Ini Alasan Anak Kembar Punya Ikatan Batin yang Kuat

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini Alasan Anak Kembar Punya Ikatan Batin yang Kuat

Halodoc, Jakarta - Anak kembar nyatanya memang anak yang spesial. Sejak di dalam kandungan, mereka ditunggu-tunggu dan diperhatikan kesehatannya. Seiring pertumbuhannya, secara tidak sadar mereka berdua membangun ikatan batin yang kian lama semakin kuat. 

Paling sering, kita menemukan beberapa anak kembar menyukai kegiatan yang sama, gaya pakaian yang sama, jenis makanan yang sama, dan memiliki selera humor yang sama. Secara alami, hal ini terjadi karena mereka berdua menghabiskan banyak waktu bersama dan sangat terlibat dalam kehidupan satu sama lain. 

Baca juga: Inilah Proses Terbentuknya Anak Kembar

Mengenal Jenis Kembar

Jenis kembar pun nyatanya ada dua jenis, dan perbedaan ini terjadi berdasarkan proses pembentukan mereka di dalam kandungan ibu, yaitu:

  • Kembar Identik. Jenis kembar ini disebut dengan identik karena mereka berasal dari telur yang sama. Artinya, mereka memiliki gen yang sama. Pada tingkat biologis, mereka adalah orang yang sama, dan mereka tidak bisa lebih dekat dengan seseorang daripada diri satu sama lain. 

  • Kembar Fraternal. Berbeda dengan kembar identik, kembar fraternal muncul dari telur yang berbeda, dan kesamaan mereka tidak sehebat yang terjadi pada mereka yang kembar identik. 

Meski begitu, anak kembar mengatakan koneksi luar biasa mereka memungkinkan mereka menyelesaikan kalimat satu sama lain dan tahu apa yang mereka pikirkan dan butuhkan bahkan sebelum diungkapkan. Namun, sangat tidak benar jika menduga bahwa ikatan batin ini terjadi akibat faktor biologis saja. Nyatanya, hubungan psikologis adalah faktor lain yang juga membuatnya semakin kuat, selayaknya kita dengan pasangan atau sahabat dekat. 

Baca juga: Kembar Bisa Diwujudkan dengan Bayi Tabung?

Lebih Jauh Tentang Ikatan Batin Anak Kembar 

Anak kembar memang berbagi sesuatu yang istimewa. Namun, tampaknya ada tingkat kedekatan yang bervariasi tergantung pada jenis pasangan kembar. Lebih jelasnya, anak kembar identik yang sama-sama perempuan memiliki ikatan yang paling kuat, sementara anak kembar laki-laki dan perempuan  cenderung memiliki ikatan yang paling lemah. Namun keduanya bukan berarti yang paling lemah, hanya saja seperti yang diketahui bersama bahwa para wanita menjalin hubungan terkuat satu sama lain.

Ikatan batin juga terbentuk karena banyak sekali faktor. Beberapa hal seperti pola pengasuhan anak, sekolah, saudara kandung lainnya juga memiliki efek langsung pada bagaimana saudara kembar berinteraksi sepanjang hidup.

Baca juga: Tanda-tanda Ibu Hamil Anak Kembar

Beberapa Fakta Tentang Anak Kembar

Di luar ikatan batin mereka yang kuat akibat faktor biologis dan psikologis, terdapat fakta lain tentang anak kembar yang wajib diketahui berikut ini:

  • Meski Kembar, Mereka Memiliki Sidik Jari yang Berbeda. Mereka yang kembar tidak berbagi sidik jari yang sama meski mereka berbagi rahim. Mereka juga tidak berbagi DNA yang sama karena penelitian menemukan bahwa kembar identik dapat memiliki urutan DNA yang berbeda.

  • Anak Kembar Tidak Selalu Kompetitif. Mungkin orang akan membandingkan anak kembar, dan kemudian kita mengira mereka jadi lebih kompetitif. Fakta berbicara sebaliknya. Banyak yang begitu terbiasa dengan perbandingan sehingga persaingan tidak memengaruhi mereka seperti halnya kelompok saudara kandung lainnya. Namun, sifat kompetitif ini juga bisa saja lebih kuat terjadi pada kembar fraternal ketimbang kembar identik.

  • Tiap Anak Adalah Pribadi yang Berbeda. Kita mungkin menganggap bahwa anak kembar adalah pribadi yang sama. Namun, sebenarnya mereka berdua adalah orang yang berbeda dengan kepribadian yang juga tidak sepenuhnya sama. Mereka mungkin dibesarkan di rumah yang sama oleh orang yang sama, mereka kemungkinan memiliki beberapa kesamaan, tetapi minat mereka mungkin sedikit dan berbeda. 

Kerepotan membesarkan anak kembar yang sedang sakit? Jangan khawatir, kini kamu bisa chat dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran kesehatan terkait kondisi yang mereka alami. Hanya dengan genggaman, dokter akan siap siaga kapan saja dan dimana saja untuk memberikan saran kesehatan terbaik.

Referensi:
Love Button. Diakses pada 2019. Double The Love: Exploring the Unique Bond Between Twins.
Twin Pregnancy and Beyond. Diakses pada 2019. The Bond Between Twins. 
Insider. Diakses pada 2019. Things you should know about being a twin.