13 November 2017

Cara Ini Bantu Ibu Jalin Ikatan dengan Bayi

Cara Ini Bantu Ibu Jalin Ikatan dengan Bayi

Halodoc, Jakarta – Sebenarnya ikatan batin antara ibu dan anak sudah terjalin sejak bayi masih di dalam kandungan. Ketika ibu pertama kali menggendong dan memeluk bayi setelah melahirkan, maka ikatan tersebut terasa semakin kuat. Ikatan perasaan ini yang mendorong orangtua rela bangun di tengah malam untuk memenuhi kebutuhannya dan tanpa lelah merawatnya. Cara menjalin ikatan dengan bayi tidak sulit, ini cara-caranya.

Menurut para ahli, jalinan perasaan antara ibu dan bayi sangat penting, karena dapat mengembangkan kepercayaan diri yang positif pada bayi. Tanpa perlu usaha yang besar, seorang ibu dapat langsung menjalin ikatan batin dengan bayinya yang baru lahir, karena selama sembilan bulan bayi selalu ada bersama dengan ibu di dalam kandungan dan ikatan emosi terbentuk secara alami di antara keduanya. Sedangkan bayi yang baru dilahirkan akan selalu ‘siap sedia’ untuk memulai suatu ikatan batin. Namun, ada kondisi medis tertentu dimana ibu tidak bisa langsung menggendong dan menyusui bayinya, sehingga proses terbentuknya ikatan batin menjadi tertunda. Namun, ibu tetap dapat mengusahakan jalinan dengan cara mengajak ngobrol dan menyentuh bayi, agar bayi dapat mengenali orangtuanya. Cara-cara lainnya ibu dapat menjalin ikatan dengan bayinya adalah sebagai berikut:

  • Meluangkan Waktu Berdua. Penting bagi ibu untuk selalu berada dekat dengan bayi pada masa-masa awal kelahirannya. Menghabiskan waktu berdua dengan bayi tanpa diganggu orang lain dapat memperkuat ikatan batin di antara keduanya dengan cepat.
  • Skin to Skin. Menaruh bayi di atas dada ibu sehingga terjadi kontak skin to skin, dapat mendekatkan hubungan ibu dengan bayi. Bayi dapat mengenali aroma tubuh dan mendengar suara detak jantung ibu. Selain itu, bayi pun akan merasa lebih tenang dan aman. Cara tersebut juga membantu merangsang perkembangan panca inderanya.
  • Komunikasi. Walaupun belum bisa memahami, tapi bayi dapat mengenal suara ibunya jika rutin diajak berkomunikasi. Secara ajaib, bayi pun dapat mengerti kata-kata yang ibu ucapkan dan memberi respon.
  • Menyusui. Cara paling efektif untuk menjalin ikatan batin yang kuat adalah dengan menyusui secara langsung. Tataplah mata bayi dengan penuh kasih sayang sambil mengusap kepalanya ketika menyusui.
  • Pijat. Memijat badan bayi dapat membuat ia merasa nyaman dan membantu berbagai organnya berkembang lebih aktif. Sentuhan hangat dan lembut tangan ibu dapat membantu menjalin ikatan dengan si kecil.
  • Menggendong dengan Sling. Ikatan batin dengan bayi dapat terjalin lebih cepat dengan cara menggendongnya dengan menggunakan bantuan kain gendongan daripada menaruhnya di stroller.
  • Memandikan si kecil. Ibu dapat berinteraksi dengan bayi saat memandikannya, seperti mengajak ngobrol dan bercanda. Cara ini dapat merangsang indera bayi dan mempererat ikatan antara ibu dan bayi.
  • Pelukan. Kontak fisik ini juga dapat membuat bayi merasakan sentuhan, kehangatan, dan kasih sayang ibu, sehingga jalinan emosi di antara keduanya pun meningkat cepat.

Selamat mencoba dan menikmati waktu dengan si kecil ya, bu. Jika ibu memiliki pertanyaan seputar hubungan dengan si kecil, ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tanpa perlu keluar rumah, ibu dapat berdiskusi dan meminta saran kesehatan dari dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan anak di Halodoc. Tinggal order dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.