan RohaniIbu Perlu Tahu Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang orang tua lakukan agar kebugaran jasmani Si Kecil tetap terjaga. Mulai dari melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, melakukan imunisasi, hingga mencukupi kebutuhan nutrisi anak agar tumbuh kembang anak maksimal. 

Akan tetapi, sehat tak hanya dari bagaimana kondisi fisik anak. Aspek rohani atau mental pun perlu mendapat perhatian. Ini artinya, ibu harus tahu apa saja ciri-ciri anak sehat jasmani dan rohani.

Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani

Berat badan stabil, nafsu makan yang baik adalah ciri-ciri anak sehat. Selain itu, adalah ciri lengkap lainnya anak yang sehat jasmani dan rohani:

1. Aktif melakukan kegiatan fisik

Ibu Perlu Tahu Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani

Pertama, anak aktif dalam melakukan kegiatan fisik. Misalnya, berlari, berenang, berjalan kaki, bersepeda, dan olahraga lainnya. Anak yang senang melakukan kegiatan fisik cenderung memiliki rasa percaya diri, lebih mudah fokus di sekolah, mudah beradaptasi dan bersosialisasi, bekerja sama, dan mendapatkan tidur lebih berkualitas. 

Selain itu, kegiatan fisik turut dapat meningkatkan kekuatan tulang, jantung, paru, dan otot Si Kecil. Olahraga juga mencegah anak dari risiko diabetes dan obesitas pada kemudian hari.

Salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk anak adalah renang. Yuk, baca tips dan manfaat renang untuk anak di artikel Ini 7 Teknik Dasar Renang yang Bisa Diajarkan pada Anak.

2. Memiliki pertumbuhan yang baik

Ibu Perlu Tahu Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani

Masing-masing anak punya tumbuh kembang yang berbeda dan unik. Akan tetapi, bertambahnya tinggi maupun berat badan yang normal pada sang buah hati yang sehat seharusnya proporsional. 

Anak akan mengalami pertumbuhan tubuh yang pesat memasuki masa pubertas, yaitu mulai usia 8 hingga 13 tahun pada perempuan dan 10 sampai 15 tahun pada laki-laki.

Normal atau tidak pertumbuhan Si Kecil bisa ibu ketahui dari grafik pertumbuhan yang nantinya dicek oleh dokter spesialis anak saat ibu membawa Si Kecil memeriksakan kesehatannya.

3. Memiliki fisik yang sehat

Ibu Perlu Tahu Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani

Ciri-ciri anak sehat jasmani dan rohani lainnya adalah memiliki fisik yang sehat, kulit tidak kering atau terdapat koreng. Selain itu, rambut sang buah hati juga tidak mengalami kerontokan dan patah, kulit kepala yang sehat, dan bebas ketombe ataupun kutu. Selanjutnya, lidah berwarna pink juga menunjukkan ciri anak sehat secara jasmani maupun rohani. Area mulut tidak berbau dan gigi yang tidak berlubang.

4. Mudah bergaul

Ibu Perlu Tahu Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani

Mudah bergaul berarti anak mampu menunjukkan sikap mandiri dan tidak bergantung pada orang tuanya. Nantinya, ia mampu menemukan solusi untuk semua masalah di lingkungan sosial dan lebih mudah berbaur di lingkungan baru.

5. Memiliki rasa percaya diri

Ibu Perlu Tahu Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani

Anak yang sehat cenderung lebih ceria dan menunjukkan sikap menikmati hidup. Tak hanya itu, anak-anak sehat juga lebih percaya diri dan tidak punya kecemasan maupun kekhawatiran berlebih dalam hal fisik maupun hal lainnya.

6. Memiliki emosi yang stabil

Ibu Perlu Tahu Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani

Sementara itu, anak yang sehat secara rohani akan menampilkan sikap yang sopan, ramah, dan baik. Ia tidak mudah emosi, tantrum, dan agresif. Emosinya akan lebih stabil, tidak senang menyendiri, dan jarang menunjukkan raut muka sedih. 

Nah, mau tahu lebih jauh mengenai manfaat bila kebugaran jasmani anak terjaga dengan baik? Yuk, simak artikel ini “13 Manfaat yang Didapatkan Bila Menjaga Kebugaran Jasmani”.

chat dengan dokter
Referensi:
KidsHealth, Nemours. Diakses pada 2023. Parents. Your Child’s Growth.
Raising Children Network Australia. Diakses pada 2023. Good mental health for children: 3-8 years.
MedicineNet. Diakses pada 2023. Why Is a Child’s Health Important?
National Institutes of Health. National Institute of Mental Health. Diakses pada 2023. Children and Mental Health.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan