• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Manfaat Period Tracker untuk Kehidupan Sehari-hari

Ini 3 Manfaat Period Tracker untuk Kehidupan Sehari-hari

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 3 Manfaat Period Tracker untuk Kehidupan Sehari-hari

Halodoc, Jakarta – Setiap wanita yang sudah memasuki masa puber umumnya akan mengalami menstruasi. Kondisi ini ditandai dengan perdarahan akibat meluruhnya dinding-dinding rahim, yang awalnya mengalami penebalan. Namun, karena tidak ada sel telur yang dibuahi oleh sperma, jaringan-jaringan rahim yang tebal tersebut luruh melalui vagina. 

Nah, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Itu sebabnya, melacak siklus menstruasi penting dilakukan untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan terkait gangguan menstruasi

Baca juga: Kenali Fase Menstruasi yang Dialami Setiap Bulan

Manfaat Period Tracker untuk Kehidupan Sehari-Hari

Berkat kecanggihan teknologi masa kini, kamu bisa melacak siklus menstruasi melalui period tracker yang dapat diunduh di smartphone-mu. Lantas, apa sih manfaat period tracker untuk kehidupan wanita sehari-hari? Ini contohnya:

1. Mempersiapkan Agenda Tertentu

Ketika kamu sedang mempersiapkan agenda tertentu, misalnya ingin berlibur atau menunaikan ibadah haji, pasti kamu ingin liburan terasa menyenangkan dan bebas hambatan. Nah, melalui period tracker, kamu bisa memprediksi kapan datangnya menstruasi, sehingga kamu bisa mempersiapkan liburan lebih matang. 

Jika agenda kamu ternyata bertepatan dengan periode menstruasi, kamu juga bisa mempersiapkan barang-barang yang kamu butuhkan saat menstruasi seperti pembalut, tambahan pakaian dalam, atau obat-obatan tertentu bila kamu kerap merasakan nyeri saat menstruasi. 

2. Mencegah Premenstrual Syndrome

PMS atau premenstrual syndrome adalah kondisi yang kerap dialami wanita menjelang menstruasi. PMS bisa menimbulkan rasa sakit secara fisik maupun emosional pada wanita. Umumnya, wanita yang sedang mengalami PMS menjadi mudah marah dan kesal, mood swing, pusing, sakit kepala, nyeri payudara sampai timbulnya jerawat. 

Baca juga: Ini Perbedaan Siklus Haid yang Normal dan Tidak

Melalui period tracker kamu bisa mempersiapkan kondisi ini atau mencegah kondisi ini agar tidak terlalu buruk. Dengan mengetahui kapan masa PMS berlangsung, kamu bisa mempersiapkan diri dengan makan-makanan yang sehat dan bergizi, mengurangi konsumsi alkohol, dan kafein serta mendapatkan waktu tidur yang cukup. 

3. Merencanakan atau Menunda Kehamilan

Kebanyakan wanita yang menggunakan period tracker umumnya sedang merencanakan kehamilan maupun menundanya. Melalui period tracker kamu bisa mengetahui kapan masa-masa paling subur, sehingga kamu dan pasangan bisa lebih fokus untuk berhubungan intim di hari-hari tersebut. Seperti diketahui, berhubungan intim di masa-masa subur bisa meningkatkan peluang untuk hamil. 

Jika kamu justru sedang menunda kehamilan, period tracker bisa menjadi KB alami untuk kamu dan pasangan. Kamu juga bisa melacak kapan masa subur kamu lewat period tracker untuk menunda berhubungan intim di hari-hari tersebut. 

Melalui period tracker, kamu tinggal menandai tanggal hari pertama haid dan berapa lama haid yang kamu alami setiap bulannya. Setelah kamu sudah memasukan tanggal-tanggalnya ke kalender setiap bulan, kamu bisa lebih mudah memprediksi kapan kira-kira ovulasi terjadi. Praktis sekali bukan? Kini period tracker sudah tersedia di aplikasi Halodoc lho! Jadi, kamu lebih mudah memantau siklus menstruasi hanya dengan satu aplikasi. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Baca juga: Hubungan Kalender Masa Subur dan Program Hamil

Bila kamu mengalami masalah siklus menstruasi, hubungi dokter untuk dicari penyebabnya. Lewat aplikasi Halodoc, kamu juga bisa menghubungi dokter sesuai dengan kebutuhan kamu kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Increase Your Chances of Getting Pregnant.
Young Women's Health. Diakses pada 2020. How do I keep track of my periods each month?