• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ikatan Batin Ibu dan Anak, Ini Penjelasan Medisnya

Ikatan Batin Ibu dan Anak, Ini Penjelasan Medisnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Semua ibu pasti akan memiliki ikatan batin dengan buah hatinya. Ikatan batin ini telah terbentuk dengan sendirinya sejak dalam kandungan. Bagaimana ikatan ini bisa terbentuk? Dengan adanya si buah hati dalam kandungan, ibu akan merasa bahagia, terlebih ketika Si Kecil sudah lahir. Ketika bahagia dirasakan, tubuh akan memproduksi hormon dopamin.

Baca juga: Cara Ini Bantu Ibu Jalin Ikatan dengan Bayi

Semakin hari, hormon ini akan diproduksi semakin banyak oleh tubuh, yang menjadi penguat ikatan batin ibu dan anak. Berikut ini hal-hal yang dapat membentuk ikatan batin ibu dan anak:

  • Dalam Kandungan

Tak perlu melihatnya secara langsung, ikatan batin sudah dapat dirasakan oleh ibu pada anaknya sejak dalam kandungan. Meski belum mengetahui jenis kelamin atau wajah Si Kecil, ibu selalu mengajaknya berbicara, bernyanyi, membacakan cerita, atau memutar musik untuknya. Ini menjadi salah satu cara memperkuat ikatan batin ibu dan anak sejak dini.

  • Menyusui

Menyusui memang menjadi salah satu cara terbaik dalam membangun ikatan batin ibu dan anak. Ketika menyusui, ibu mengusap kepala Si Kecil, bernyanyi, menatap matanya, berbicara dengan nada lembut, serta membiarkannya berbaring di tubuh ibu. 

  • Memijat

Pijatan bayi tak hanya memperkuat ikatan batin ibu dan anak, hal yang satu ini juga dapat memperkuat sistem imun, serta mengurangi terjadinya alergi. Melalui sentuhan, ibu dapat membangun kedekatan emosional dengannya. Hal ini baik dilakukan setelah memandikannya.

Baca juga: Ini Alasan Anak Kembar Punya Ikatan Batin yang Kuat

  • Tidur Bersama

Tak hanya tidur bersama, ibu juga dapat memeluknya untuk membangun ikatan batin yang lebih kuat. Selain itu, ibu juga lebih mudah untuk menyusui dengan posisi seperti ini. Namun, pastikan juga keamanan Si Kecil untuk menghindarinya tertiban tubuh ibu atau ayah.

  • Memandikan

Waktu mandi adalah kesempatan ibu untuk melakukan sentuhan pada Si Kecil. Waktu mandi juga dapat ibu lakukan sembari bercerita atau bernyanyi bersama.

  • Menggendong

Ibu akan sangat dibutuhkan di awal-awal kelahiran Si Kecil, karena mereka belum dapat mengenali keadaan atau orang-orang di sekitarnya. Dengan menggendong, ibu telah membantu anak menghadapi transisi kehidupan di luar kandungan. Dengan begitu, mereka bisa mendengar detak jantung ibu, dan mencium aroma tubuh ibu, sehingga ikatan batin dapat terbentuk dengan sendirinya.

Tak hanya ibu yang dapat merasakan ikatan batin dengan anak, pun sebaliknya. Untuk itu, penting untuk menjaga suasana hati ibu agar tetap rileks dan bahagia. Pasalnya, Si Kecil dapat mengetahui dan merespons setiap emosi yang ibu tunjukkan. Sebaliknya, ibu yang merasa stres dan tidak bahagia dapat berpengaruh bagi kesehatan mental Si Kecil.

Baca juga: Punya Anak Kembar, Ini Cara agar Tidak Pilih Kasih

Jika ibu mengalami sejumlah gejala stres atau kecemasan, silahkan diskusikan dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc untuk mengatasi gejala-gejala yang ibu alami. Ibu juga dapat melakukan upaya-upaya berikut ini sebelum mendiskusikannya dengan para ahli:

  • Tarik napas dalam, coba untuk tenang dan lupakan tekanan yang ada. Ibu dapat memikirkan jika Si Kecil lebih berharga ketimbang masalah yang tengah ibu hadapi.

  • Jika cara tersebut belum berhasil, coba untuk mengompres wajah dengan air hangat.

  • Mandi dengan air hangat. Air hangat dapat membantu memperlancar peredarah darah, sehingga ibu dapat merasa tenang dengan lebih cepat.

Jika langkah-langkah tersebut tidak berhasil, ibu dapat meluapkannya dengan menangis. Namun, jangan lakukan ini di depan Si Kecil. Selama ibu berusaha untuk menenangkan diri, ibu bisa menitipkan Si Kecil pada orang terdekat. Selamat mencoba!

Referensi:
The Healthy. Diakses pada 2019. The Scientific Reason the Mother-Child Bond Is So Powerful.
Health Day. Diakses pada 2019. The Motherlode of 'Mother Love' Chemicals.
UC Davis Health. Diakses pada 2019. Bonding is Essential for Normal Infant Development.