Ini 7 Teknik Dasar Renang yang Bisa Diajarkan pada Anak

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 September 2023

“Ada berbagai teknik dasar renang yang perlu diajarkan pada anak agar dirinya dapat menguasai olahraga ini. Contohnya, cara bernapas di dalam air, berpijak di tepi kolam, serta mengambang.”

Ini 7 Teknik Dasar Renang yang Bisa Diajarkan pada AnakIni 7 Teknik Dasar Renang yang Bisa Diajarkan pada Anak

Halodoc, Jakarta – Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk anak-anak. Selain bisa melatih hampir semua otot tubuh dan juga pernapasan, olahraga ini juga bisa menjadi keterampilan bertahan hidup di masa mendatang. 

Alhasil, kebanyakan orang mengajarkan olahraga ini kepada anak-anaknya sedari dini. Tentunya secara bertahap. Salah satunya melalui pengenalan teknik dasar renang. 

Teknik dasar renang adalah keterampilan dasar yang harus setiap perenang kuasai. Karena itu, teknik dasar renang menjadi teknik yang perlu orang tua tanamkan kepada anak sedari awal. 

Teknik Dasar Renang yang Bisa Diajarkan pada Anak

Berikut ini beberapa teknik dasar renang yang bisa orang tua ajarkan pada anak:

1. Mengenal air

Sebelum mengajarkan anak hal-hal yang teknis, yang pertama perlu ayah dan ibu ajarkan adalah mengenal air. Bangun rasa percaya diri anak untuk bisa menikmati air dengan cara: 

  • Biarkan anak mereka memasuki air di kolam dengan kecepatannya sendiri. 
  • Ajari anak cara keluar dari kolam renang melalui tangga kolam.
  • Latih anak untuk tahu pintu keluar, saat dalam kondisi terdesak harus segera keluar dari kolam.
  • Tunjukkan pada mereka di mana kaki mereka bisa menyentuh lantai, dan area mana yang terlalu dalam untuk berdiri.

2. Mengenalkan anak situasi di kolam renang

Salah satu kemampuan penting yang harus anak pelajari dalam renang adalah mengenali situasi di kolam renang dan menunjukkan empati terhadap perenang lain. Ajarkan anak untuk menghormati dan memahami kemungkinan situasi yang dapat terjadi

Misalnya seperti terkena semprotan air atau bertabrakan dengan perenang lain, dan pentingnya saling pengertian dalam situasi seperti ini. Tujuannya agar anak dapat menghargai satu sama lain ketika berada di dalam kolam renang.

3. Membenamkan wajah dan mengangkatnya kembali ke permukaan

Inti teknik dasar renang ini adalah anak bisa membenamkan kepalanya di dalam air tanpa menelannya. Berikut caranya: 

  • Minta anak membenamkan kepalanya ke dalam air, lalu membuat gelembung melalui hidung dan mulut. Bila anak takut, ibu atau ayah bisa memintanya meniup gelembung di udara dulu.
  • Contohkan bagaimana cara membuat gelembung di dalam air agar anak bisa melihatnya.
  • Bangun kepercayaan diri anak dengan meyakinkannya bahwa mereka bisa muncul kembali ke permukaan dengan mengangkat kepala kapan pun ia mau.
  • Tunjukkan pada anak lagi bagaimana dahi dan seluruh wajah ibu berada di bawah air .
  • Biarkan Si Kecil berlatih sebanyak yang ia perlukan.

4. Mengambang

Berenang bisa melelahkan, apalagi bagi Si Kecil. Jadi, penting untuk mengajarkannya cara untuk mengambang bila ia sudah menghabiskan seluruh energi sebelum mencapai dinding. Berikut cara mengajarkan anak untuk mengambang:

  • Mintalah anak untuk coba berbaring di atas air.
  • Si Kecil perlu memiringkan kepalanya ke belakang.
  • Lalu, putar bahu ke belakang dan arahkan perut ke atas.
  • Mintalah anak untuk mengambil napas secara perlahan dan dalam.
  • Yakinkan anak bahwa ia aman dan minta untuk santai.

5. Kontrol pernapasan

Inti teknik pernapasan dalam renang adalah anak perlu mengembuskan napas dengan mulut dan hidung saat kepala berada di bawah air. Kemudian ketika mengangkat kepala ke atas air, ambil napas penuh sebelum membenamkan kepala kembali ke bawah.

6. Menendang

Menendang juga merupakan teknik dasar renang penting lainnya. Gerakan ini membantu tubuh bergerak maju ke depan. Untuk mengajarkannya, ibu bisa mencontohkan gerakan menendang seperti gaya katak kepada anak. 

Lalu, latihlah anak belajar menendang dengan menggunakan bantuan papan renang sebagai pegangan Si Kecil. Lalu, minta ia untuk menendang dengan gaya katak. 

7. Treading water

Treading water atau doggie paddle adalah berenang dengan kepala di atas permukaan air. Berikut cara mengajarkannya:

  • Pertama-tama, beritahu anak agar tetap tenang. 
  • Mulailah dengan meminta anak memegang tepi kolam dengan kedua tangan. Regangkan kaki mereka dan minta mereka menendang seperti katak, dengan lembut dan halus.
  • Kemudian lanjutkan dengan berpegangan pada ibu. Saat ibu bergerak melewati air, minta anak untuk menendang. Si Kecil juga dapat menggunakan perangkat pelampung kecil untuk dipegang saat menendang di sekitar kolam.
  • Lama-kelamaan, anak akan bisa menendang dan menggerakkan tangan dengan lembut melewati air dan menjaga kepala mereka tetap di atas permukaan.

Apa Saja Manfaat Renang untuk Anak?

Renang memberikan banyak manfaat bagi anak-anak, meliputi: 

1. Pengembangan Kemampuan Fisik

Renang merupakan jenis olahraga yang melibatkan seluruh tubuh sehingga dapat membantu mengembangkan kemampuan fisik anak secara menyeluruh. Aktivitas renang melatih otot, kelincahan, kekuatan, dan daya tahan tubuh anak.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Aktivitas renang membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan daya tahan jantung anak. Ini penting untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan dan kardiovaskular mereka.

Selain renang, ada beberapa aktivitas yang juga dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Kamu bisa ketahui 6 Tips yang Wajib Dicoba untuk Menjaga Kesehatan Paru

3. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Berenang melibatkan gerakan tangan, kaki, dan koordinasi tubuh yang kompleks. Dengan berlatih renang, anak-anak dapat meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasar mereka. 

4. Menyehatkan Sistem Pernapasan

Saat berenang, anak-anak belajar mengatur pernapasan dengan baik. Ini membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan dan mengurangi risiko masalah pernapasan seperti asma.

Baca lebih lanjut mengenai apa saja manfaat renang lainnya: 13 Manfaat Berenang yang Sayang untuk Dilewatkan

Itulah beberapa teknik dasar renang yang bisa ibu ajarkan kepada anak sekaligus manfaatnya. Bagaimana, tertarik mencobanya? Jangan lupa selalu jaga kesehatan sekaligus keselamatan kamu dan anak dengan berhati-hati saat berolahraga. 

Selain itu, ibu dan ayah bisa berdiskusi dengan dokter mengenai jenis olahraga apa yang cocok untuk anak. Dapatkan saran terbaik dari dokter tepercaya di Halodoc dengan klik gambar berikut:

Referensi:
A Mother Far From Home. Diakses pada 2023. 7 Swimming Skills that Every Kid Should Learn.
Premier Aquatics. Diakses pada 2023. 5 Swimming Skills Every Child Should Know
Times of India. Diakses pada 2023. 5 basic swimming skills everyone needs to learn.
A Mother Far From Home. Diakses pada 2023. 7 Swimming Skills that Every Kid Should Learn.
Bigblueswimschool.com. Diakses pada 2023. 10 Benefits Of Swim Lessons For Kids.
Harvard Medical School. Diakses pada 2023. Take the plunge for your heart.
Decathlon. Diakses pada 2023. Kids’ Swimming Gear.
Physical Therapy & Rehabilitation Journal. Diakses pada 2023. Aquatic Exercise for the Treatment of Hip and Knee Osteoarthritis.
The Journal of Psychology. Diakses pada 2023. Mood Alterations in Mindful Versus Aerobic Exercise Modes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan