Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Berolahraga di Malam Hari

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Juli 2021
Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Berolahraga di Malam HariIni 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Berolahraga di Malam Hari

“Olahraga di malam hari boleh-boleh saja dilakukan, bahkan menyimpan banyak manfaat kesehatan. Namun, ada berbagai hal penting yang perlu diperhatikan agar olahraga tetap efektif dan menyehatkan tubuh. Pilihlah durasi dan jenis olahraga yang tepat agar tak menimbulkan masalah kesehatan.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu termasuk kelompok orang yang lebih menyukai olahraga di malam hari? Baik dilakukan pagi atau malam hari, olahraga menyimpan berbagai keistimewaan bagi tubuh. Hanya saja, umumnya kebanyakan orang melakukan aktivitas fisik ini di pagi hari. 

Meski begitu, olahraga di malam hari boleh dan sah-sah saja untuk dilakukan. Namun, olahraga di malam hari tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, agar olahraga di malam hari tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan. Mau tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat berolahraga di malam hari?

Baca juga: Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

Durasi dan Jenis Olahraga

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat olahraga di malam hari. Misalnya menentukan waktu dan jenis olahraga yang tepat. Selain itu, perhatikan pula durasinya agar sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing. 

Berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga di malam hari:

  1. Sebaiknya olahraga di malam hari tidak dilakukan setelah pukul 23.00. Pasalnya, di waktu tersebut tubuh mengeluarkan hormon yang kita harus tertidur.
  2. Hindari olahraga dengan intensitas tinggi, sebab bisa membuat tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, dan bisa menurunkan kualitas tidur.
  3. Berhentilah berolahraga satu jam atau 90 menit sebelum tidur, agar tubuh memiliki cukup waktu untuk bersantai.
  4. Pilih olahraga intensitas ringan atau sedang seperti yoga, peregangan, berjalan, berenang, atau bersepeda santai. 

Selain itu, ada pula beberapa tips dari pakar di Harvard Medical School agar kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, setelah berolahraga di malam hari, yaitu: 

  • Tetapkan waktu tidur yang teratur, dan terapkan rutinitas sebelum tidur yang menenangkan.
  • Matikan segala perangkat elektronik yang mengeluarkan cahaya. Misalnya TV, komputer, dan handphone setidaknya 15 hingga 30 menit sebelum waktu tidur.
  • Pastikan tempat tidur nyaman dan kamar tidur berada dalam kondisi gelap, tenang, dan sejuk.
  • Jika kamu tidak bisa tidur setelah 15 sampai 20 menit, cobalah pergi ke ruangan lain. Bacalah buku atau bacaan lainnya dengan tenang dan cahaya redup sampai merasa mengantuk. 
  • Jangan tidur siang terlalu lama. Jika dirimu memerlukan tidur siang, cobalah batasi 20 hingga 30 menit. 

Baca juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Malas Berolahraga

Bikin Susah Tidur, Benarkah?

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa olahraga di malam hari bisa membuat susah tidur. Faktanya, bila dilakukan dengan benar olahraga di malam hari tidak memengaruhi kualitas tidur. Sebuah studi (2011) mengatakan, subjek penelitian dapat tidur dengan nyenyak di malam hari setelah berolahraga selama 35 menit. 

Ada juga penelitian menarik lainnya. Pada 2013 National Sleep Foundation mempelajari kebiasaan tidur 1.000 peserta penelitian. Hasilnya para ahli menemukan mayoritas (83 persen) orang yang berolahraga setiap saat, termasuk di malam hari, mendapatkan tidur yang lebih baik, daripada mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Studi dari Harvard Medical School juga menemukan hasil yang senada. Ahli di sana mengevaluasi kualitas tidur pada orang dewasa sehat yang berolahraga di malam hari, dan membandingkannya dengan mereka (dewasa sehat) yang tidak berolahraga.

Hasilnya, olahraga di malam hari tidak memengaruhi tidur, tapi membantu subjek penelitian menjadi tidur lebih cepat. Bahkan, mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur nyenyak. 

Baca juga: Olahraga Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Hal yang perlu ditegaskan, lakukanlah olahraga di malam hari dengan bijak. Pilih jenis olahraga, durasi, dan tempat yang tepat agar hasilnya efektif dan aman bagi kesehatan serta keselamatan. 

Mau tahu lebih jauh mengenai apa hal apa saja yang perlu diperhatikan saat berolahraga di malam hari? Atau memiliki kesehatan di tengah pandemi? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc

Kamu juga bisa kok membeli suplemen atau vitamin untuk meningkatkan sistem imun menggunakan aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot keluar rumah, kamu bisa membelinya kapan pun dan di mana pun. Praktis, kan?

Referensi:
Harvard Medical School. Diakses pada 2021. Does exercising at night affect sleep?
Healthline. Diakses pada 2021. Can Exercising Before Bed Affect Your Sleep?
Web MD. Diakses pada 2021. Can Exercising at Night Hurt Your Sleep?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan